Sesudah Dihujat, Zoom Lindungi Semua Pemakai, Tetapi Ada Ketentuannya

Sesudah Dihujat, Zoom Lindungi Semua Pemakai, Tetapi Ada Ketentuannya

Beritaburung – Zoom pernah menampik membuat perlindungan pemakai gratis dengan enkripsi end-to-end. Sesudah dicecar dengan kritik dan kecaman, pada akhirnya Zom mengalah.

Eric Yuan, yang disebut CEO Zom, pernah mengatakan jika Zommeeting memang menyengaja tidak mengaplikasikan enkripsi end-to-end pada pemakai gratis.

Zoom

Argumen yang disampaikan, yakni agar Zommeeting dapat mencari pemakai bersama dengan aparatur berkuasa saat ada pemakai yang menggunakan Zommeeting untuk beraktivitas ilegal.

Langsung, banyak faksi yang marah karena peraturan Zoom itu menyalahi privacy dan mencelakakan keamanan pemakai.

Selainnya terima beragam komentar negatif dari beberapa pemakai dan periset keamanan, Zoom harus juga hadapi penekanan dari Beskal Agung New York dan FBI.

Dalam sebuah surat yang diperuntukkan untuk perusahaan zommeeting , sama seperti yang dikutip dari CNN, Beskal Agung New York bertanya hal beberapa langkah yang telah diambil oleh Zoommeeting membuat perlindungan privacy dan keamanan beberapa pemakainya.

Kabar berita negatif yang terus-menerus pada Zoommeeting sempat membuat nilai sahamnya turun.

Digempur dari beragam faksi, pada akhirnya Eric Yuan janji jika Zom akan sediakan feature enkripsi end-to-end untuk semua pemakai tanpa kecuali, tidak lagi cuma untuk pemakai yang bayar.

Versus beta dari feature enkripsi itu sudah direncanakan untuk di-launching bulan kedepan.

Namun, feature enkripsi tidak diaktifkan secara standar oleh Zommeeting . Pemakai harus aktifkan sendiri lewat pilihan yang disiapkan.

Zoom meeting

Masalahnya enkripsi end-to-end akan membuat beberapa pilihan tak lagi dapat dipakai. Satu diantaranya ialah pilihan untuk tersambung dengan Zommeeting call lewat jaringan telepon.

Ketetapan yang lain harus dituruti, pemakai akan disuruh untuk memberi info tambahan saat membuat account Zommeeting , yakni berbentuk nomor telephone yang nanti akan diverifikasi lewat pesan text.

Ketetapan yang begitu dibikin untuk menahan pembikinan account secara massal yang diperuntukkan untuk kegiatan ilegal.

Sesudah feature enkripsi end-to-end disiapkan, nantinya diharap tidak ada yang bernama Zoombombing.

Zombombing terjadi saat seorang menyelusup ke sebuah panggilan , lalu mengusik jalannya tatap muka dengan beragam langkah, terhitung menyiarkan beberapa gambar porno dan megucapkan kalimat cacian.