FENOMENA INDUSTRI MUSIK HIP HOP DI DUNIA 2022

FENOMENA INDUSTRI MUSIK HIP HOP DI DUNIA

Beritaburung – Fenomena industri musik Hip Hop dunia di era Millenial sekarang ini teknologi sudah sangat maju di bandingkan dengan 10 dekade lalu.
dari seluruh segi dan aspek dalam kehidupan didunia dalam beberap dekade mulai berkembang pesat.

A$AP Rocky x $NOT

Salah satunya industri musik didunia, dahulu musik hanya bisa dinikmati oleh orang  – orang tertentu saja. Seperti anggota Kerajaan atau para Petinggi di Pemerintahan / Kerajaan saja yang dapat menyaksikan dan menikmati alunan musik.
Namun berbeda dengan sekarang, semua kalangan dari yang muda maupun tua dapat menikmati musik sesuka hati menggunakan platform apapun yang sekarang sudah bisa diakses di internet dan lain sebagainya. Tak jarang para penikmat musik mengshare apa yang lagu favorit mereka di berbagai social media yang ada saat ini. Seperti Instagram, Pinterest, TikTok, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Awal Mula Sejarah Hip Hop Di Dunia

Dimulai dari kota New York, Amerika Serikat, tepatnya di 1520 Sedwick Avenue. Clive Campbell menjadikan rumahnya sebagai “tempat berkumpul” para musisi setempat. Disusul oleh DJ Kool Herc pada 1973 yang membawakan lagu-lagu dari Babe Rooth, Jimmy Castor, dan James Brown dengan sentuhan tuts yang aneh kala itu.

Berkembang dari situ, ada pula MC (master of ceremony) bernama Melle Mel yang turut meramaikan tren hip hop. Karena keresahan yang dirasakan kepada pemerintah yang terlalu otoriter, ia kemudian curahkan pada lirik lagu bernuansa menggebu-gebu. Keresahan ini juga turut didukung oleh masyarakat Afrika-Amerika yang merasakan ketidaksetaraan hak di Amerika Serikat.
Dari situlah hip hop bermula, dan berkembang hingga sekarang melahirkan musisi-musisi terkenal seperti Jay-Z, Sean Combs, Drake, Snoop Dogg, Beyonce, Kanye West, Nicki Minaj, Travis Scott, Migos, dan masih banyak lagi talenta luar biasa lainnya. Sebuah tren yang sangat membantu kita untuk keluar dari masalah perbedaan hak di mana pun kita berada.

ERA HIP HOP YANG MENDUNIA

Sejarah hip hop juga diikuti dengan perkembangan era. Mulai dari golden age, modern, hingga jiggy. Banyak nada musik yang nuansanya berbeda-beda, namun tetap menyuarakan hal yang sama: keluh kesah sehari-hari, percintaan, keluarga, hingga permasalahan negara.

APA SAJA ERA HIP HOP YANG MENDUNIA?

GOLDEN AGE ERA

Merupakan masa paling diingat pada perkembangan awal hip hop. Kala itu terjadi pada 1986 hingga 1992. Hal yang mencuat adalah perilisan album “Raising Hell” oleh Run DMC pada 1986. Disusul oleh grup G-Funk yang aktif menelurkan karya di tahun 1992.

MODERN ERA

Masa-masa ini terjadi pada 1992-1998. Ditandai dengan munculnya rapper-rapper kenamaan seperti Dr. Dre. Gaya G-Funk juga makin berkembang dan diminati oleh banyak orang. Identik dengan musik yang memiliki nuansa cepat berkat bit-bit yang rapat.

JIGGY ERA

Ditandai dengan perkembangan hip hop pada 1998 hingga medium 2000an. Muncul musisi-musisi baru kenamaan seperti Cash Money Records, No Limit, hingga OutKast. Pada era ini, musik hip hop lebih sering dikenal dengan Neo Soul.

ELEMEN YANG MELEKAT PADA HIP-HOP

Hip hop pada dasarnya merupakan sebuah budaya. Di mana, di dalamnya terdapat beberapa elemen yang menyatukan budaya tersebut. Yang paling menonjol adalah musik, fashion, dance, hingga graffiti.

MUSIK

Seperti yang kita tahu bersama, musik hip hop cukup dikenal di seantero dunia. Genre musik ini bahkan berkembang hingga sekarang. Biasanya, hip hop identik dengan tempo musik yang rapat. Mulai dari 110-135 BPM (beats per minute).

Untuk musisi yang terkenal, kamu bisa lihat dari Eminem, Jay-Z, Kanye West, Beyonce, Nicki  Minaj, Drake; dan banyak musisi Amerika Serikat lainnya. Dan yang paling membanggakan, ada juga lho musisi hip hop dari Indonesia: Agnez Mo, Rich Brian.

A$AP Rocky x $NOT

Itulah beberapa rangkuman penjelasan tentang industri musik di dunia.
semoga artikel ini sangat membantu untuk kalian para penikmat karya orang lain.

One good thing about music, when it hits you, you feel no pain.
– Bob Marley

Found peace, love, happy and joy to yourself and the people that you care.
Music it’s not a crime, it’s peace for all.