22 Bola yang Digunakan di Piala Dunia, Ada Bikinan Indonesia!

22 Bola yang Digunakan di PialaDunia, Ada Bikinan Indonesia!

Piala Dunia menjadi satu diantara pertandingan sepak bola internasional yang selalu ditunggu. Salah satunya faktor yang sama dengan acara pesta olahraga ini ialah bola yang dipakai di hajat sepak bola paling berprestise ini.

Semenjak pertama kalinya diadakan di Uruguay tahun 1930, PialaDunia datang dengan bermacam tipe bola sah yang lain untuk dipakai setiap laga. Antiknya, tiap gelaran bola sepak yang diadakan 4 tahun sekali ini mempunyai edisi tertentu yang direncanakan makin unggul tiap tahunnya.

Untuk memperjelasnya, yok baca 22 daftar bola PialaDunia dari periode ke periode ini sampai habis.

1. Bola Piala Dunia 1930 – Tiento dan T-Model

Piala Dunia
Pertama kalinya diadakan di Uruguay pada 1930, PialaDunia awalannya tidak mempunyai bola sah yang dipakai. Namun, saat sebelum pertandingan final di antara Argentina dan Uruguay, ke-2  negara ini sempat berdiskusi untuk tentukan negara pemasok bola.

Pada akhirnya, ditetapkan untuk menukar bola pada istirahat setiap set. Dengan demikian, bola dari Argentina, Tiento, dipakai pada set pertama saat sebelum seterusnya diganti dengan T-Model punya Uruguay.

2. Bola PialaDunia 1934 – Federale 102

Bola Piala Dunia 1934
Bola Piala Dunia 1934 ialah Federale 102. Tipe bola ini direncanakan dengan pengembangan berarti dalam pemakaian bahan yang lebih simpel.

Awalnya memakai bahan kulit, Federale 102 manfaatkan kapas sebagai alternatif jahitan. Akhirnya, bola yang dibuat lebih enteng saat dipakai oleh pemain.

Sayang, kualitas bola masihlah jauh dari yang diharap. Masalahnya sebagian besar pemain lebih sukai memakai tipe bola piala dunia yang lain di-import dari Inggris.

3. Bola PialaDunia 1938 – Allen

Bola Piala Dunia 1938

Pada Piala Dunia Perancis 1938, bola yang dipakai oleh pemain ialah Allen. Menariknya, Allen dikenali sebagai bola Piala Dunia pertama kali yang diperlengkapi cap merk perusahaan yang menghasilkan.

Walau penampilan dan cara membuat Allen seperti Federale 102 dari Italia, bola Piala Dunia ini disokong plus tambahan panel ke-13. Keunggulan lain dari tipe bola ini ialah memiliki bentuk yang lebih bundar.

4. Bola PialaDunia 1950 – Duplo T

Bola Piala Dunia 1950
Diadakan di Brasil, PialaDunia 1950 memulai permulaan kembali ajang PialaDunia selesai 12 tahun vakum sementara karena Perang Dunia II. Pemberhentian ini memberikan dampak besar pada kualitas bola PialaDunia yang dipakai.

Namanya Duplo T, bola PialaDunia ini manfaatkan bahan yang lebih simpel. tipe bola ini jadi titik awalnya pemakaian wujud bola yang sama di dalam laga untuk satu masa Piala Dunia.

5. Bola PialaDunia 1954 – Swiss World Champion

Bola Piala Dunia 1954

Perusahaan olahraga Kos Sport membuat pengembangan untuk bola Piala Dunia Swiss tahun 1954. Perubahan ini berbentuk pemakaian susunan 18 panel yang sama-sama berkaitan berbentuk zig-zag dalam tubuh bola.

Design ini nanti dipakai sebagai dasar sah bola-bola Piala Dunia untuk ajang beberapa tahun seterusnya. Dari sisi visual, tipe bola ini seperti bola olahraga voli. Bahkan juga berwarna juga nyaris sama, yakni kuning.

6. Bola Piala Dunia 1958 – Hebat Star

 Bola Piala Dunia 1958
Pada Piala Dunia 1958, Federation Internationale de Football Association (FIFA) bekerja bersama dengan penyuplai bola dalam pembukaan kompetisi. Dari keseluruhan 102 daftar bola tanpa merk yang berperan serta, bola nomor 55 keluar sebagai bola PialaDunia 1958.

Dikenali dengan Hebat Star, bola ini dibuat perusahaan asal Angelholm yang mempelopori pemakaian 24 panel. Dalam perubahannya, Hebat Star sukses jadi bola Piala Dunia pertama kali yang dipakai untuk lebih satu masa PialaDunia.

