DANA Dukung Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang 2022

BERITABURUNG – Dompet Digital (e-wallet) DANA resmi diluncurkan pada 5 Desember 2018. Dompet digital DANA besutan Indonesia ini dirancang untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

dari berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, hingga dunia usaha baik online maupun offline Chief

Communication Officer Dompet Digital Chrisma Albandjar menjelaskan, dompet digital DANA menggunakan bank domestik dalam melakukan transaksinya.

Hal yang Perlu Diketahui Soal DANA

https://beritaburung.id/dana-dukung-pencegahan-dan-pemberantasan-pencucian-uang-2022/

Dengan begitu tidak ada aliran dana dari Indonesia ke luar maupun penguasaan dan pengendalian transaksi yang dilakukan oleh asing.Dina Artarini, Chief Legal Officer Dompet Digital Indonesia mengatakan, pihaknya begitu perhatian terhadap beragam kemungkinan yang mengancam pengguna dalam sistem keuangan digital.

Salah satunya adalah melakukan verifikasi pengguna sesuai dengan identitas penduduk resmi,hingga membekali setiap karyawan mengenai edukasi Anti-Money Laundering dalam proses bisnis yang berlangsung.

Jadi kehadiran Dompet Digital  tidak mengancam kedaulatan keuangan Republik Indonesia karena DANA bukanlah e-money asing.

Dompet Digital  juga dikembangkan oleh perusahaan rintisan (startup) yang berbadan hukum Indonesia yang dikembangkan oleh para programer muda Indonesia. Investor utama dari Dompet Digital adalah PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi kepemilikan mencapai 99 persen.

Elang Sejahtera Mandiri merupakan akan usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). EMTEK memiliki kerjasama dengan Ant Financial, pemilik Alipay.

Dengan kerja sama antara Emtek dan Ant Financial, Dompet Digital mendapatkan dukungan teknologi dari Ant Financial. Teknologi Alipay sudah diakui keamanan dan kehandalannya di dunia transaksi digital.

Izin Bank Indonesia

Dompet Digital telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang disyaratkan oleh BI sebagai lembaga teknologi finansial di Indonesia.

DANA hanya bekerja sama dengan bank-bank nasional, di antaranya Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN dan Bank Sinar Mas.

Dompet digitall Dompet Digital tidak menyimpan uang siapapun kecuali uang yang diletakkan di rekening penampungan (Escrow Account) untuk dana balance pengguna.

Sistem Dompet Digital dikembangkan sebagai dompet

“Meski demikian, Dompet Digital memastikan terjadi knowledge sharing kepada semua programmer muda Indonesia di Dompet Digital dan data transaksi dan data pengguna tetap berada di Indonesia

sesuai dengan PP 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PTSE),” tambah Chrisma.

menyimpan jumlah dana terbatas sesuai dengan regulasi Bank Indonesia dan standard keamanan.

Dompet Digital merupakan platform pembayaran digital yang mengusung open platform dan dapat digunakan oleh berbagai aplikasi, gerai-gerai online maupun konvensional manapun.

Dompet digital ini mengembangkan infrastruktur pembayaran digital dengan mempelajari best practice yang telah digunakan dan melayani ratusan jutaan pengguna dan telah terbukti keamanannya secara global

Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang

https://beritaburung.id/

“Kami akan patuh mengikuti proses yang berlaku dan berkomitmen untuk mendukung penuh berjalannya proses ini hingga akhir dengan menyampaikan praktik terbaik termasuk pemanfaatan regtech dalam penerapan prinsip KYC dan implementasi tindak pencegahan pencucian uang (TPPU) dan pendanaan terorisme (TPPT) dalam penyelenggaraan sistem pembayaran.

Besar harapan kami, keterlibatan Dompet Digital mampu menyempurnakan langkah Indonesia menjadi negara dengan integritas dan stabilitas sistem keuangan yang diakui dengan mendukung penuh pencegahan TPPU dan TPPT pada sektor keuangan,”

jelas dia dalam keterangan persnya, Jumat (5/8).

DANA Dukung Pencegahan

https://beritaburung.id/dana-dukung-pencegahan-dan-pemberantasan-pencucian-uang-2022/

Sejalan dengan salah satu prinsip Dompet Digital dalam memberi layanan keuangan digital, yaitu keamanan, Dompet Digital juga senantiasa memperkuat sistem keamanannya dengan menerapkan zero data sharing policy,

mengadopsi sistem berstandar internasional seperti sertifikasi ISO 27001:2013 maupun PCI-DSS, dan memitigasi risiko lewat teknologi Risk Engine.

“Kini, kemudahan proses KYC untuk melakukan verifikasi juga didukung oleh hadirnya DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) yang mampu mengautentifikasi wajah tidak hanya untuk melakukan login aplikasi, tetapi juga untuk membayar transaksi,” ungkap Dina.

DANA Pemberantasan Pencucian Uang

Dengan begitu, bertransaksi menggunakan Dompet Digital semakin aman dan juga memenuhi penguatan pelaksanaan APU PPT di mana pengguna terlindungi atas keamanan dana, data, serta adanya verifikasi atas transaksi miliknya.

“Selain terus mengoptimalkan layanan keuangan digital Dompet Digital , kami masih akan terus bekerja sama secara berdampingan dengan seluruh pihak terkait untuk menyukseskan agenda Pemerintah, untuk menjadikan Indonesia sebagai anggota penuh FATF hingga keputusan FATF yang direncanakan jatuh pada Februari 2023 mendatang,” tutup Dina