Trick tepat supaya bolu kukus elok dan mekar prima jadi empat sisi

Trick tepat supaya bolu kukus elok dan mekar prima jadi empat sisi

Beritaburung.id – Kamu tentu akrab dengan bolu kukus yang dibuntel dengan cup kecil, kan? Bolu kuno satu ini umumnya disebutkan juga dengan bolu kukus tertawa karena sisi atasnya yang mekar. Bolu kukus mekar ini dicintai banyak warga karena rasanya yang manis dan teksturnya halus.

Tidak selalu harus membeli di pasar, membuat bolu sendiri di dalam rumah lumayan gampang. Bolu kukus ini pas sekali jadi sajian di beberapa acara atau sekedar untuk ngemil sekalian santai bersama keluarga. Walau berkesan gampang dibikin, tetapi penting untuk memerhatikan cara membuat bolu kukus yang akurat.

Masalahnya jika salah saat membuat, bolu kukus bisa saja kurang memikat, tidak megar, atau bahkan juga jadi bantat. Untuk membikin bolu kukus yang mekar prima, kamu dapat ikuti trick dari salah satunya netizen yang aktif di YouTube dengan kanal namanya ‘Ibunya Saifa Kanal’. Melalui videonya, pemilik account itu memperlihatkan tiap tahap membuat bolu kukus yang mekar prima.

Di video ini kali saya bagi resep bolu kukus mekar yang membuatnya gampang, nikmat, dan halus sekali,” tulisnya di YouTube/Ibunya Saifa Kanal, dikutip Beritaburungpada Jumat (7/10).

Dalam video itu, selesai seluruh bahan bolu kukus masuk ke tempat dan tercampur rata, perlu tambah sedikit garam supaya rasa kuenya menjadi lebih renyah. Nach, kemudian, adonan harus di-mixer memakai kecepatan tertinggi. Perannya, supaya struktur adonan gampang megar dan berbekas.

mixer
Kemudian untuk adonan jadi dua warna sesuai dengan selera masing-masing, dapat dengan warna dasar cokelat dan putih sama sesuai video. Ke-2  adonan ini lalu ditempatkan berselang-seling ke dalam loyang agar hasil warna kuenya berlayer dan jadi elok. Untuk mempermudahnya menyimpan adonan pakai piping bag atau plastik segitiga.

buat adonan
Kemudian, sisi atas adonan dikasih gula. Gula berikut yang menjadi kunci supaya bolu kukus nanti megar jadi empat sisi. Pemilik video itu menerangkan adonan dapat juga dikasih garis saja gunakan tusuk gigi, tetapi menurut dia gunakan gula ini lebih baik menolong bolu megar. Gula yang diberi di atas bolu harus berwujud huruf X pada adonan.

taruh gula

“Membuat garis iris empat ini juga bisa memakai tusuk gigi atau tusuk sate. Tetapi, menurutku yang hasilnya terbagus memakai tehnik ini,” terang pemilik video itu.

Adonan bolu juga siap dikukus. Saat mengukus bolu, air di kukusan harus pada kondisi mendidih dan kukusan telah betul-betul panas. Mengukusnya juga tidak perlu kelamaan, bila ukuran bolu kecil, cukup kukus sepanjang 10 menit. Ditanggung, gunakan trick ini bolu kukus bikinanmu megar prima.

“Yakinkan saat adonan masuk ke kukusan, kukusannya telah betul-betul panas, karena jika kukusannya belum panas dan adonan ditempatkan, kelak akan mengakibatkan bolu tidak megar dengan prima, bahkan juga dapat bantat,” sambungnya.

bolu kukus

Bagaimana, cukup sederhana kan membuat bolu kukus yang hasilnya elok dan megar prima? Video di YouTube/Ibunya Saifa Kanal ini juga telah dilihat beberapa ribu kali semenjak diupload pada pada April 2022 kemarin. Netizen memberikan tanggapan semangat di kolom komentarnya.