5 Pelatih Italia yang Pernah Tangani Club Bundesliga

5 Pelatih dari Italia yang Pernah Tangani Club Bundesliga

Beritaburung.id – Italia mempunyai rekam jejak keren sebagai negara pemroduksi pelatih sepak bola luar biasa. Hingga tidaklah aneh bila pelatih dari Italia benar-benar disukai oleh team-team di dunia, terhitung dari Bundesliga Jerman.

Sampai sekarang ini, ada lima pelatih dari Italia yang sempat tangani club Bundesliga. Siapa saja mereka dan bagaimana performnya? Berikut daftar dan penjelasannya.

1. Giovanni Trapattoni

Pelatih

Pelatih Italia pertama kali yang mencicip atmosfer Bundesliga ialah Giovanni Trapattoni. Pelatih legendaris yang sempat jadi pelatih Tim nasional Italia ini dipilih sebagai pelatih Bayern Munich untuk pertama kalinya di awal musim 1994/1995.

Tetapi, dia cuma bertahan sepanjang satu musim dengan rerata 1,5 point per pertandingan. Sempat latih Cagliari sepanjang satu musim, Trapattoni kembali dipilih di awal musim 1996/1997. Ini kali, dia bertahan sepanjang dua musim dengan catatan 2,07 point per pertandingan dari 90 laga.

2. Nevio Scala

 Nevio Scala
Pada musim 1997/1998, Borussia Dortmund pernah dilatih oleh pelatih dari Italia. Ia ialah Nevio Scala, pria yang sempat memegang sebagai presiden AC Parma saat sebelum memutskan pensiun secara utuh dari dunia sepak bola.

Pada musim itu, Nevio Scala tidak berhasil bawa Borussia Dortmund tampil impresif. Karena, mereka cuma finish di status kesepuluh dengan catatan 43 point. Walau demikian, performa Borussia Dortmund di Champions League cukup memberikan kepuasan dengan sukses mengambil langkah sampai semi final.

BACA JUGA : 5-pemain-paling-mahal-prancis-pada-2022-2023

3. Roberto Di Matteo

Roberto Di matteo
Dipilih sebagai caretaker pada Maret 2012, Roberto Di Matteo berhasil bawa piala Champions League pertama untuk Chelsea. Namanya makin terkenal saat itu. Tetapi sayang saat diangkat sebagai pelatih masih tetap, Di Matteo malah tidak berhasil keseluruhan.

Pada Oktober 2014, Di Matteo memperoleh peluang untuk latih Schalke 04. Sayang, dia tidak berhasil menunjukkan diri. Karena, dia cuma menulis 1,48 point per pertandingan dari 33 laga. Maka dari itu, dia dikeluarkan pada Mei 2015.

4. Carlo Ancelotti

 Carlo Ancelotti

Dengan rekam jejak sebagai salah satunya pelatih terbaik dalam riwayat sepak bola, Carlo Ancelotti sukses jadi pelatih Italia paling sukses di Bundesliga selama ini. Ancelotti pernah latih Bayern Munich sepanjang 14 bulan, terhitung dari Juli 2016 sampai September 2017.

Dalam waktu itu, Carlo Ancelotti sukses mencatat rerata 2,28 point per pertandingan dari 60 laga. Disamping itu, Carlo Ancelotti berhasil raih titel juara Bundesliga 2016/2017 dan 2 titel juara Super DFL.

5. Domenico Tedesco

Domenico Tedesco

Pelatih Italia paling akhir yang latih club Bundesliga ialah Domenico Tedesco. Walau datang dari Italia, Tedesco malah mengawali profesi pelatihannya di Jerman. Dia pernah membesut team muda Hoffenheim dan VfB Stuttgart.

Sesudah jadi pelatih team junior, Tedesco selanjutnya latih team senior. Erzgebirge Aue (2017) yang bertanding di kelas ke-3  Liga Jerman jadi team pertama kalinya.

Di kelas paling tinggi Bundesliga, Tedesco pernah latih dua club, yaitu Schalke 04 (2017—2019) dan RB Leipzig (2021—2022). Dari 2 club itu, Tedesci kumpulkan rerata 1,56 point dari 84 laga.

Dari 5 nama dalam perincian ini, cuma Giovanni Trapattoni dan Carlo Ancelotti yang sukses datangkan titel juara Bundesliga. Ke-2 nya mempunyai kemiripan, yaitu latih Bayern Munich saat meniti karier di tanah Jerman.