Seorang Seniman AI Diprotes Lantaran Utak-atik Lukisan Mona Lisa 2023

Seorang Seniman AI Diprotes Lantaran Utak-atik Lukisan Mona Lisa

Seniman AI Seorang seniman Artificial Intelligence (AI) Kody Young membuat kecewa beberapa orang yang menyatakan penyuka seni dikarenakan ‘mengotak-atik’ lukisan Mona Lisa, d ikutip dari Indy100, Jumat (2/6). Dia menggugah hasil kreasinya itu di Twitter. Pada umumnya, lukisan yang digambar Leonardo da Vinci ini tidak ada yang diganti aslinya.

Seniman AI

Tetapi, latarbelakang lukisan itu diperpanjang kreasi ia hingga dikuatirkan menciptakan pemaknaan-pemaknaan lain buat orang yang memandangnya. Buat penggemar seni, perpanjang latarbelakang lukisan siapa-siapa saja sama dengan tidak memuliakan seni tersebut. Sekalinya nampak cantik.

“Ini benar-benar menyeramkan dan salah dalam beberapa perihal. Betul-betul tidak menjunjung seniman dalam ketetapan inovatif mereka. Orang tidak bisa ambil alih dan menghancurkan kreasi seniman sesuai ini,” kata seorang membalasnya utas Twitter yang dibikin Kody.

Seniman AI

“Beberapa orang ini miliki salah paham fundamental mengenai seni. Background yang lain tak penting buat digambarkan, sebab itu aktris memutuskan buat tidak sertakannya,” opini seorang kembali.

Seniman AI Jadi Pergunjingan

Lukisan mempunyai nilai yang dibentuk pada 1503, populer digantung di Museum Louvre, Paris. Ukuran aslinya yakni 77 x 53 cm. Lukisan sensasional ini jadi pergunjingan berasal dari utas Kody.

Dia tuliskan di utas Twitternya yang diperhitungkan coba menjawab tanda pertanyaan besar beberapa orang berkaitan dengan lukisan latarbelakang lanjutan dari lukisan Mona Lisa.

“Awalnya pernah menanyakan semacam apa tersisa lukisan Mona Lisa? Saya gunakan AI dari @Adobe Firefly buat menolong isikan latar belakangnya. Berikut background lukisan terpopuler di dunia dengan AI,” catat Kody.

Seniman AI

Latar gambar belakang yang diperlebar pakai AI memperlihatkan pegunungan, awan, dan batu-batuan bergerigi. Kendati Kody cuman mendemostrasikan saja, realitanya bikin penyuka seni geram. Mereka tak senang dengan inspirasi makin banyak ornament di luar kanvas asli yang ditangani oleh seniman AI tersebut.

Ada keseluruhan 13 lukisan bernilai termasuk Mona Lisa yang dianya ‘panjangkan’ latar belakangnya. Misalnya lukisan punya Michelangelo bertopik The Creation of Adam, lalu lukisan bertajuk The Bedroom oleh Van Gogh dan A Sunday Afternoon on The Island of La Grande Jiatte punya Seurat. Dan, Nighthawks kreasi Edward Hopper.