Handuk Mandi Harus Kerap Dicuci

Handuk Mandi Harus Kerap Dicuci

Beritaburung – Seberapa kerap kamu membersihkan handuk yang dipakai untuk mandi? Kadang kita kerap menyepelekan untuk membersihkan handuk mandi sebulan sekali atau bahkan juga lebih. Handuk rupanya perlu teratur dicuci supaya tidak jadi sarang bakteri dan bakteri jahat yang lain. Lantas, kapan harus membersihkan handuk?

Mencuplik situs Livestrong, ahli dermatologi dari Riverchase Dermatology, Stacy Chimento mereferensikan mencucinya sesudah tiga sampai 4x pemakaian atau minimum satu minggu sekali. Tetapi jika kamu mandi di gym dan mengepak handuk basah di tas olahraga, gunakanlah handuk baru tiap hari.

Handuk tangan dan waslap bahkan juga harus dicuci seringkali dibanding handuk untuk mandi karena seringkali dipakai. Sebuah study pada September 2014 dalam Food Protection Trends mendapati, bakteri pada 89 % handuk tangan yang dipakai untuk keringkan piring, tangan, dan permukaan lain di dapur.

Bahkan juga lebih parahnya kembali, handuk tangan yang digantung di kamar mandi kemungkinan memiliki kandungan bakteri semakin banyak. Menurut study, ini muncul karena orang biarkan tutup toilet terbuka saat menyirami yang selanjutnya mengakibatkan bakteri jahat menebar ke udara dan melekat di handuk mandi

Handuk Mandi.

“Dalam kasus yang lebih ekstrim, handuk kotor sebetulnya bisa menebarkan bakteri yang berkaitan dengan MRSA, yang disebut infeksi staph beresiko yang susah diobati dengan antibiotik,” kata Chimento.

Dibanding menggantung handuk di pengait, seharusnya jemur secara rata untuk menolong mengeringkannya secara detail antara pemakaian. Menurut Cleveland Clinic, makin cepat jadi kering, makin kecil peluangnya untuk kumpulkan kuman di handuk.

Lalu, apa yang terjadi bila kita tidak membersihkan handuk dengan teratur? Pertama, resiko terserang infeksi kulit. Handuk yang lembap dan kotor bisa memiliki kandungan bakteri dan jamur yang bisa menebarkan permasalahan kesehatan seperti gatal-gatal atau kutil. Bila kamu terserang salah satunya infeksi dari ini, coba pakai handuk steril untuk pastikan bakteri tidak beralih.

Permasalahan yang ke-2 yaitu ruam merah yang kering, gatal, dan merah. Ini tanda jika kamu telah saatnya untuk membersihkan handuk mandi. Jamur, virus, dan bakteri dapat mengalami perkembangan biak di lokasi yang lembab.

Yang ke-3 , timbulnya jerawat di muka dan badan. Handuk tidak bersih dan lembap menjadi lingkungan yang bagus untuk mengembangnya bakteri dan flora yang lain. mikroba jahat ini dapat menebarkan jerawat.

Jadi agar masih tetap sehat, seharusnya rajin membersihkan handuk dan secara terpisah. Menambahnya dengan baju lain bisa mengakibatkan penebaran kuman. Seharusnya bersihkan sama air panas atau hangat dan pakai pemutih agar lebih bersih