7. Bola PialaDunia 1962 – Crack

Bola Piala Dunia 1962

Bola PialaDunia 1962 di Cile sempat memetik pro-kontra. Ini karena pengurangan standard dari tipe bola yang dipakai pada Piala Dunia awalnya.

Dikenali sebagai Crack, bola PialaDunia ini dibikin oleh perusahaan namanya Cile Custodio Zamora dengan 18 panel. Tipe bola ini berkesan tidak teratur karena dijahit lewat cara manual. Karena itu, Crack diganti oleh Hebat Star karena tidak penuhi persyaratan.

8. Bola PialaDunia 1966 – Challenge 4-Star

 Bola Piala Dunia 1966.
Untuk Piala Dunia 1966 di Inggris, FIFA lakukan pengetesan tertutup buat tentukan produksi bola yang dipakai. Ada 111 jika dari penyuplai yang ikuti proses pengetesan dan pemilihan dengan ketat.

Hasilnya, diputuskan jika bola yang penuhi standard ialah Challenge 4-Star yang dibuat perusahaan Slazenger. Dari sisi penampilan bola Piala Dunia ini seperti Hebat Star. Namun, bola ini mempunyai satu panel tambahan.

9. Bola Piala Dunia 1970 – Telstar

Bola Piala Dunia 1970
Perubahan riwayat Piala Dunia alami peralihan mencolok di tahun 1970. Pada waktu itu, FIFA pertamanya kali mereferensikan Adidas untuk membuat dan menghasilkan bola Piala Dunia, yang nanti akan dilaksanakan pada beberapa tahun seterusnya.

Tipe bola yang dikenalkan oleh Adidas namanya Telstar. Walau tidak mempunyai design asli, bola ini sama dengan skema hitam-putihnya.

Adidas mengenalkan Telstar, yang meskipun tidak mempunyai design orisinal, masih tetap jadi bola yang paling iconic dengan skema hitam-putihnya.

10. Bola Piala Dunia 1974 – Telstar Durlast

Bola Piala Dunia 1974

4 tahun selanjutnya, Adidas melaunching Telstar Durlast untuk Piala Dunia 1974 di Jerman. Tipe bola ini dikenali sebagai versus lebih baru dari Telstar dengan tambahan kecil di bagian Durlast alias sisi lapisan bola.

Tidak cuma membuat perlindungan permukaan kulit, Durlast bermanfaat untuk pastikan ketahanan bola dalam cuaca basah. Design ini kenyataannya benar-benar disukai karena cukup terkenal dan laku di pasar.

11. Bola Piala Dunia 1978 – Tango

Bola Piala Dunia 1978.
Tango ialah bola produksi Adidas yang terpopuler dalam riwayat sepak bola dunia. Karena sangat terkenalnya, bola Piala Dunia 1978 ini terjual dengan jumlah besar di penjuru dunia.

Selainnya hilangkan panel Telstar hitam, design Tango sesuaikan panel warna putih yang ditata secara melingkar. Dengan demikian, bola gampang dipakai di atas rumput.

12. Bola Piala Dunia 1982 – Tango Espana

Bola Piala Dunia 1982
Piala Dunia 1982 memakai bola Tango Espana yang dibuat Adidas. Bola Piala Dunia ini tidak alami perubahan yang berlebihan.

Walau demikian, keunggulan dari bola ini ialah durabilitas bola pada air. Ini karena tehnik pembikinannya yang dibuat cara membuat las dan jahit secara bertepatan.

13. Bola PialaDunia 1986 – Azteca

 Bola Piala Dunia 1986

Bola PialaDunia bikinan Adidas yang tidak kalah terkenal yang lain ialah Azteca. Tipe bola ini mengidentifikasi awalnya dipakainya bola dengan bahan sintetis.

Dibanding bahan kulit, material sintetis condong mempunyai ketahanan yang lebih bagus saat disepak. Tidak itu saja, pon plus lain berbahan ini ialah karakternya yang anti air.

14. Bola PialaDunia 1990 – Etrusco Unico

Bola Piala Dunia 1990
Karena diselenggarakan di Italia, Piala Dunia 1990 memakai bola yang persyaratan akan budaya Italia.

Dikenali dengan Etrusco Unico, bola produksi Adidas ini merujuk pada Etruscans yang sebuah peradaban kuno Italia. Walau bola ini mempunyai panel serupa Azteca, Etrusco Unico datang dengan hiasan atau corak tertentu.

