Siap Menyambut Ramadan, Ini Niatan dan Tata Metode Sholat Nisfu Sya’ban 2023

Siap Menyambut Ramadan, Ini Niatan dan Tata Metode Sholat Nisfu Sya’ban

Nisfu Sya’ban Dekati hadirnya bulan Ramadan, berarti waktunya umat Islam mendekati Nisfu Sya’ban yang jatuh di hari Jumat, 18 Maret 2022 esok. Terkecuali itu, kaum muslim pula disarankan buat mengerjakan beberapa amalan sunnah. Seperti sholat Tahajud, sholat Dhuha, membaca Alquran, bersedekah, lakukan zikir sampai sholat malam Nisfu Sya’ban.

Nisfu Sya'ban

Sholat Nisfu Sya’ban sendiri yakni sholat sunnah dua rakaat yang dijalankan selesai sholat Maghrib. Sholat ini ditunaikan pada tengah bulan Sya’ban, yang tahun ini jatuh dalam hari Minggu esok. Tersebut merupakan keunggulan, niatan dan tata trik Sholat Nisfu Sya’ban.

Keunggulan Sholat Nishfu Sya’ban

Untuk menengok keunggulan sholat sunnah Nifsu Sya’ban, Imam Ahmad bin Hanbal meriwayatkan suatu hadis yang keluarkan bunyi:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِعِبَادِهِ إِلَّا لِاثْنَيْنِ: مُشَاحِنٍ، وَقَاتِلِ نَفْسٍ “

Dari Abdillah ibn ‘Amru kalau Rasulullah saw bersabda: “Allah SWT bakal mengamati makhluk-Nya waktu malam nisfu syaban lantas memaafkan dosa-dosa hamba-Nya terkecuali buat pendengki serta yang membunuh jiwa manusia”.

Akan tetapi, menurut Al-Mundziri, kebenaran dalam hadis ini kwalitasnya dha’if (kurang kuat). Sampai waktu ini, memanglah belum sempat ditemui hadis yang selekasnya sehubungan dengan keutaaman Shalat Nishfu Sya’ban. Tapi, kerjakan beberapa amalan seperti shalat sunnah dan membaca Alquran tentulah dapat datangkan pahala dan kian dekatkan diri kepada Allah SWT saat bulan suci Ramadan.

Kemauan Sholat Nishfu Sya’ban

Nisfu Sya'ban

Berikut bacaan niat Sholat Nishfu Sya’ban bersama latin serta translate-nya yang dapat kamu turuti:

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَ

(Usholli sunnatan nisfu sya’baana rak’ataini lillahi ta’ala)

Berarti: “Saya shalat sunnat Nisfu Sya’ban dua rakaat sebab Allah Ta’ala”Tapi, kalau Sholat Nishfu Sya’ban kamu jalankan waktu malam hari, jadi kemauan berikut ini dapat kamu turuti:

اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَ

(Usholli sunnata lailati nisfu sya’baana rok’ataini lillahi ta’alaa)

Maknanya: “Saya shalat sunnat malam Nisfu Sya’ban dua rakaat sebab Allah Ta’ala”

Tata Langkah Sholat Nishfu Sya’ban

Untuk lakukan Sholat Nishfu Sya’ban, berikut tata triknya yang dapat kamu turuti:

Nisfu Sya'ban

Membaca kemauan sholat sunnah Nishfu Sya’ban.

Membaca surat Al-Kafirun seusai surat harus Al-Fatihah di rakaat pertama.
Membaca surat Al-Ikhlas selesai surat penting Al-Fatihah di rakaat ke-2 .
Ditutup dengan salam.

Selesai sholat tuntas, baca surat Yaasin. Baca surat ini dengan niat hanyalah untuk ibadah serta mengharap usia panjang.

