11 Tipe Kurma yang Termashyur di Timur tengah, Manis dan Legit Buat Candu

11 Tipe Kurma yang Termashyur di Timur tengah, Manis dan Legit Buat Candu

Tipe Kurma Saat Ramadan datang, buah kurma saat itu juga jadi sasaran banyak orang-orang, terpenting umat Muslim di dunia. Di Indonesia, buah kurma cuman tersedia banyak waktu pada bulan Ramadan dengan harga cukup dapat dijangkau. Sesudah Ramadan selesai, kurma jadi lagi buah yang cukup sangat jarang pada harga yang lumayan tinggi.

Walaupun sebenarnya di Timur tengah, kurma masuk di buah primer yang kerap dimakan seharian, Bela. Kurma sendiri terbagi dalam variasi macam dengan ciri bermacam-macam. Dimulai dari warna, struktur, ukuran, sampai cita-rasa juga berlainan, bergantung di mana kurma itu diperbudidayakan.

Mencari macam sumber, ada 12 model kurma asal Timur tengah yang cukup tenar. Sampai salah satunya berlangganan jadi buah import di Indonesia. Apa ada sebagai favoritmu ?

1. Ajwah

Tipe Kurma Ajwah diperbudidayakan di wilayah daratan tinggi Madinah, Arab Saudi. Disebut jadi kurma suci oleh umat Muslim sebab Ajwah sebagai type kurma pertama-tama yang diperbudidayakan oleh Rasullullah SAW.

Teksturnya halus dengan rasanya yang manis dan memiliki warna coklat-gelap, cenderung ke hitam. Kurma ini pula menaruh faedah buat kesehatan. Salah satunya buat menyelesaikan persoalan pencernaan, menghindari penyakit jantung dan menahan penyakit diabetes melitus.

2. Anbarah

Tipe Kurma

Ialah kurma anbarah atau anbar yang jadi satu diantara kurma paling mahal di Arab Saudi. Kurma berupa oval dengan warna merah ini diperbudidayakan di Madinah. Sekali kamu menggigit kurma anbarah, lidahmu ikut nikmati rasa yang manis yang esensial dengan teksturnya yang halus. Sesuai buat kamu yang punya gigi peka.

3. Ashraisih

Kekhasan kurma ini berada pada memiliki bentuk yang bundar ibarat telur. Tidak hanya itu, kurma ashraisi warna kuning-kehijauan saat masih mentah. Tapi, buah ini bakal berganti jadi cokelat kemerahan waktu ranum.

Bila kamu pengin nikmati kurma sebab rasa manisnya yang halus, rasanya kurma ashraisi bukan alternatif pas buatmu. Karena kurma asal Irak mempunyai tekstur padat dan miliki rasa yang renyah serta creamy, serupa dengan kacang.

4. Bahry

Banyak diperbudidayakan di Basrah, Irak, Tipe Kurma bahry memiliki nama. Kamu dapat mengatakan kurma ini berikut nama barhee, barhi, atau burhi. Model ini jadi komoditas export kurma sangat banyak dibuat di Irak.

Rasanya? Manis di mulut, halus di lidah, dengan daging buah yang tebal. Menyantap kurma bahry sejumlah 4-5 buah udah memberimu energi dan rasa kenyang lebih bisa cepat.

5. Bami

Tipe Kurma

Satu kembali Tipe Kurma unik Irak yang wajib kamu cicip karena kesedapan serta rasa manisnya yang memantik hasrat, Bela. Kurma bami atau tenar dengan panggilan burni, berny, dubayni, atau deboeni banyak diperbudidayakan di perkebunan kurma di wilayah Baghdad, Irak.

Kurma bami termasuk cukup banyak dijumpai di Irak. Tidak serupa dengan kurma yang lain yang miliki daging buah yang halus, bami malah memiliki tekstur memiliki serat. Sayang, produksi kurma ini tidak demikian meluap apabila diperbandingkan kurmah bahry.

6. Deglat Noor

Noor atau nur dengan bahasa Arab punya makna sinar. Begitu halnya kurma deglat noor yang punya makna kurma sinar. Diberi nama begitu, lantaran tipe kurma ini memiliki warna daging kurma kuning keemasan serta rasa yang gak demikian manis.

Budi daya kurma deglet juga noor menebar dari Aljazair, Tunisia, Libya, sampai Amerika Serikat. Bahkan juga kurma ini dapat kamu peroleh di Indonesia pada harga dimulai dari Rp 25 ribu per 250 g. Awalnya pernah mencoba, Bela?

7. Sukari

Setelah itu ada kurma sukari yang banyak digandrungi oleh warga Indonesia. Ini lantaran kurma sukari miliki rasa yang manis yang legit dengan daging buah yang halus saat digigit.

Karena ukuran yang besar serta panjang, tidak aneh kurma sukari kerap disebutkan kurma ratu atau kurma raja. Kurma ini datang dari tempat budi daya di Al Qaseem, Arab Saudi.

8. Ghars

Tidak ketinggal, Aljazair menjadi salah satunya negara Timur tengah pun punya perbudidayaan Tipe Kurma . Antara lainnya Kurma ghars atau rhars namanya.

Persis seperti kurma normalnya, ghars punyai rasa yang manis yang pekat dengan teksur yang halus. Normalnya buah ini dipanen di Agustus sampai September tiap tahunnya.

9. Hilali

Kurma hilali yakni kurma yang datang dari Masqat, Oman. Buah yang diperbudidayakan di Ibu-kota Oman ini biasa berbuah dalam akhir musim. Kurma hilali muda mempunyai warna kekuningan. Tetapi sejalan berjalannya proses pematangan, berwarna juga ikut beralih jadi cokelat kemerahan.

Rasanya manis dengan kulit mengkerut besar, dan daging buah yang memiliki serat. Sekali saja kunyah kurma ini, jadi kamu bakal disongsong kesan kenyal dan halus di lidah.

10. Khudri

Tipe Kurma

Ketimbang Tipe Kurma yang lain, kwalitas kurma khudri termasuk cukuplah baik serta sangat banyak di-export dengan global. Kesegarannya yang dapat tahan lama, kurma khudri kerap dibuat menjadi bahan baku pokok olahan kurma yang legit. Seperti selai, smoothies, kue, dan stick bars.

Ciri-khas kurma khudri berada pada daging buahnya yang memiliki serat dan halus, berbungkus struktur kulit yang kering. Warna buahnya lantas dimonopoli kuning kecoklat-coklatan, baik di sisi dalam serta luarnya.

11. Medjool

Sebelumnya, Tipe Kurma Medjool banyak ditanamkan di Maroko. Tetapi seiring waktu, sekarang kurma Medjool tersebarkan di luar Timur tengah, bahkan juga mulai diperbudidayakan di Amerika Serikat sampai Afrika.

Kurma Medjool adalah satu diantaranya type kurma yang sangat banyak ditemui di Indonesia. Rasanya yang manis seperti karamel sama ukuran makin lebih besar dengan warna lebih gelap daripada kurma yang lain.