Mumi Rahasia Ditemui di Gurun China, Asal Usulnya Mengagetkan 2023

Mumi Rahasia Ditemui di Gurun China, Asal Usulnya Mengagetkan

BERITA BURUNG – Mumi Rahasia Ditemui Di gurun tempat Xinjiang, China, ada beberapa ratus mumi yang diawetkan dengan natural oleh udara kering gurun. Mereka diketahui sebagai mumi Tarim Basin atau Celungan Tarim.

Mumi Rahasia

Mumi aneh yang dari tahun 2.000 SM sampai 200 M ini membikin beberapa intelektual ingin tahu berkaitan riwayat mereka sebab punya beberapa ciri “Barat”. Diluar itu, mereka pun menggunakan kemeja wol bermacam warna,

Dari sisi penguburan mereka, periset mendapati sejumlah sisa kultur pertanian seperti hewan ternak (sapi, domba, kambing), gandum, jelai, milet, serta keju.

Dalam study baru yang diluncurkan jurnal Nature, pengamat memanfaatkan kajian genetik buat menelaah 13 mumi Tarim Basin, asal dari tahun 2100 sampai 1700 SM. Hasil study mendapatkan mereka turunan langsung Eurasia Utara Kuno (ANE), komunitas lokal pemburu-pengumpul yang bertempat di Stepa Eurasia dan Siberia.

Mumi Rahasia

Mumi Rahasia Grup ini lenyap kurang lebih 10.000 tahun kemarin, namun tapak genetik mereka dapat diketemukan di komunitas penduduk etika atau masyarakat asli di Siberia dan Amerika waktu ini. Begitu dilansir dari situs IFL Science, Senin (20/2).

Analisa baru menyebutkan, komunitas beberapa orang Tarim Basin atau Cengkungan Tarim ini bukanlah pendatang ke wilayah itu serta punya kakek-moyang orang lokal.

“Meskipun terisolasi secara genetis, orang Abad Perunggu di Cengkungan Tarim secara budaya sangatlah kosmopolitan – mereka bikin masakan mereka dengan gandum dan susu dari Asia Barat, millet dari Asia Timur, serta tanaman obat seperti Ephedra dari Asia tengah,” terang Christina Warinner, seseorang penulis senior study itu dan profesor Antropologi di Kampus Harvard.

Pengamat pun berkata mereka tidak begitu alami akulturasi atau percampuran dengan komunitas di area paling dekat, tetapi membuat
isolat genetik yang awalnya tidak dikenali yang peluang mengenyam kemacetan genetik yang ekstrim sebelumnya datang di wilayah itu. Ini cukup mengagetkan ingat komunitas lain banyak bersatu di Celungan Tarim sekian lama ini.

Keseluruhannya, hasil seterusnya menyorot bagaimana lokasi yang tak biasa ini mainkan andil yang betul-betul antik dalam budaya Era Perunggu di Eurasia, berperan selaku persilangan penting di antara Timur, Barat, Utara, serta Selatan.

Mumi Rahasia

“Merekonstruksi riwayat Mumi Rahasia Celungan Tarim punyai dampak transformatif di pengetahuan kita mengenai area itu, serta kami dapat menyambung study genom manusia purba di masa lain untuk memperoleh pengetahuan yang lebih dalam perihal histori migrasi manusia di stepa Eurasia,” terang Yinquiu Cui, penulis senior study dan profesor di Fakultas Pengetahuan Kehidupan Kampus Jilin China.