Sains Teliti Ikan Rupanya Mempunyai Hati Pada 2023

Sains Singkap Ikan Rupanya Mempunyai Hati

Sains Study baru tunjukkan jika ikan bisa mengetahui perasaan takut pada ikan lain, selanjutnya jadi takut pula. Potensi ini ditata oleh oksitosin, zat kimia otak yang serupa yang memicu kemampuan empati yang terdapat pada diri manusia.

Banyak pengamat dari University of Calgary, Kanada, mendemokan dengan meniadakan gen yang berkaitan dengan produksi dan peresapan oksitosin di otak ikan zebra dan ikan tropis kecil yang kerap dipakai buat riset. Ikan-ikan itu mendadak jadi ikan yang antisosial. Mereka tidak sukses menjumpai atau mengganti tingkah lakunya saat ikan lain lagi kuatir.

Sains

Akan tetapi saat beberapa ikan yang diganti terima suntikan oksitosin, potensi mereka untuk rasakan dan merepresentasikan hati ikan lain seperti dipulihkan. Study itu pula perlihatkan kalau ikan zebra makin lebih mencermati ikan yang awalnya depresi.

“Mereka menyikapi ikan yang lain ketakutan,” kata pakar saraf University of Calgary, Ibukun Akinrinade, satu diantaranya pengamat yang disampaikan dari The Asahi Shimbun, Rabu (5/4).

Sains Analisis awal mulanya udah memperlihatkan jika oksitosin mainkan peranan mirip dalam menyebarkan perasaan takut di tikus. Kelanjutannnya, menurut Pakar Ekologi Kampus Stony Brook, Amerika Serikat (AS), Carl Safina, hal semacam itu dapat jadi dasar buat keberlangsungan hidup banyak hewan, terpenting mereka yang hidup berkerubung

Sains

“Wujud amat dasar dari empati yaitu ketakutan yang menyebar. Ini yakni perihal yang paling memiliki nilai selalu untuk hidup, apabila ada anggota grup lihat pemangsa atau bahaya yang lain,” papar Safina.

Menjadi dari hasil tugas ini, banyak ilmuwan saat ini mempunyai wawasan yang lebih bagus terkait biologi dibalik penyebaran emosi di ikan zebra. Namun club masih punya pertanyaan yang pengin mereka lakukan dengan study selanjutnya.

Sains

Pertama, apa penebaran emosi bekerja secara sama dengan emosi positif, atau cuma yang negatif seperti ketakutan yang barangkali berguna buat keberlanjutan hidup? Dan pasnya bagaimana? Kenapa oksitosin pengaruhi tabiat ikan?

Sains Meskipun demikian, hasil itu perlihatkan jika ikan dapat punya hati, seperti manusia dan spesies lain, walau hati mereka tidak sama dari makhluk lain.