6 Kiper Terbaik Piala Dunia, Ada David De Gea!

6 Kiper Terbaik Piala Dunia, Ada David De Gea!

Beritaburung , Jakarta – Tidak hanya pembuat gol, status kiper jadi perhatian dalam Piala Dunia. Menariknya, tiap ajang acara pesta sepak bola terbesar dunia itu, ada selalu kiper yang diplot sebagai penjaga gawang terbaik Piala Dunia.

Beberapa bintang lapangan yang tunjukkan kemampuan di Piala Dunia, terutamanya penjaga gawang, disanjung karena tehnik pengamanan, kegesitan, dan refleks yang bagus. Mereka juga dituntut untuk selalu tenang saat di bawah penekanan.

Sebagai penjaga pintu paling akhir di garis pertahanan, kiper bisa dipandang sebagai penyelamat sekalian biang keladi kekalahan team. Menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar, tidak ada kelirunya melihat ke belakang daftar kiper terbaik Piala Dunia versus Beritaburung di bawah ini.

1. Gordon Banks

Kiper Terbaik
Gelar kiper terbaik Piala Dunia patut dipasangkan pada Gordon Banks yang sudah bermain untuk Inggris sepanjang 20 tahun. Sejauh profesinya di atas lapangan, pria kelahiran tahun 1937 ini pernah dianugerahkan penghargaan Penjaga gawang Terbaik FIFA sekitar 6x beruntun.

Disamping itu, Banks sukses menyikat gelar berprestise yang lain, terhitung Bintang Kekaisaran Britania Raya (Order of the British Empire).

Bagusnya kembali, Banks ikut bawa Inggris ke pucuk kemenangan di Piala Dunia 1966. Ia mencatat clean sheet di semua laga, terkecuali semi-final di mana Inggris menantang Portugal dan final menantang Jerman Barat.

Kekuatan hebat Banks dalam meredam bola melalui garis gawang bisa dibuktikan pada perputaran final Piala Dunia 1970 di Meksiko. Ia sukses gagalkan tandukan mematikan dari pemain legendaris Brasil, Pele.

2. Sepp Maier

 Sepp Maier
Gelar kiper terbaik di Piala Dunia cuma diberi pada penjaga gawang yang sanggup menunjukkan kekuatan dan stabilitasnya. Demikianlah yang sudah dilakukan Sepp Maier sepanjang tahun sebagai pemain Tim nasional Jerman dan Bayern Munich.

Bela Bayern Munich sepanjang 18 tahun, penjaga gawang kelahiran tahun 1944 ini terdaftar sudah bermain sekitar 500 permainan tanpa kecolongan. Ia menggenggam rekor penjaga gawang dengan 422 laga Bundesliga beruntun sampai sekarang.

Karena kegesitan, kecepatan refleks, dan fleksibilitasnya, Maier dipanggil sebagai ‘Si Kucing’. Salah satunya prestasi cemerlang penjaga gawang terbaik Piala Dunia ini ialah tampil di empat Piala Dunia beruntun, yakni edisi tahun 66, 70, 74 dan 78.

Pada Piala Dunia tahun 1974, Mier bawa Jerman Barat sebagai juara di kandangnya sendiri, Munich. Tim nasional Jerman Barat juga cuma kecolongan 3 gol dengan perincian dua di sesi kualifikasi group dan satu di final menantang Belanda.

3. Dino Zoff

Dino Zoff
Kiper terbaik Piala Dunia seterusnya datang dari Tim nasional Italia. Dino Zoff sebagai pesepak bola paling tua yang sukses mengalahkan Piala Dunia di umur 40 tahun. Pada Piala Dunia 1982, Kapten Azzurri ini tampil cemerlang dengan sukses mencatat 112 caps bersama Italia.

Melalui profesi internasional lebih dari 15 tahun, penjaga gawang kelahiran tahun 1942 ini tampil di empat edisi Piala Dunia, yakni edisi 1970, 1974, 1978, dan 1982. Peruntungan berada di faksinya saat Piala Dunia 1982 dengan keluarnya Italia sebagai juara. Performanya juga menghasilkan gelar kiper  terbaik Piala Dunia.

