Tempat Beribadah Hindu serta Ketentuan buat Memasukinya 2023

Tempat Beribadah Hindu serta Ketentuan buat Memasukinya

BERITA BURUNG – Tempat beribadah Hindu disebutkan dengan pura. Di Indonesia, pura terbanyak dijumpai di Bali, sebab sebagian besar warga pulau Dewata itu pengikut agama Hindu.

Tempat Beribadah

Mencuplik dari situs Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) selainnya menjadi tempat beribadah, pura jadi pusat pekerjaan umat Hindu, seperti bergabung, berbaur, meningkatkan budaya dan lain-lain.

Bersandiwara yang berada pada Bali banyak disinggahi pelancong untuk lihat kecantikan arsitekturnya. Tempat beribadah Hindu ini pastinya miliki peraturan di saat ingin memasukinya. Berikut Parboaboa bakal menerangkan review mengenai pura serta tata karma atau norma mendatanginya. Baca keterangan selengkapnya berikut ini ya.

Tempat Beribadah Umat Hindu

Penting buat kamu pahami kalau tempat beribadah umat Hindu adalah Pura. Ya, Pura jadi tempat beribadah umat Hindu buat kerjakan pemujaan ke Hyang Widhi Wasa dan semua prabhawa-nya dan Atma Sidha Dewata.

Nama pura ini diambil dari kata ‘pur’ yang berarti benteng. Kata itu dikatahui pun jadi istilah kahyangan dari kata ‘Hyang’ yang punyai makna baik, terhorhat dan mulia.

Menurut buku Pengajaran Agama Hindu serta Budi Pekerti Kelas V yang ditulus oleh I Ketut Darta dan Duwijo terbitan Balitbang Kemdikbud, pura bermakna lokasi yang diputari tembok dan diutamakan jadi tempat suci.

Pura Berdasar pada Peran

Tempat Beribadah

Berdasar pada perannya, tempat beribadah Hindu ini dibagi jadi 2:

Pura Jagat
Pura menjadi tempat umat Hindu menyembah Si Hyang Widhi dan manifestasinya.

Pura Kawitan

Tempat beribadah Hindu buat menyembah arwah suci kakek moyang.

Pura Berdasar Orang yang Menyembah

  • Pura jadi tempat umat Hindu yang sekeluarga atau ikatan kekeluargaan mengerjakan penyembahan. Umpamanya: Bantah dan Kawitan
  • Pura menjadi tempat umat Hindu masih satu wilayah atau lokasi mengerjakan pengaguman. Pura ini terdiri:
  • Pura Kampung atau Pura Bale Agung adalah tempat memuji Dewa Brahma selaku pembuat semesta alam.
  • Pura Puseh adalah tempat memuji Dewa Wisnu selaku pemelihara semesta alam
  • Pura Dalam, adalah tempat memuji Dewa Siwa selaku pelebur semesta alam.
  • Pura Segara, adalah tempat beribadah Hindu yang profesinya menjadi nelayan yang lakukan pengaguman
  • Pura menjadi tempat beribadah semua umat Hindu kerjakan pencintaan. Pura itu terdapat sifat umum. Contoh-contohnya: pura Besakih, pura Goa Lawah, pura Lempuyang Baik dan mulia, pura Baik dan mulia Uluwatu serta pura Watukaru.

Baca Juga Artikel Kami lainnya :  4 Pemain Kunci Barito Putera Buat Persija Kesulitan Waktu Berjumpa di BRI Liga 1: Teror Legiun Brasil

Jadi indormasi, nama kitab suci agama Hindu ialah Veda/Weda.

Tempat Beribadah

Ketentuan saat Akan Masuk Pura

Pura adalah tempat beribadah Hindu yang suci dan disucikan, dengan bagitu jelas ada sekian banyak ketentuan datang tempat beribadah umat Hindu itu. Tersebut sejumlah ketentuan waktu akan masuk wilayah pura.

1. Suci Secara Fisik

Peraturan pertama-kali yang harus dituruti ketika mulai masuk tempat beribadah umat Hindu ialah suci, ialah suci secara fisik ataupun suci secara psikologis. Contohnya, suci secara fisik untuk wanita yakni tidak diijinkan untuk masuk pura bila lagi pada situasi ada bulan atau haid.

2. Suci Secara Mental

Peraturan ke-2 yang perlu dilaksaan waktu mulai masuk ke arah beribadah Hindu merupakan suci secara psikologis . Maka, bila ada keluarga pengikut agama Hindu yang turunananya mendapatkan malapetaka kematian, jadi tidak dibolehkan masuk pura dalam periode saat yang udah dipastikan.

3. Memakai Baju yang Santun

Ketentuan sesudah itu yang wajib dipatuhi sebelumnya masuk ke rumah beribadah Hindu ialah penting pakai baju yang santun serta patut. Kebanyakan, umat Hindu yang bakal masuk pura memakai pakaian kebiasaan Hindu Bali.

Nach, semua tempat serta aturan yang telah ditulis sebelumnya, kebanyakan udah dipasang pada sisi depan dekat sama pintu masuk pura. Hal semacam itu diinginkan untuk siapa pun yang hendak masuk ke rumah beribadah Hindu harus membaca serta taati semua ketentuan supaya kesucian pura masih terpelihara dengan bagus.

Baca Juga Artikel Kami lainnya : Kata Pembawaan Bahasa Inggris dari A-Z Bersama-sama Makna dan Keterangan 2023