7 Etika Dasar dalam Kehidupan Setiap hari yang Kerap Dilalaikan

7 Etika Dasar dalam Kehidupan Setiap hari yang Kerap Dilalaikan

Beritaburung – Jakarta Pada hakekatnya manusia sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai pengertian jika manusia memerlukan manusia lain. Saat menjalankan kehidupan setiap hari manusia tidak bisa jalani hidupnya sendiri. Maka dari itu manusia hidup bermasyarakat dan lakukan hubungan dengan manusia lain.

Saat berhubungan sama orang lain, sebagai pribadi yang bagus, manusia harus pahami norma. Norma sebagai ketentuan, aturan, atau tata langkah yang dipakai sebagai dasar untuk berperangai. Norma kuat hubungan dengan sikap baik atau jeleknya tiap pribadi dalam bermasyarakat. Norma bermanfaat untuk jaga jalinan baik antara setiap orang dalam bermasyarakat. Maka dari itu tiap pribadi harus pahami norma dan mengaplikasikannya di kehidupan bermasyarakat supaya hubungan dengan manusia lain bisa berjalan baik.

Tetapi sayang ada banyak orang yang kerap lupakan etika dasar di kehidupan setiap hari. Berikut ini sebagai 7 norma dasar yang mungkin kerap dilalaikan di kehidupan setiap hari.

1.Pas Waktu

tepat waktu

Kamu tentu kerap dengar jika waktu adalah hal yang bernilai. Bahkan juga ada pernyataan yang menjelaskan jika waktu ialah uang untuk menggambarkan berapa berharganya waktu. Tetapi sayang ada banyak orang yang kurang dapat menghargakan waktu, baik itu saat yang dipunyai diri kita atau saat yang dipunyai seseorang. Salah satunya etika dasar yang perlu kamu kenali dan kamu kerjakan ialah menghargakan waktu seseorang. Ini dapat dilaksanakan dengan usaha untuk on time. Membuat seseorang menanti atau menghabiskan waktu mereka ialah hal yang kurang santun. Bila kamu tidak dapat datang on time sebaiknya kirimkan pesan maaf padanya dan berikan alasanmu kenapa tidak dapat datang on time. Tetapi ingat, tidak boleh menjadikan ini sebuah rutinitas.

2. Katakan Maaf, Tolong, dan Terima kasih

Kamu tentu pernah dengar tiga kata ajaib yang perlu untuk diucap saat berbicara sama orang lain. Tiga kata ajaib itu ialah maaf, tolong, dan terima kasih. Tiga kata ajaib ini kemungkinan kelihatan remeh tetapi karena tiga kata ajaib ini kamu dapat jaga jalinan baik sama orang lain dan membuat komunikasimu sama orang lain berjalan mulus. Karena terlihat remeh, terkadang beberapa orang yang meremehkan tiga kata ajaib ini. Ucapkanlah “maaf “saat kamu berasa melakukan perbuatan salah ke orang lain atau sakiti hati seseorang. Ucapkanlah “tolong” saat kamu akan minta kontribusi seseorang. Ucapkanlah “terima kasih” saat kamu mendapatkan kontribusi atau terima suatu hal dari pihak lain.

3. Bertegur Sapa

 Bertegur sapa.

Bertegur sapa adalah etika dasar yang perlu kamu kerjakan di kehidupan setiap hari. Saat berpapasan dengan rekan, rekanan kerja, tetangga, atau sanak saudara kamu dapat menegur mereka secara ramah. Menegur seseorang yang kamu kenali bisa menolongmu jaga jalinan baik dengan beberapa orang di sekelilingmu.

4. Tidak Menggunting Perbincangan

Saat mengobrol sama orang lain sebaiknya coba menjadi pendengar yang bagus dengan tidak menggunting perbincangan seseorang. Menggunting perbincangan seseorang sebagai hal yang kurang santun. Menggunting perbincangan seseorang sama seperti dengan merebut atau mungkin tidak memberi hak ke seseorang untuk bicara.

Sebaiknya berikan peluang musuh berbicara untuk menuntaskan perbincangannya saat sebelum kamu menyikapi percakapan yang sedang kamu kerjakan dengannya. Tidak menggunting perbincangan seseorang sebagai usaha yang kamu kerjakan untuk menghargakan orang laian.

Bila kamu ingin menyela perbincangan musuh bicaramu kamu dapat ijin dan ucapkan maaf karena sudah menggunting perbincangannya. Tetapi tidak boleh kerjakan ini sering karena bila kamu kerap menyela perbincangan musuh bicaramu karena itu dia akan berasa tidak nyaman.

5. Memberitahukan Tuan Rumah Saat sebelum Bertamu

bertamu

etika dasar Saat sebelum bertamu ke rumah sanak saudara, rekan, atau rekanan kerja sebaiknya kamu beritahu dia lebih dulu. Bertanya lebih dulu tersedianya tuan-rumah saat sebelum bertandang kerumahnya membuat dia berasa dipandang.

Bertandang ke rumah seorang tanpa pernyataan ialah sebuah perlakuan yang dipandang kurang santun. Bila kamu bertamu ke rumah seseorang tanpa memberitahukan lebih dulu dicemaskan orang itu sedang repot, ada acara lain, atau sedang tidak mau didatangi. Ini tentunya akan mengganggu tuan-rumah bila dia belum siap untuk didatangi.

6. Meredam Pintu

Hal remeh yang sering beberapa orang acuhkan ialah meredam atau buka pintu untuk seseorang. Saat kamu akan masuk atau keluar sebuah tempat sebaiknya saksikan dulu apa dibelakangmu ada seseorang yang akan masuk atau keluar. Bila ada seseorang yang akan masuk atau keluar memakai pintu yang serupa denganmu seharusnya kamu meredam pintu buat mereka dan mempersilakan mereka untuk jalan masuk atau keluar lewat pintu itu.

7. Memandang Mata lawan Berbicara

Etika Dasar
Memandang mata musuh berbicara adalah hal yang sudah dilakukan untuk menghargakan seseorang. Saat bicara dengan seorang seharusnya lihat matanya dan tunjukkan semangatmemu dengarkan apa yang dia katakan. Ini akan membuat berasa dipandang dan didengar.

Jauhilah memandang ke lain atau ke hal-hal lain saat bicara dengan seorang. Jauhilah memandang monitor handphone ketika orang lain sedang bicara. Memandang monitor handphone ketika orang lain sedang bicara denganmu akan membuat berasa diremehkan dan berasa kurang nyaman bicara denganmu. Bila kamu memang ingin memeriksa handphonemu, minta ijin dan ucapkanlah maaf ke musuh bicaramu itu adalah etika dasar .

Tersebut tujuh etika dasar yang kemungkinan kerap kamu lupakan. Sebaiknya mulai lakukan tujuh norma dasar itu supaya beberapa orang disekitarmu berasa dipandang dan kamu bisa menjadi individu yang lebih bagus kembali.