SURGA DUNIA YANG ADA DI INDONESIA 2022

SURGA DUNIA YANG ADA DI INDONESIA

BeritaburungIndonesia adalah negara kepulauan dan salah satu negara maritim terbesar yang telah diakui di dunia. Ragam jenis suku, budaya dan agama di Indonesia, bahkan tak jarang beberapa elemen tersebut bergabung dan berbaur dalam satu kesatuan di Indonesia.

Labuan Bajo

Banyak hal yang dapat dijumpai di Indonesia salah satunya tempat wisata dan pemandangan alam nya yang sangat indah dan menawan. Indonesia berada di posisi 1 negara dengan keindahan alam di dunia saat ini menurut UNESCO. Tak terbantahkan memang ketika berbicara surga dunia itu benar adanya dan salah satunya Indonesia.

Pantai Pink Indonesia dikelilingi hampir keseluruhan adalah garis pantai dan laut, tak khayal pantai menjadi satu satunya yang dicari para Traveller, Wisatawan dan Turis Mancanegara. Meski pantai yang ada di Indonesia terkenal indah dan memberikan khas tersendiri, tak kalah juga dengan pemandangan alam lainnya seperti Hutan hujan tropis, danau, gunung, bukit, sungai, savannah dan padang rumput yang luas. Setiap pulau besar di Indonesia memiliki ciri khas masing masing dan memiliki keindahan alam nya tersendiri. Maka dari itu Indonesia kaya akan keindahan alam dan  kekayaan alam yang bahkan nyaris tak dimiliki banyak negara lain.

Apa saja ciri khas dan keunikan masing masing pulau besar yang ada di Indonesia?

  • Kalimantan

Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar kedua di Indonesia dan terbesar ketiga di Dunia saat ini. Kalimantan terkenal akan satwa langka yang tak ditemui di belahan Dunia manapun yaitu, Orang Utan. Kalimantan juga dijuluki “Paru-Paru Dunia” karena luasnya Hutan Hujan Tropis di Kalimantan dan yang terbesar di Dunia.

Adapun sungai nya yang terkenal ialah Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang pertama di Indonesia dengan Panjang kurang lebih 1.000 KM dan hilirnya adalah mata air Pegunungang Muller. Penduduk asli Kalimantan adalah Suku Dayak yang merupakan Ras Proto Melayu, suku tertua yang masih ada hingga sekarang.

  • Papua

Papua adalah pulau terbesar pertama di Indonesia dan salah satu yang terbesar kedau di Dunia saat ini. Papua terkenal akan keindahan alam, pantai dan pegunungannya yaitu Pegunungan Jayawijaya, Kepulauan Raja Ampat dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Flora dan Fauna di Papua juga sangat dikenal sangat indah dan langka, tak jarang para Traveller dan pecinta alam mendatangi Papua sebagai salah satu tempat yang harus mereka kunjungi.

Uniknya Papua adalah salah satu pulau di Indonesia yang berada di garis laut Oceania. Papua juga terkenal dengan kekayaan alam yang berlimpah seperti Mutiara, tambang emas dan uranium. Sungguh menakjubkan alam Papuan dimata Dunia. Fauna yang terkenal tak lain adalah Burung Cendrawasih yang sangat eksotis.

  • Sumatera

Sumatera adalah pulau terbesar ketiga di Indonesia dan terbesar keenam di Dunia saat ini. Sumatera dikenal akan luas dan berlimpahnya kebun dan pepohonan Sawit.

Rata-rata daratan Sumatera di penuhi dengan kebun Sawit yang hampir ada diseluruh Provinsi dan Jalur Trans Sumatera. Ada provinsi yang dijuluki “Serambi Mekkah” yaitu Nanggroe Aceh Darussalam.

Sumatera juga dikenal dengan garis pantai dan ombak yang sangat indah, maka dari itu tak jarang dijumpai Turis Asing di Sumatera karena mereka datang untuk Surfing di garis pantai yang ada di Sumatera.

  • Sulawesi

Sulawesi merupakan pulau dengan sejuta keindahan alam yang tak kalah dari negara lain. Sulawesi dikenal dengan Taman Laut Bunaken dan Kepulauan Wakatobi. Sulawesi adalah surga dunia dan cagar alam yang harus dilestarikan di Indonesia maupun Dunia. Banyak Turis Asing dan Wisatawan lokal berbondong bondong berlibur dan menikmati musim panas mereka di Sulawesi yang mampu membayar semua rasa Lelah, bosan dan patah hati mereka.

  • Jawa

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Jawa? Pulau Jawa adalah satu satunya Pulau yang cukup padat di Indonesia karena Pusat Pemerintahan Indonesia berada disana yaitu Ibukota DKI Jakarta. Pulau Jawa dikenal dengan Wisata Kolonial pada masa penjajahan dan masa perang terdahulu. Pulau Jawa banyak melahirkan para Petinggi dan Tokoh-tokoh penting di Indonesia, banyak hal menarik yang dapat ditemukan di Pulau Jawa dan Pulau Jawa sendiri lebih cocok sebagai Pulau sejuta sejarah dan Pulau edukasi untuk kawula-kawula muda. Banyak kawula-kawula muda yang datang dan masuk ke perguruan yang ada di seantero Pulau Jawa untuk menuntut ilmu dan mengenyam Pendidikan.

  • Bali

Bali yang lebih akrab disebut Pulau Dewata ini adalah salah satu Pulau di Indonesia dengan banyak pengunjung setiap Tahunnya. Tak jarang selalu dijumpai Wisatawan Asing dari Mancanegara yang berkunjung ke Pulau Seribu Candi tersebut untuk menikmati keindahan pantai dan Surfing di garis pantai Pulau Dewata. Ada juga Savannah di daerah Kintamani yang dikenal tenang dan sejuk.

  • Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat

Dua Kepulauan tersebut adalah dua pulau yang sangat indah dan banyak memanjakan mata kita seakan akan ke surga. Ada banyak tempat yang bias kamu kunjungi seperti.

Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Pantai Nemberala, Batu Termanu, Pantai Kolbano, Taman Laut Selat Pantar, Desa Megalitik, Gua Liang Bua, Labuan Bajo, Pulau Kanawa, Pantai Pink dan Rumah Seribu Gereja.

Kemudian tak kalah menakjubkan keindahan Nusa Dua dan Diamond Beach, banyak pula pantai terselubung yang jarang didatangi Turis dan Warga lokal disana karena sulitnya medan dan tertutup oleh hutan dan batu batu besar.

Itulah beberapa rangkuman tentang keindahan alam, flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Kita sebagai penduduk asli Indonesia harus menjaga dan melestarikan kekayaan dan keindahan alam yang kita miliki di negara kita sendiri untuk bekal anak cucu kita nanti. Terima kasih banyak semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan cakrwala dalam ilmu pengetahuan kita tentang Indonesia negeri kita tercinta nan indah ini.

“if you truly love nature, you will find beauty everywhere.”-Vincent van Gogh.