Begini Cara untuk Cek Penerima Subsidi 600ribu

Begini Cara untuk Cek Penerima Subsidi 600ribu

Pemerintahan sudah memutuskan akan memberi Subsidi kontribusi bantuan gaji (BSU) atau bantuan upah sebesar Rp600 ribu ke karyawan.

BSU ini sebagai bansos (bantuan sosial) sebagai salah satunya wujud peralihan bantuan bahan bakar minyak (BBM).

Salah satunya persyaratan yang menerima BSU Rp600 ribu ialah karyawan dengan upah atau gaji terbanyak sejumlah Rp3,lima juta atau sebesar gaji minimal propinsi (UMP)/gaji minimal kabupaten/kota (UMK).
Tetapi, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menjelaskan, karyawan dengan upah atau gaji di atas Rp3,lima juta memiliki hak memperoleh bantuan sosial itu.

“Karyawan yang bekerja di daerah yang mempunyai UMP/UMK di atas Rp3,lima juta memiliki hak memperoleh kontribusi bantuan gaji. Misalkan, UMP DKI Rp4,tujuh juta itu (karyawan) masih tetap atau memiliki hak memperoleh BSU ini karena batasannya ialah gaji minimal propinsi atau kabupaten/kota,” papar Ida dalam Rapat koordinasi TPID, Senin (5/9/2022).

Lalu, apa kamu terhitung yang terima bantuan upah ini? Yok baca triknya berikut!

1. Cara mengecek penerima Subsidi BSU

Berdasar situs bsu.kemnaker.go.id, ada lima cara yang penting kamu kerjakan untuk pengujian apa kamu jadi yang menerima bantuan upah Rp600 ribu. Berikut langkahnya:

Datangi web kemnaker.go.id
Register akun. Jika belum mempunyai account, karena itu kamu wajib melakukan registrasi di akun.kemnaker.go.id. Melengkapi registrasi account. Pengaktifan account dengan memakai code OTP yang hendak dikirim ke nomor HP kamu.
Login ke account itu.
Melengkapi profile berbentuk bioadata diri, photo profile, mengenai kamu, status pernikahan, dan type lokasi.
Check pernyataan. Kamu akan memperoleh pemberitahuan bila kamu tercatat atau mungkin tidak tercatat sebagai yang menerima BSU 2022.

2. Penyaluran Subsidi BSU Rp600 ribu

Ida mengatakan, pendistribusian BSU Rp600 ribu akan dilaksanakan melalui himpunan bank negara (himbara) dan lewat PT Pos Indonesia.

Di dalam website Kemnaker disebut, bila kamu mempunyai rekening Bank Himbara seperti BRI, BNI, Berdikari, BTN, atau BSI karena itu dana BSU Rp600 ribu langsung akan ditransfer ke rekeningmu.

Tetapi, bila kamu belum mempunyai rekening itu karena itu kamu akan dibuatkan rekening kelompok oleh Kemnaker yang bekerja bersama dengan faksi bank dan perusahaan tempat kamu bekerja.

Distribusi BSU Rp600 ribu nanti akan diteruskan melalui PT Pos Indonesia.

Subsidi 600ribu

“Kami yakini tidak ada kebocoran karena uang itu langsung ditransfer ke rekening yang menerima, tidak singgah kemanapun. Sesudah diteruskan ke bank himbara, langsung ke rekening yang menerima program. Saya percaya tidak akan bocor karena langsung ke rekening karyawan,” papar Ida dalam Komunitas Merdeka Barat 9 (FMB9), Selasa (6/9/2022).

3. BSU Subsidi disalurkan pekan ini

Bantuan Subsidi Upah

Dikabarkan sebelumnya, pemerintahan akan salurkan BSU atau bantuan upah Rp600 ribu pada minggu ini.

Menurut Ida, pencairan bantuan upah akan dilaksanakan dengan bertahap. Adapun untuk minggu ini, pendistribusian BSU ditarget ke 5.099.915 yang menerima.

“Semoga hari Jumat dapat diteruskan ke yang menerima,” kata Ida dalam pertemuan jurnalis Pendistribusian BSU Tahun 2022 di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Selasa (6/9/2022).