15. Bola Piala Dunia 1994 – Questra

 BOla Piala Dunia 1994
Pialadunia pertama kalinya diselenggarakan di Amerika Serikat di tahun 1994. Karena itu, Adidas datang dengan pengembangan tertentu untuk bola sah yang dipakai untuk pertandingan.

Bola PialaDunia 1994 dikasih tambahan susunan busa di bagian luar. Peralihan ini hasilkan jika yang lebih halus serta lebih gampang dikontrol di atas lapangan. Tidak hanya itu, kecepatan bola dapat ditata lebih konstan.

16. Bola PialaDunia 1998 – Tricolore

Bola Piala Dunia 1998

Tricolore jadi bola Piala Dunia pertama kali yang tampil dengan design multiwarna. Masih tetap menjaga style Tango, bola ini disokong dengan pemakaian susunan busa yang sudah dikenalkan pada 1994.

Akhirnya, Tricolore dipandang lebih lincah dan halus dibanding tipe bola pada beberapa tahun awalnya.

17. Bola Piala Dunia 2002 – Fevernova

 Bola Piala Dunia 2002
Untuk PialaDunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang, Adidas membuat bola yang disebutkan Fevernova.

Tipe bola ini mempunyai penampilan yang lebih kekinian. Disamping itu, peralihan terjadi pada beban bola hingga membuat lebih berat.

18. Bola PialaDunia 2006 – Timgeist

Bola Piala Dunia 2006
Bola Piala Dunia 2006 dikenali dengan panggilan Timgeist. Istilah ini bermakna spirit dalam team, yang sesuai adat permainan negara tuan-rumah, Jerman yang umum kelompok.

Keunggulan yang diusung oleh Timgeist ialah pemakaian design 14 panel dengan jahitan yang lebih simpel. Peralihan ini hasilkan tipe bola yang lebih bundar dan stabil.

19. Bola Piala Dunia 2010 – Jabulani

Bola Piala Dunia 2010
Diadakan di Afrika Selatan, PialaDunia 2010 sebagai salah satunya PialaDunia yang paling istimewa. Pada waktu itu, Adidas membuat Jabulani yang tampil dengan susunan bola yang lebih bundar dan permukaan yang lebih lembut.

Pengembangan ini dibikin dengan peralihan jumlah panel, dari awal sebelumnya 14 jadi cuma 8 saja. namun, pengurangan ini berpengaruh pada gerakan bola yang lebih buat diprediksikan.

20. Bola PialaDunia 2014 – Brazuca

Bola Piala Dunia 2014

Bola PialaDunia 2014 dikenali dengan istilah Brazuca, yang disebut kata slang dari Brazilian.

FIFA mengeklaim bola tipe ini sudah memakai pengembangan yang lebih bagus dibanding bola pada tahun awalnya. Brazuca dibuat dengan 6 panel, semakin sedikit dibanding bola awalnya.

BACA JUGA : messi-belum-tertarik-memperpanjang-kontrak-di-psg-ingin-ke-mana

21. Bola PialaDunia 2018 – Telstar 18

Bola Piala Dunia 2018
Diadakan di Rusia, Piala Dunia 2018 mempunyai design bola yang cukup unik. Sebagai perusahaan produksi bola sah untuk PialaDunia, Adidas membuat ‘penghormatan’ untuk bola pertama dari Adidas yang dipakai untuk PialaDunia di tahun 1970, Telstar 1970.

Dikenali dengan istilah Telstar 18, bola PialaDunia ini mempunyai design seperti Brazuca. Disamping itu, bola ini direncanakan dengan 6 panel yang diatur sebegitu rupa hingga memberi dampak bola dengan 32 panel.

22. Bola PialaDunia 2022 – Al Rihla

Bola Piala Dunia 2022

Bola PialaDunia 2022 di Qatar dikenali bernama Al-Rihla. Bola keluaran Adidas ini rupanya dibuat di Indonesia, persisnya kota Madiun.

Nama Al Rihla sendiri datang dari bahasa Arab yang maknanya perjalanan. Design Al Rihla sama dengan beberapa ciri Qatar, yakni tiga warna bendera, arsitektur unik, dan perahu iconicnya.

Adidas mengeklaim Al Rihla sebagai bola paling cepat daripada edisi PialaDunia awalnya. Tidak hanya itu, bola PialaDunia ini diperlengkapi ketepatan dan kestabilan terbaik.

Tersebut urutan lengkap 22 bola PialaDunia komplet dengan perubahannya dari periode ke periode. Tipe bola yang mana kamu gemari? Yok, bagi di kotak kometar!