CEO Amazon untuk Konsumen Seluruh Dunia Dave Clark mengundurkan diri June 2022

CEO Amazon untuk Konsumen Seluruh Dunia Dave Clark mengundurkan diri June 2022

Dave Clark, CEO usaha customer di penjuru dunia Amazon dan letnan pucuk CEO Andy Jassy, ​​akan memundurkan diri 1 Juli, sesudah 23 tahun di perusahaan, Amazon umumkan dalam pengajuan ketentuan Jumat.

dave clark amazon ceo

Amazon tidak mengatakan alternatif Clark. Dalam sebuah posting website yang umumkan kepergiannya, Jassy menjelaskan Amazon sedang pada proses perkuat gagasan suksesi untuk Clark, dan akan umumkan penyempurnaan “sepanjang beberapa minggu di depan.”

“Tahun-tahun ini adalah yang paling melawan dan tidak tersangka yang kami temui dalam riwayat usaha Customer Amazon, dan saya benar-benar menghargakan kepimpinan Dave sepanjang waktu itu,” kata Jassy.

Dalam sebuah tweet, Clark menjelaskan ia berasa ini ialah saat yang pas untuk tinggalkan Amazon.

“Seperti saya benar-benar menyenangi perjalanan, berikut waktunya untuk saya untuk ucapkan selamat tinggal untuk mengawali perjalanan baru,” kata Clark dalam e-mail ke pegawai, yang ia bagi di Twitter. “Untuk beberapa saat, saya sudah mengulas niat saya untuk berpindah dari Amazon dan dengan keluarga saya dan orang yang lain dekat sama saya, tapi saya ingin pastikan team dipersiapkan untuk sukses. Saya berasa percaya jika waktunya ialah sekarang ini. “

Clark adalah dari sedikit eksekutif paling penting di Amazon, yang memantau usaha retail perusahaan yang luas, dan anggota S-Team Jassy, ​​sekelompok lebih dari selusin eksekutif senior dari sebagian besar sektor usaha Amazon. Ia menggantikan peranan di tahun 2020 sesudah Jeff Wilke memundurkan diri.

Sebagai CEO usaha customer Amazon di penjuru dunia, Clark memantau beberapa unit khusus, terhitung online shop, toko fisik, pasar penjual faksi ke-3 , dan usaha abonemen Amazon Prime, yang semua hasilkan lebih dari 75% penghasilan Amazon di kwartal yang usai pada 31 Maret.

Unit retail Amazon alami perkembangan eksplosif sepanjang wabah virus corona di tengah-tengah ledakan e-commerce keseluruhannya, tapi usaha itu mulai memperlihatkan beberapa perpecahan dalam beberapa kwartal paling akhir. Di bulan April, Amazon menjelaskan penghasilan bertambah 7% pada kwartal pertama, dibanding dengan pengembangan 44% pada masa tahun kemarin.

Di hari Jumat, Jassy menjelaskan Amazon konsentrasi pada kenaikan usaha customernya, sentimen yang ia gemakan pada tatap muka pemegang saham tahunan perusahaan minggu kemarin. Ia menjelaskan ke pemegang saham Amazon “berusaha keras” untuk turunkan ongkos dan tingkatkan keuntunganabilitas dalam usaha ritelnya.

dave clark amazon ceo

Clark tergabung dengan seksi operasi perusahaan di tahun 1999 dan secara cepat naik pangkat. Ia dikreditkan dengan pemetaan program pemenuhan dan logistik Amazon, yang sudah jadi tulang punggung usaha ritelnya. Matanya yang tajam untuk mengenali kekurangan dalam operasi logistiknya membuat mendapatkan panggilan intern “The Sniper,” melapor Bloomberg.

Clark ialah anggota terkini dari bekas lingkaran dalam Bezos yang keluar perusahaan. Wilke, yang disebut kepala usaha customer dan dilihat sebagai calon penerus Bezos, umumkan kepergiannya pada 2020 dan memundurkan diri tahun kemarin. Steve Kessel, yang membuat Kindle asli dan menggantikan seksi toko fisik, memberitahu pegawai di akhir 2019 jika ia akan pergi.

Clark adalah eksekutif berpenghasilan paling tinggi Amazon. Ia terima keseluruhan ganti rugi tahun kemarin sejumlah $56 juta, naik dari $46,tiga juta di tahun 2020. Nyaris semua berbentuk penghargaan saham, karena upah tahunannya cuma $175.000.

Di tahun 2021, Clark dan Jassy diberi stock terbatas periode panjang khusus yang berkaitan dengan promo mereka. Clark dikeluarkan 16.000 saham dari saham terbatas yang diputuskan untuk rompi tiap tahun sampai tahun 2025.

dave clark amazon ceo

Baru pekan kemarin, pemegang saham Amazon menyepakati gagasan ganti rugi eksekutif perusahaan untuk eksekutif pucuk. Dua perusahaan penasihat investor sudah mereferensikan penopang kebutuhan untuk menampik gagasan itu, dengan menjelaskan itu terlalu berlebih dan tidak menggambarkan performa perusahaan. Cuma 56% pemegang saham memutuskan untuk menyepakati paket ganti rugi, turun dari 81% tahun awalnya.