5 Panduan Perkuat Pukulan Smash Saat Badminton, Apa Saja?

5 Panduan Perkuat Pukulan Smash Saat Badminton, Apa Saja?

Beritaburung–Salah satunya pukulan yang perlu terkuasai oleh pemain badminton ialah smash. Smash sendiri sebagai pukulan keras yang menukik tajam. Pukulan ini umumnya dipakai untuk lakukan gempuran pada musuh. Smash menjadi satu diantara langkah untuk memperoleh point.

Untuk seorang pemula, pukulan ini jadi pukulan yang cukup sulit untuk terkuasai. Hal tersebut disebabkan karena faktor-faktor, yakni tenaga yang kurang, status yang keliru, langkah memagang raket yang keliru, dan tidak dapat mendapati momen yang pas saat memukul shuttlecock.

Supaya smash-mu kuat dan keras, ada lima panduan yang dapat kamu kerjakan. Baca sampai usai, ya!

1. Benahi langkah menggenggam raket

Pukulan Smash cara memegang raket

Salah satunya hal dasar yang perlu kamu kuasai supaya smash mempunyai power yang besar ialah langkah menggenggam raketnya. Saat akan lakukan smash, pastikanlah kamu menggenggam raket dengan forehand atau seperti jabat tangan.

Saat akan lakukan backhand smash Pukulan Smash, pegangan tangan ialah pegangan backhand dengan status jempol berada di bagian belakang. Salah menggenggam raket akan membuat smash kamu kurang kuat dan lambat.

2. Teratur lakukan push-up dan latihan beban yang lain

Pukulan Smash ilustrasi pushup
Saat lakukan smash, kemampuan tangan, khususnya pergelangan tangan sampai lengan, benar-benar dibutuhkan. Oleh karena itu, latihan beban seperti push-up atau angkat beban benar-benar direferensikan.

Bila dilaksanakan dengan teratur, otomatis latihan itu sanggup perkuat otot tangan kamu. Pukulan smash yang dibuat juga dapat memiliki tenaga.

3. Lakukan latihan drill Pukulan Smash

Pukulan Smash ilustrasi badminton
Supaya semakin terlatih dengan smash, latihan smash dengan sistem drill atau dilaksanakan secara berkali-kali dalam tempo tertentu dapat menolong kamu. Kamu tinggal ajak pelatih badminton atau rekanan untuk lakukan latihan ini.

Drill smash dilaksanakan secara terus-terusan dengan memberikan bola tinggi dan memukulnya sekencang mungkin. Latihan ini cukup meletihkan, tapi cukup efisien untuk tingkatkan kekuatan smash.

4. Teratur lakukan squat dan scissors jump

 Pukulan Smash ilustrasi fitness.
Selainnya mempunyai otot tangan yang kuat, peranan otot kaki pun tidak bisa dilalaikan. Kaki benar-benar berperanan untuk hasilkan smash yang kuat. Footwork atau pergerakan kaki yang gesit, kekuatan lompatan, dan status memukul yang pas akan tentukan kemampuan pukulan yang maksimal.

Supaya kaki kamu mempunyai otot-otot yang kuat, latihan seperti squat dan scissors jump bisa saja kegiatan rutin yang dapat kamu coba. Disamping itu, kamu bisa juga lakukan lari zig-zag supaya kegesitan kaki semakin baik.

BACA JUGA : 5-langkah-menggenggam-raket-badminton-yang-mana-unggulanmu

5. Memakai resistance band untuk menolong memperkuat pergelangan tangan

Pukulan Smash ilustrasi workout

Paling akhir, latihan memakai resistance band atau tali karet. Dapat disebut latihan ini jadi yang termudah, karena kamu perlu tali karet. Kamu dapat menariknya dengan bermacam gabungan pergerakan tangan.

Kamu tinggal menyangkutkan tali dengan sandaran kaki atau tangan, selanjutnya gerakkan tangan seperti smash, backhand, dan turun shot. Kamu bisa juga memakai latihan resistance band untuk pemanasan saat sebelum bermain Pukulan Smash.

Smash yang keras pasti memerlukan latihan badminton yang teratur dan stabil. Disamping itu, dibutuhkan latihan tambahan seperti push-up, angkat beban, dan drill supaya pukulan.