Resep Roti Kelapa Pandan Halus, Pas untuk Sajian

Resep Roti Kelapa Pandan Halus, Pas untuk Sajian

Beritaburung – Jika ada acara di dalam rumah kadang kita tentu kebingungan ingin menyajikan cemilan apa, kan? Nach, untuk kamu yang ingin berkreatifitas dengan buat sendiri di dalam rumah bisa juga, lho. Selainnya irit bujet, pasti semakin lebih sehatkan dan bersih.

Gagasan cemilan ringkas yang dapat kamu bikin sendiri ialah roti kelapa pandan. Lewat resep roti kelapa pandan berikut ini, ditanggung masak roti tidak akan repot dan hasilnya nikmat!

1. Beberapa bahan yang penting dipersiapkan

Bahan Bahan
Bahan A:

400 g tepung protein tinggi
100 g tepung protein sedang
2 sdm susu bubuk
10 gr ragi instant
80 gr gula lembut

Bahan B:

3 kuning telur
100 g susu cair
air dingin seperlunya (keseluruhan bahan B saat ditimbang ialah 320 gr)
Bahan C:

80 gr butter
1 sendok teh garam
Topping:

messes seperlunya
Bahan unti kelapa (filling):

250 g kelapa parut
1 helai pandan
150 g gula lembut
150 mililiter air
1 sdt pasta pandan
20 gr margarin

 

2. Campur bahan A dan B

Resep Roti Kelapa Pandan

Masukan seluruh bahan A ke tempat. Aduk cukup sampai tercampur rata. Lantas, saring supaya hasil adonan roti lebih halus.

Tuangkan bahan B dengan bertahap dikit demi sedikit. Aduk sampai adonan bersatu. Yakinkan tidak ada adonan yang menggumpal.

3. Masak unti kelapa untuk isian

Masak inti kelapa
Persiapkan panci kukusan, lalu masukan parutan kelapa dan daun pandan yang diikat simpul ke panci. Kukus lebih kurang sepanjang 5 menit saja.

Selanjutnya, rebus air, gula, dan pasta pandan sampai mendidih. Masukan kelapa parut yang telah dikukus ke dalamnya. Masak sampai air berkurang. Lantas, api matikan.

4. Proofing adonan sampai megar

proofing adonan
Seterusnya, istirahatkan lebih dulu adonan sepanjang 20 menit supaya cepat kalis saat diuleni. Selanjutnya, campur bahan C ke adonan. Uleni sampai kalis.

Bulatkan adonan jadi satu, lalu tempatkan dalam mangkok. Tutup dengan kain dan diamkan megar 2x lipat sepanjang 45 menit.

5. Berilah isian dan panggang di oven

panggang
Kempiskan adonan, lalu untuk dengan berat masing-masing 50 gr. Gepengkan adonan dan berikan isian unti kelapa. Bulatkan kembali sekalian dibereskan. Ulang sampai adonan habis.

Tata adonan roti di loyang. Selanjutnya, tutup dan biarkan sampai megar. Sekalian menanti, panasi oven lebih dulu pada suhu 200°C.

Bila adonan telah megar, oleskan permukaan atasnya dengan susu cair. Tabur messes di atasnya untuk topping. Lantas, panggang hingga masak sama sesuai oven masing-masing.

Buat roti kuno buat gagasan cemilan nikmat satu ini mudah sekali, kan? Ditanggung hasilnya tentu halus dan memiliki serat, segera membuat, dech, gunakan resep roti kelapa pandan di atas untuk stock cemilan.