Selesai usai, baca kemuk bali surat Yaasin kembali. Di kali ke-2 ini, niatkanlah untuk minta rizki yang halal sekedar untuk perbekalan melaksanakan ibadah ke Allah SWT.
Lantas, baca surat Yaasin yang ke tiga dengan maksud untuk meminta ketabahan iman dari Allah SWT.

Selesai usai membaca Yaasin hingga sampai 3x, jadi shalat ini lalu ditutup membaca doa malam Nisfu Sya’ban berikut di bawah ini:
“Allaahumma yaa dzal manni walaa yumannu alaika ya dzal jalaali wal ikraam, Yaa dzath thauli wal in aam laa ilaaha illaa anta, dhahrul laajiin, Wa jaarul Mustajiiriin, Wa amaanul khaa ifiin.

Allahumma in kunta katabta nii indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan aw mahruuman aw mathruudan aw muqtarran alayya fir rizqi famhu.

Allaahumma bi fadllika syaqaawatii wa hirmaanii wa thardii waq titaari rizqii wa ats-bitnii indaka fii ummil kitaabi sa ‘iidan marzuuqan muwaf faqal lil khairaat. Fa innaka qulta wa qaulta wa qaulukal haqqu fii kitaabikal munazzali ‘alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa u wa yutsbitu wa elokuu ummul kitaabi.

Ilaahii bittajallil Aadhami fii lailatin nishfi min syahri syabaanil mukarramil latii yufraqu fiihaa kullu amrin hakiim wa yubram ishrif annii minal balaa i maa alamu wa maa laa alam wa anta allaamul ghuyuubi birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa ‘alaa aalihii wa sahbihi wa sallama.”

Berarti:

“Ya Allah Tuhanku, wahai Yang punyai karunia serta tidak ada yang memberikan karunia kepada-Mu, wahai Yang memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai yang punya kekuasaan serta yang memberinya nikmat, tidak ada Tuhan yang memiliki hak di sembah terkecuali Kamu, tempat bernaung untuk beberapa orang yang menyingkir, tempat berlindung buat beberapa orang yang meminta pelindungan serta lokasi yang aman buat beberapa orang yang ketakutan.

Ya Allah Tuhanku, bila Kamu sudah memastikan diriku di Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang ada di sisi-Mu jadi orang yang sial, terhambat, tercampak atau disempitkan rizkinya sudilah sekiranya Kamu menghapuskan.

Ya Allah Tuhanku, atas karunia-Mu apa yang sudah ada dalam Ummul Kitab yakni soal diriku jadi orang yang sial, terhambat, tergusur dan sempit rejeki. Serta sudilah sangkanya Kamu menentukan dalam Ummul Kitab yang berada pada sisi-Mu biar saya jadi orang yang bahagia,

memperoleh rizki yang banyak memperoleh kemajuan dalam semua kebaikan. karena sebenarnya Kamu udah berfirman di kitab-Mu serta firman-Mu yakni betul yang di turunkan lewat lisan Nabi yang Kamu utus, Allah menghapuskan apa yang Ia kehendaki dan memastikan, dan di sisi-Nya ada Ummul Kitab.

Ya Tuhanku, Lantaran performa yang maha besar (dari rahmat-Mu) waktu malam tengah bulan sya’ban yang mulia ini dijabarkankanlah semua soal yang ditentukan penuh peraturan.

Sudilah sekiranya Kamu menjauhi diriku dari semua musibah yang saya pahami dan yang tak ku pahami dan yang lebih Kau pahami (dari diriku), dan Kamu Maha Mengenali semua yang goib, karena rahmat-Mu wahai yang maha pengasih antara beberapa pengasih.

Dan mudah-mudahan Allah memberikan anugerah ke junjungan kita Nabi Muhammad bersama keluarga dan beberapa teman akrabnya, mudah-mudahan Ia memberikan salam sejahtera (ke mereka).”

Itu dia keistimewaan, bacaan kemauan, doa dan tata langkah Sholat Nisfu Sya’ban. Selamat melaksanakan ibadah
Jurnalis Kami : Berita Burung