6 Pebasket Eropa yang Beralih dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023

6 Pebasket Eropa yang Beralih dari NBA ke Tim EuroLeague pada 2022/2023

Beritaburung.id – Team EuroLeague kerap jadi tempat untuk beberapa pemain NBA untuk meneruskan profesi. EuroLeague dipandang tidak berbeda jauh dari NBA disaksikan dari sisi kualitas, upah, dan reputasi. Tidaklah aneh bila EuroLeague dikatakan sebagai persaingan terbaik ke-2 di dunia sesudah NBA.

Pada musim baru 2022/2023, ada enam pemain basket NBA asal Eropa yang pulang daerah untuk meneruskan profesi di EuroLeague. Siapa saja mereka? Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Isaac Bonga

Isaac Bonga

Nama yang pertama adalah Isaac Bonga, poin guard asal Jerman yang akhir kali bermain untuk Toronto Raptors. Bonga tidak pernah mempunyai data statistik yang spesial semenjak meniti karier di NBA pada 2018.

Bonga seringkali jadi pemain lapisan, baik saat bela Los Angeles Lakers, Washington Wizards, atau Toronto Raptors. Pada 19 Agustus 2022, Bonga dengan cara resmi pulang ke negaranya untuk tergabung dengan Bayern Munich.

2. Nemanja Bjelica

Nemanja Bjelica
Nemanja Bjelica masuk ke NBA lewat NBA Draft 2010. Tetapi, dia baru meniti karier di NBA di tahun 2015 sesudah menuntaskan kontraknya bersama Saski Baskonia dan Fenerbahce.

Saat di NBA, Bjelica pernah seringkali ganti team. Sesudah bermain sepanjang tujuh musim dan memperoleh satu titel juara NBA bersama Golden State Warriors, Bjelica kembali pulang ke Eropa.

Power forward asal Serbia ini kembali bereuni dengan Fenerbahce, team yang membawa raih EuroLeague MVP 2015. Walau memperoleh beberapa penawaran dari team NBA, Bjelica masih tetap cenderung pilih untuk pulang ke Eropa.

3. Tomas Satoransky

Tomas Satoranky

Sama dengan Nemanja Bjelica, Tomas Satoransky tunda profesinya di NBA untuk kontrak bersama team EuroLeague. Poin guard asal Republik Ceko ini dipilih pada NBA Draft 2012. Tetapi, dia baru bermain bersama Washington Wizards pada 2016.

Selainnya Washington Wizards, Satoransky sempat juga bela Chicago Bulls, New Orleans Pelicans, dan San Antonio Spurs di NBA. Pada 4 Juli 2022, Satoransky pilih tergabung dengan Barcelona, team terakhir kalinya di EuroLeague saat sebelum meniti karier di NBA.

4. Georgios Kalaitzakis

 Gerogios Kalaitzakis

Georgios Kalaitzakis sebagai pemain yang dipilih pada posisi paling akhir pada NBA Draft 2021. Walau secara statistik cukup baik, Kalaitzakis terhitung jarang-jarang bertanding untuk Milwaukee Bucks atau Oklahoma City Thunder di NBA.

Karena argumen itu, small forward asal Yunani ini memilih untuk pulang ke negaranya pada 25 Juli 2022. Kalaitzakis kembali tergabung dengan Panathinaikos, team terakhir kalinya saat sebelum meniti karier di NBA.

BACA JUGA  :  9-pemain-bundesliga-2022-2023-dari-asia

5. Iffe Lundberg

 Iffe Lundberg
Dalam riwayat, cuma ada satu pebasket bernegara Denmark yang sempat bertanding di NBA. Ia ialah Iffe Lundberg, tembakan guard yang cuma 4 bulan bela Phoenix Suns.

Lundberg sendiri tidak berhasil dipilih pada NBA Draft 2016. Tetapi, dia memperoleh two way contract dari Phoenix Suns pada 12 Maret 2022. Pada 22 Juli 2022, Iffe Lundberg memutuskan untuk tergabung dengan Virtus Bologna, salah satunya team Italia yang bertanding di EuroLeague.

BACA JUGA : 7-big-three-yang-mempunyai-potensi-tampil-luar-biasa-di-nba-2022-2023

6. Ignas Brazdeikis

Pebasket Eropa

Ignas Brazdeikis terlahir di kota Kaunas, Lithuania. Semenjak kecil dia dengan keluarganya sudah berpindah ke Ontorio dan sempat mempunyai kewarga negaraan Kanada. Maka dari itu, dia mengawali profesinya di NCAA.

Seiring berjalannya waktu, Ignas juga kembali lagi ke negara kelahirannya dan bela Lithuania di gelaran internasional. Sesudah tiga musim meniti karier di NBA untuk New York Knicks, Philadelphia 76ers, dan Orlando Magis, Ignas juga pilih pulang ke negara aslinya.

Dia memilih untuk tergabung dengan Zalgiris Kaunas, salah satu team Lithuania yang bertanding di gelaran EuroLeague.

Sebagai wujud perbedaan, persaingan EuroLeague sebagai persaingan bola basket paling besar di Eropa. Kelasnya menyamakan UEFA Champions League di sepak bola yang kumpulkan team-team terbaik Eropa pada sebuah persaingan.