Tidak hanya itu, rekor Zoff pada tahun 70-an membuat populer. Sepanjang beraksi di atas lapangan, Zoff mencatat rekor kecolongan sedikitnya dan waktu bermain terlama tanpa kecolongan pada sebuah musim Serie A.

4. Gianluigi Buffon

Buffon

Kiper terbaik Piala Dunia selanjutnya tiba dari Gianluigi Buffon, pemain Juventus semenjak tahun 2001. Sejauh profesinya, Buffon bermain bersama club PSG sesaat saat sebelum putuskan kembali lagi ke Juventus.

Bersama Juventus, Buffon bawa pulang lebih dari 20 piala dan pecahkan rekor 974 menit beruntun tanpa kecolongan, menaklukkan rekor lama Dino Zoff. Tidak itu saja, Buffon mendapat caps pertama kalinya untuk Tim nasional Italia di umur di bawah 20 tahun, yaitu ketika menjadi alternatif Gianluca Pagliuca.

Semenjak kiprah pada tahun 1997, Buffon bermain sekitar 175 kali bersama Tim nasional Italia. Pucuk performa penjaga gawang kelahiran tahun 1978 ini ialah saat Piala Dunia 2006 menantang Tim nasional Prancis di partai final.

Pengamanan memikat dengan menepis tandukan Zinedine Zidan pada kala waktu perpanjangan berbuah hasil terbaik dengan dinobatkannya Italia sebagai juara Piala Dunia 2006.

5. Iker Casillas

 Iker Casillas
Iker Casillas sebagai salah satunya kiper terbaik Piala Dunia dari Tim nasional Spanyol. Ia sebagai pemain yang dipercayai sebagai kapten team.

Di tingkat club, Casillas lama bermain untuk Real Madrid. Selanjutnya, ia sempat bermain sebagai kiper untuk FC Porto.

Sebagai sisi dari Tim nasional remaja Spanyol, penjaga gawang kelahiran tahun 1981 ini sukses memenangi kejuaraan UEFA-CAF Meridian Cup dan Kejuaraan Dunia Remaja FIFA di tahun 1999. Seterusnya pada La Liga musim 1999/2000, Casillas tergabung bersama Real Madrid.

Pada Piala Dunia 2010, kepiawaian Casillas dalam menepis bola dari musuh berbuah hasil dengan mengantar Tim nasional Spanyol sebagai juara. Tidak itu saja, profesi internasionalnya termasuk juga bermain untuk team Negeri Matador di Piala Euro tahun 2008 dan 2012.

Sejauh profesinya bersama Tim nasional Spanyol, Casillas cetak 440 clean sheet dari semua 1049 pertandingan. Pada Agustus 2022, penjaga gawang dengan tinggi 182 cm ini putuskan pensiun di FC Porto

6. David de Gea

David De Gea

David de Gea sebagai salah satunya kiper terbaik Piala Dunia yang sisi dari Tim nasional Spanyol. Selesai usainya zaman Iker Casillas, De Gea memikul tanggung-jawab sebagai penjaga gawang khusus team yang dipanggil La Roja ini.

Bersama Tim nasional Spanyol, pemain lulusan Atletico Madrid ini mengumpulkan 28 caps dengan catatan enam clean sheet. Keunggulan khusus penjaga gawang kelahiran tahun 1990 ini berada pada refleksnya yang tepat di bawah tiang garis hingga sering membuat penyerang musuh frustrasi.

Karena kepiawaiannya ini, De Gea menahan 14 kesempatan gol ke gawang Manchester United dan mencatatkan 18 clean sheet di Liga Primer Inggris 2018.

Tersebut enam penjaga gawang terbaik Piala Dunia yang berperan besar di Piala Dunia versus IDN Times. Menurutmu, siapa yang hendak menggenggam gelar ini di Piala Dunia 2022 Qatar?