Urutan Film Star Wars 17 Juni 1997

BERITABURUNG – Bingung dengan urutan film Star Wars? Ingin menontonnya tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Kamu tidak perlu risau lagi karena dalam artikel ini, penulis akan menjabarkan urutan film Star Wars dari awal hingga akhir berdasarkan latar waktu kejadian

Star Wars merupakan film waralaba yang meraih kesuksesan besar di seluruh dunia. Kisah tentang galaksi ini mampu membius banyak orang dari berbagai kalangan.
Menjadi langganan box office hollywood, Star Wars telah hadir selama lebih dari 40 tahun dengan berbagai kisah menarik di dalamnya. Dalam ceritanya digambarkan karakter Jedi sebagai representasi kebenaran, sementara Sith merepresentasikan kejahatan.
Bagi kamu yang baru mengikutinya, langsung aja kita simak urutan film Star Wars seperti berikut ini.

Urutan Film Star Wars

Film Star Wars

1. Episode I: The Phantom Menace
Episode I: Film Star Wars The Phantom Menace berlatar 32 tahun sebelum kejadian Battle of Yavin (BBY) sekaligus memulai kisah dari Skywalker. Film ini menampilkan Anakin Skywalker, bocah berusia 9 tahun yang ditemukan oleh Jedi Master Qui-Gon Jinn di Tatooine.
Bocah tersebut ternyata memiliki ‘Force’, yakni medan energi yang menghubungkan semua kehidupan di alam semesta. Di sisi lain, seorang Dewa Sith bersekutu dengan sisi gelap Force, Darth Sidious untuk menghancurkan Jedi dan memanipulasi sistem politik Republik Galactic.
2. Episode II: Attack of the Clones
Pada Film Star Wars ini kisah Anakin berlanjut hingga beranjak remaja. Di seri ini juga menampilkan pemberontakan dari Jedi Count Dooku yang diam-diam merupakan murid Sith dari Darth Sidious alias Palpatine.
Pemberontakan tersebut bermaksud untuk menciptakan kekacauan politik. Menariknya, dalam film ini juga terdapat kisah romansa antara Anakin Skywalker dengan Padmé Amidala.
3. Episode III: Revenge of the Sith
Film Star Wars ini menceritakan ketika Obi-Wan Kenobi dan Anakin Skywalker diberikan misi untuk menyelamatkan Palpatine. Anakin yang tadinya baik justru berpindah haluan ke Sith.
Dalam seri ini juga memperlihatkan saat Padmé meninggal dunia setelah melahirkan buah cintanya dengan Anakin, sepasang anak kembar bernama Leia dan Luke.
4. Solo: A Star Wars Story
Film ini berlangsung sekitar 13-10 BBY yang menjadi spin off tentang Han Solo sebelum bertemu dengan Skywalker. Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan tentang kehidupan Han Solo dan kapal penting di galaksi bernama Millenium Falcon.
Kamu juga bisa mengetahui awal kisah persahabatan Han Solo dengan Chewbacca, makhluk planet berwujud kambing dengan bulu tebal.
5. Rogue One: A Star Wars Story
Rogue One: A Star Wars Story menghadirkan kisah baru dalam seri Star Wars. Film ini mengisahkan kemenangan besar pertama aliansi pemberontak untuk mencegah kehancuran hingga terciptanya Death Star, sebuah senjata paling mematikan.
6. Episode IV: A New Hope
Film ini terjadi pada 0 BBY. Di tengah perang saudara galaksi, Darth Vader berusaha untuk mengetahui rencana Death Star yang dicuri, sekaligus ingin menculik Putri Leia Organa.
Episode IV: A New Hope juga memperlihatkan serangkaian peristiwa ketika Luke Skywalker dan Han Solo bergabung dengan Aliansi Pemberontak.
Dalam film ini, Obi-Wan juga mengorbankan dirinya pada duel lightsaber melawan Darth Vader. Hal tersebut sekaligus menjadi kesempatan Death Star dan Leia melarikan diri.
7. Episode V: The Empire Strikes Back
Dalam Episode V: The Empire Strikes Back, Leia, Luke, dan Han bergabung kembali dengan Aliansi Pemberontak, dan melarikan diri dari kekaisaran.
Luke pun turut mengembangkan kekuatannya dengan belajar cara-cara ‘Force’. Dalam film ini pula Luke menemukan fakta jika Darth Vader adalah ayahnya.
8. Episode VI: Return of the Jedi
Setahun setelahnya, Aliansi Pemberontak menyerang Death Star II. Film ini menjadi salah satu seri terseru karena menampilkan konflik internal antara Darth Vader, dan anaknya, Luke.
Dalam film ini ayah dan anak tersebut terlibat dalam duel lightsaber, juga sebuah fakta jika selama ini Leia merupakan saudara kembar dari Luke.
9. Episode VII: The Force Awakens
Selanjutnya, waktu bergerak 30 tahun setelah film sebelumnya, setelah Death Star hancur. Mereka ingin memusnahkan Luke dan menjatuhkan kekuasaan Republik.
Di sisi lain, kelompok Resistance yang dipimpin oleh Leia menentang rencana tersebut. Pada film ini juga menampilkan anak dari Leia dan Han bernama Ben Solo yang jatuh ke sisi gelap dan menjadi Kylo Ren.
10. Episode VIII: The Last Jedi
Pada film Episode VIII: The Last Jedi, pertarungan kembali terjadi, dipimpin oleh Leia Organa. Film ini memberi jawaban tepat mengenai nasib Resistance.
Kylo Ren memerintahkan pasukan Orde Pertama untuk menembak Luke namun gagal untuk melukainya. Hingga kemudian dirinya melibatkan Luke dalam duel lightsaber.
Namun setelah melakukan penyerangan, Kylo menyadari Luke tidak hadir secara fisik melainkan telah memproyeksikan citranya melalui The Force.
Film ini memiliki ending menyedihkan ketika Luke meninggal dan bersatu dengan The Force.
11. Episode IX: The Rise of Skywalker
Episode IX:The Rise of Skywalker menjadi seri pamungkas dari film Star Wars. Konflik antara Rey dan Kylo menjadi sajian menarik dalam film satu ini.
Film Star Wars
Film ini juga berhasil menjawab semua pertanyaan yang muncul sejak Episode VII: The Force Awakens.