Fakta Menarik Air Terjun Niagara Yang Terletak Di Negara Kanada Dan Amerika

Fakta Menarik Air Terjun Niagara Yang Terletak Di Negara Kanada Dan Amerika

Beritaburung – Air Terjun Niagara adalah sebuah air terjun besar yang ada di pinggiran negara antara Kanada dan Amerika Serikat. Lebih detail kembali, Niagara ada di antara provinsi Ontario Kanada dan Negara Segi New York, Amerika Serikat.

Fakta Menarik Air Terjun Niagara Yang Terletak Di Negara Kanada Dan Amerika

Air Terjun Niagara betul-betul terkenal dan jadi sumber khusus dari pembangkit listrik tenaga air. Nilai pariwisata, komersial, dan industrinya telah jadi halangan sejak zaman ke-19.

Air terjun ini ada 27 km (17 mi) utara-barat laut Buffalo, New York, dan 121 km (75 mi) selatan-menenggara dari Toronto, antara kota kembaran Niagara Falls, Ontario, dan Niagara Falls, New York.

Air terjun ini tercipta dari gletser pada zaman es akhir, dan air membuat Danau-Danau Besar, mengukir Lereng Niagara, dan mengambil sumber ke Samudra Atlantik.

Tahun 1762 adalah tahun yang bersejarah untuk Niagara. Karena di tahun berikut Air Terjun Niagara diabadikan dalam lukisan untuk pertama kali.

Pelukisnya adalah seorang tentara Inggris, Thomas Davies. Ia melukis dalam tinta air dan menamai kreativitasnya An East View of the Great Cataract of Niagara.

Ada banyak teori berlainan yang menceritakan asal-usul nama Niagara. Menurut Bruce Penyebab, seorang sejarawan bangsa Indian Iroquois, Niagara diambil dari nama masyarakat asli sekitaran yang disebut dengan orang “Niagagarega” seperti yang tercantum dalam peta bikinan Perancis untuk daerah itu.

Dan menurut George R. Stewart, nama Niagara diambil dari sebuah kota namanya “Ongniaahra”, sebuah kota masyarakat Indian dari suku Iroquois yang bermakna “titik di mana sebuah tanah terdiri dua”.

Berlainan menurut ahli lainnya, Henry Schoolcraft. Menurutnya Niagara diambil dari bahasa suku Mohawk, yang mana arti dari Niagara adalah “Leher”.

Ini mengarah pada tanah yang seperti leher antara Danau Erie dan Danau Ontario. Air Terjun Niagara terdiri jadi tiga segi. Masing-masing memiliki nama uniknya yakni Horseshoe Falls, American Falls dan Bridal Veil Falls.

Horseshoe Falls yang seperti sepatu kuda (karena itu diberi nama demikian), ada pada batas negara Kanada.

Dan American Falls semua masuk ke batas negara Amerika, yang dibagi oleh Goat Island. Bridal Veil Falls masuk ke batas negara Amerika, terpisah dari 2 air terjun lainnya karena ada Pulau Luna.

Mengucur ke utara sebagai segi dari Sungai Niagara, yang salurkan airnya dari Danau Erie ke Danau Ontario, ke-3 nya memiliki debit air terbesar di Amerika Utara yang memiliki tinggi lebih dari 50 m (160 ft).

Fakta Menarik Air Terjun Niagara Yang Terletak Di Negara Kanada Dan Amerika

Bukti Menarik Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara memanglah bukan satu diantaranya air terjun tertinggi di dunia. Air terjun tertinggi di dunia saat ini dipegang oleh Air Terjun Angel (Angel Falls) yang berada di Venezuela.

Air Terjun Niagara memiliki limpahan air paling banyak dibandingkan sama air terjun lainnya di dunia. Tinggi air terjun raih lebihdari 50 mtr.

Horseshoe Falls adalah air terjun dengan arus paling kuat di benua Amerika Utara. Jarak Niagara kurang lebih 27 km arah barat laut dari kota Buffalo, New York dan 121 km arah tenggara dari kota Toronto.

Walaupun bukan air terjun tertinggi di dunia, Niagara ialah air terjun paling paling panjang di dunia. Lebih dari 168.000 mtr. kubik air yang jatuh dari tepiannya setiap menitnya saat air sungai sedang tinggi.

Ketinggian ketiga air terjun yang ada di Niagara bervariasi. HorseshoeFalls memiliki tinggi 57 mtr., dan American Falls bervariasi antara 21 dan 30 karena ada batu mempunyai ukuran raksasa di dasarnya.

Lebar Horseshoe Falls raih 790 mtr., dan American Falls lebarnya hanya 320 mtr.. Volume air yang raih bibir air terjun raih 6.000 mtr. kubik per detiknya saat air sungai sedang tinggi-tingginya.

Tapi bila diambil rata-rata satu tahun, air yang luapan dari bibir air terjun sekitar 2.400 mtr. kubik perdetiknya. Sumber air terjun tiba dari Danau Erie. Biasanya, limpahan air raih puncaknya di akhir musim semi atau di awal musim panas.

Sekitaran 90% air ke Horseshoe Falls, dan sisanya ke fasilitas pembangkit tenaga listrik. Pembangkit tenaga listrik ini dibikin oleh perusahaan International Kontrol Dam.

