Terlepas dari Intel, Apple Siap Bekali Mac dengan Processor Bikinan Sendiri

Terlepas dari Intel, Apple Siap Bekali Mac dengan Processor Bikinan Sendiri

Beritaburung  – Apple dengan cara resmi akan mengalihkan chip Mac memakai processor bikinan sendiri. CEO Apple, Team Cook, mengatakan sebagai “Hari Monumental untuk Mac”. Dia menguraikankan peralihan ke PowerPC, Mac OS X, dan kepindahnya chip Intel ke silikon ARM (Advanced RISC Machine) yang direncanakan khusus oleh team Apple di periode kedepan.

Apple

Apple akan melaunching Mac pertama dengan silikon di akhir tahun ini. Mereka memprediksi peralihan akan memerlukan waktu minimal 2 tahun. Mac terkini masih akan disokong oleh processor Intel, hingga Apple belum berpindah secara terbatas ke Mac berbasiskan ARM. Tetapi, ini ialah peralihan besar untuk Apple untuk menjauhi silikon berbasiskan Intel di Mac.

Tambahan paling besar yang diusung oleh chip ARM ini ialah kekuatan program iOS dan iPadOS untuk jalan secara native di macOS di periode kedepan. “Mayoritas program cuma akan berperan,” kata Apple, yang memiliki arti Anda segera dapat jalankan program macOS asli bersama program iOS asli secara bersebelahan.

Aple sudah pelajari mengenai processor sepanjang tahun sejak membuat silikon sendiri untuk iPhone sekian tahun lalu. Saat ini, untuk pertamanya kali semenjak tahun 2006, Appple bergerak menjauhi Intel untuk meningkatkan piranti kerasnya sendiri, diawali dengan processor A12Z Bionic.

Apple memberikan signal jika mereka mempunyai ketrampilan untuk melawan Intel di fragmen PC atau handphone, yang mana chip biasanya konsumsi semakin banyak daya listrik tapi tawarkan semakin banyak daya komputasi. Ini taruhan jika peluang keuntungan dari chip ARM – konsumsi daya yang lebih rendah, ongkos tambah murah, dan kontrol yang semakin besar atas gagasan produk—akan semakin besar dibanding masalah.

“Hal pertama yang hendak dilaksanakan ialah memberikan Mac tingkat performa yang serupa sekali baru,” ungkapkan Johny Srouji, wapres senior tehnologi piranti keras. Chip Mac memakai piranti keras untuk piranti mobile untuk management daya, diagram, kepandaian bikinan, dan keamanan piranti keras yang lebih bagus.

Appple mendemokan beberapa program penting yang telah diadaptasi untuk chip baru. Dia memperlihatkan Final Cut Pro mainkan tiga stream video 4K secara berbarengan, Lightroom menggulir dan menyesuaikan editan di daftar besar, dan Photoshop dipakai untuk mengubah gambar besar dengan pengoreksian yang sulit. Demonstrasi lain tampilkan Affinity Foto and Cinema 4D.

Dengan versus baru alat emulator Rosetta-nya, piranti lunak yang dicatat untuk Mac berbasiskan Intel akan berjalan pada mesin berbasiskan ARM yang baru. Appple mendemokan games Tomb Raider jalan pada resolusi monitor 1080p.

Apple akan memberikan dukungan Mac berbasiskan Intel sepanjang tahun, kata perusahaan itu. Yang akan datang, faksinya akan meningkatkan processor dengan tehnologi sama untuk iOS dan iOSPad.