5 Trik masak nasi putih biar lebih rendah kalori, sesuai buat diet

5 Trik masak nasi putih biar lebih rendah kalori, sesuai buat diet

Beritaburung.id – Mayoritas orang yang lakukan diet condong menghindar konsumsi nasi putih. Disaksikan dari kandungannya sendiri, nasi putih terhitung karbohidrat simpel yang tinggi kalori. Hingga bisa mengakibatkan peningkatan berat tubuh bila dimakan terlalu berlebih.

Untuk menukar konsumsi karbohidrat yang diperlukan badan, beberapa orang memutuskan untuk konsumsi nasi dari tipe beras lain. Seperti beras merah, beras cokelat, shirataki, sampai porang. Beberapa tipe beras ini dijumpai lebih rendah kalori, jadi aman untuk diet walaupun rasanya berlainan dari beras putih.

nasi putih
Walau sebenarnya, kamu masih tetap dapat konsumsi nasi putih saat diet, lho. Ada langkah khusus yang dipakai untuk mengolah nasi supaya kandungan kalorinya berkurang. Langkah ini diterapkan dengan seorang content inisiator TikTok yang dikenali sebagai food technologist.

Dalam sebuah video yang diupload oleh TikTok/@naktekpang, ia menjelaskan panduan mengolah nasi supaya lebih rendah kalori.

Bukan hanya disana, ia juga menerangkan secara ilmiah proses mengolah itu dan argumen kalori pada nasi putih jadi menyusut. Nach, ingin ketahui bagaimanakah cara masaknya? Yok baca pembahasan BrilioFood berikut, Jumat (7/10).

1. Tambahkan air seperlunya di panci. Selanjutnya rebus hingga mendidih.

2. Tambah 2 sdm minyak kelapa untuk tiap 250 g nasi (sekitaran 3% dari berat nasi).

masukkan minyak kelapa

3. Kemudian, masukan beras yang telah dicuci dan tutup. Masak dengan api yang kecil sepanjang lebih kurang 40 menit.

4. Aduk nasi yang telah masak. Selanjutnya tuangkan ke piring.

 aduk nasi
5. Masukan nasi ke kulkas sepanjang 12 jam. Nach, di proses inilah selanjutnya kalori pada nasi menjadi turun.

masukkin kekulkas 12jam
Ada proses peralihan pati yang terjadi saat nasi itu ditempatkan ke kulkas. Nach, karena pati itu tidak dapat diolah oleh badan, karena itu pati tidak dapat dihitung sebagai kalori. Bahkan juga saat dipanaskan kembali, kalori pada nasi putih itu tidak semakin bertambah.

“Di proses (ditempatkan kulkas) ini terjadi peralihan susunan kimia pati pada nasi jadi tipe pati yang tidak dapat diolah oleh pencernaan namanya resistant starch,” jelasnya selanjutnya.

Langkah mengolah nasi putih ini ternyata telah lewat proses riset, lho. Lebih detilnya, riset yang dipresentasikan pada acara American Chemical Society (ACS) pada 2015 lalu yang dipegang oleh Sudhair James, scientist dari Sri Lanka. Dalam riset itu, langkah mengolah ini bisa kurangi sekitar 10-12% kandungan kalori pada nasi putih.

“Langkah ini dapat kurangi kalori pada nasi sampai 10-12%, yang nanti akan diperkembangkan sampai 50-60%,” terang TikTok/@naktekpang.