Jumlah air di Horseshoe Falls berkurang setengahnya di waktu malam hari dan musim dingin, yakni kurang lebih 1.400 mtr. kubik per detiknya. Perubahan air ini diatur oleh Persetujuan Niagara di tahun 1950 dan dibuat oleh International Niagara Board of Kontrol (IJC).

Warna hijau yang ada di aliran air Air Terjun Niagara adalah hasil dari proses erosi antara kandungan garam yang ada di air terjun dengan bebatuan halus yang ada di sisi dasar sungai.

Gerakan erosi yang terjadi di sungai yakni sekitar 0.30 mtr. /tahun dari awalnya 0.91 mtr. /tahun. Diprediksikan 50.000 tahun dari sekarang ini, sungai yang terbentang sepanjang 32 km antara air terjun dan Danau Erie bakal menjadi kering dan air terjun Niagara akan musnah karena proses erosi ini.

Di tahun 1848, karena musim dingin yang ekstrim membuat bibir air terjun membeku. Menyebabkan tidak ada setetes air yang turun dari bibir air terjun sejauh 40 jam.

Ini membuat kincir air tidak bekerja, dan beberapa pabrik yang bergantung dari tenaga kincir air ini tidak mempunyai daya.

Fakta Menarik Air Terjun Niagara Yang Terletak Di Negara Kanada Dan Amerika

6 Fakta menarik dari Air Terjun Niagara

Nach Air Terjun Niagara mempunyai beberapa bukti memikat buat kita baca, diantaranya;

  1. Jadi Tempat Bulan Madu di Awalnya Era ke-19, Air Terjun Niagara

Pasangan suami istri pertama yang bertandang Niagara untuk berbulan madu adalah Theodosia Burr Alston, putri dari wakil presiden Amerika Aaron Burr dan suaminya Joseph Alston.

Jerome Bonaparte, saudara dari Napoleon Bonaparte bersama dengan istrinya bertandang air terjun ini di awal zaman 19.

  1. Terdiri Dalam Tiga Air Terjun, Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara sebenarnya adalah barisan air terjun dan bukan hanya satu air terjun. Ada di antara pinggiran antara Kanada dan Amerika Serikat, Air Terjun Niagara terdiri dari Horseshoe Falls, American Falls, dan Bridal Veil Falls (yang paling kecil).

Ketiga air terjun diberi nama sama sesuai beberapa ciri antiknya masing-masing. Seperti American Falls, air terjun yang sebagian besar wilayahnya berada di pinggiran Amerika Serikat.

Horseshoe Fals yang mempunyai wujud seperti tapal kuda dan juga dikenal sebagai Canadian Falls atau air terjun Kanada karena beberapa wilayahnya berada di Kanada dan Bridal Veil Falls yang mempunyai wujud seperti tudung pengantin.

Horseshoe Falls adalah air terjun terlebar dan tertinggi dari 2 air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 188 kaki atau 57 mtr..

  1. Air Terjun Dengan Volume Air Terbesar di Dunia, Air Terjun Niagara

Sekitar 28 juta liter atau sekitar 700.000 galon air yang Mengucur setiap detiknya di atas Air Terjun Niagara. Volume air yang besar itu bukan hanya dikarenakan oleh beberapa aliran sungai yang mengambil sumber di Sungai Niagara tetapi juga karena gletser-gletser yang mencair saat musim dingin.

Dipertambah ukuran air terjun yang besar dan tinggi air terjun ini jadi salah satu faktornya. Wajar saja jika air terjun ini dilihat memiliki aliran air terderas di dunia.

  1. Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air, Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara sebagai air terjun penghasil listrik dalam jumlah besar untuk Amerika dan Kanada. Stasiun pembangkit listrik tenaga air pertama dibikin di sekitar Sungai Niagara pada tahun 1881.

Pembangkit listrik Sir Adam Beck 1 dan 2 adalah pembangkit listrik yang layani kepentingan listrik di Ontario Selatan dan New York. Saat ini, pembangkit listrik di Niagara menghasilkan sekitar 2,4 juta kilowatt tenaga listrik dan sebagai pembangkit listrik tenaga air terbesar keempat di Amerika Serikat.

  1. Air Terjun Paling muda di dunia, Air Terjun Niagara

Walaupun Air Terjun Niagara berusia sekitar 12.000 tahun, air terjun ini dilihat yang paling muda dibandingkan dengan peristiwa geografi lainnya yang ada di dunia.

Misalkan saja Giant Causeway di Irlandia yang berusia lebih dari 60 juta tahun. Oleh karena itu, Air Terjun Niagara dilihat sama seperti yang paling muda.

  1. Niagara Falls State Park – Taman Negara Paling tua di Amerika, Air Terjun Niagara

Dibuat pada tahun 1885, Niagara Falls State Park adalah taman negara paling tua di Amerika Serikat. Hari ini, lebih dari 8 juta pengunjung ke Niagara Falls State Park setiap tahunnya.

Selain jadi taman paling tua, Niagara State Park jadi salah satu arah yang kerap dikunjungi pelancong untuk cicipi keindahan Air Terjun Niagara dari dekat.