9 Faedah Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kaya Gizi

9 Faedah Kacang Hijau untuk Kesehatan, Kaya Gizi

Beritaburung.id, Jakarta – Kacang hijau tidak asing untuk orang Indonesia. Tanaman ini datang dari India, lalu menebar ke China dan beragam negara di belahan Asia Tenggara, terhitung Indonesia.

Kacanghijau mempunyai nama latin vigna radiata. Kacang ini mempunyai rasa sedikit manis dan jadi bahan khusus pembikinan kecambah.

Kacang Hijau bisa dimakan dalam salad, sup, dan oseng. Sementara di Indonesia, orang akrab memprosesnya jadi bubur kacang hijau.

Kacanghijau terhitung satu antara makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi. Ada banyak gizi baik yang terdapat di dalam kacang hijau, seperti, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K.

Gizi yang lain yang ada dalam kacanghijau, seperti magnesium, zat besi, karbohidrat, folat, zinc, fosfor, mangan, selenium, dan tembaga. Selain itu, kacang hijau terhitung tipe kacang-kacangan yang mempunyai kandungan protein, anti-oksidan, rendah lemak dan serat.

Kandungan-kandungan itu terang memberi faedah untuk kesehatan badan jika dimakan secara betul dan teratur.

Faedah KacangHijau untuk Kesehatan

 KAcang hijau

1. Penuh Gizi

Kacanghijau banyak vitamin, mineral, protein, dan serat penting. Kacang ini kaya asam amino fundamental seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan banyak.

2. Tingkat Anti-oksidan Tinggi

Kacanghijau memiliki kandungan banyak anti-oksidan sehat, terhitung asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan banyak. Anti-oksidan menolong menetralisir molekul yang mempunyai potensi beresiko yang dikenali sebagai radikal bebas.

Dengan jumlah yang tinggi, radikal bebas bisa berhubungan dengan elemen mobile dan memunculkan kerusakan. Kerusakan ini berkaitan dengan infeksi akut, penyakit jantung, kanker, dan penyakit yang lain.

BACA JUGA : 7 Manfaat Ikan Patin untuk Bayi

3. Menahan Gempuran Panas

Di beberapa negara Asia, sup kacanghijau biasa dimakan tiap hari saat musim panas. Hal tersebut karena kacang hijau dipercayai mempunyai karakter anti-inflamasi yang menolong membuat perlindungan dari gempuran panas, temperatur badan yang tinggi, rasa haus, dan banyak.

Kacanghijau memiliki kandungan anti-oksidan vitexin dan isovitexin. Kandungan itu menolong membuat perlindungan sel dari cidera karena radikal bebas yang tercipta sepanjang gempuran panas.

4. Turunkan Kandungan Cholesterol

Cholesterol tinggi, khususnya cholesterol LDL “jahat”, bisa tingkatkan resiko penyakit jantung. Riset memperlihatkan kacang hijau mempunyai manfaat yang bisa turunkan cholesterol LDL.

Sekitar 26 riset mendapati jika makan satu jatah harian (sekitaran 130 gr) kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan, secara berarti turunkan kandungan cholesterol LDL darah.

5. Turunkan Penekanan Darah

Tekanan darah tinggi ialah permasalahan kesehatan yang serius karena membuat Anda beresiko terserang penyakit jantung – pemicu khusus kematian di dunia.

Kacanghijau dipercayai bisa menolong turunkan tekanan darah. Kacang ini memiliki kandungan potasium, magnesium, dan serat yang bagus. Riset sudah menyangkutkan masing-masing gizi ini dengan resiko tekanan darah tinggi yang berarti lebih rendah.

6. Menolong Kesehatan Pencernaan

Kacanghijau memiliki kandungan beragam jenis gizi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Karbohidrat dalam kacang hijau nampaknya lebih gampang diolah dibanding yang diketemukan pada kacang-kacangan yang lain. Maka dari itu, kacang hijau tidak mengakibatkan perut kembung.

7. Turunkan Kandungan Gula Darah

Bila tidak diatasi, gula darah tinggi menjadi permasalahan kesehatan yang serius.

Kacanghijau mempunyai beberapa manfaat yang menolong jaga kandungan gula darah masih tetap rendah. Kacang hijau tinggi serat dan protein, yang menolong perlambat pelepasan gula ke saluran darah.

Riset pada hewan memperlihatkan jika anti-oksidan kacang hijau vitexin dan isovitexin bisa turunkan kandungan gula darah dan menolong insulin bekerja lebih efisien.

8. Pas untuk Diet

Kacanghijau kaya serat dan protein, yang bisa menolong turunkan berat tubuh. Riset sudah memperlihatkan serat dan protein bisa tekan hormon kelaparan, seperti ghrelin.

Ditambah lagi, riset tambahan sudah mendapati ke-2 gizi itu bisa menggerakkan pelepasan hormon yang membuat Anda berasa kenyang, seperti peptida YY, GLP-1, dan cholecystokinin.

Dengan meredam selera makan, mereka bisa menolong memotong konsumsi kalori Anda, yang menolong turunkan berat tubuh.

9. Mendukung Kehamilan yang Sehat

Wanita dianjurkan untuk makan banyak makanan kaya folat sepanjang kehamilan. Folat penting untuk perkembangan dan perubahan maksimal anak.

Tetapi, umumnya wanita tidak memperoleh cukup folat, yang dihubungkan dengan resiko cacat lahir yang semakin tinggi. Kacang hijau sediakan 80 % RDI untuk folat pada sebuah cangkir yang diolah (202 gr).