Langkah Membuat Pupuk Kompos Benar-benar Gampang, Ketahui Berbahan

Langkah Membuat Pupuk Kompos Benar-benar Gampang, Ketahui Berbahan

Beritaburung – Langkah membuat pupuk kompos bukan kasus susah. Bila kamu sukai berkebun dan ingin ketahui langkah membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga, baca artikel ini ya. Dalam artikel ini akan mengulas mengenai bagaimanakah cara membuat pupuk kompos

Pemahaman kompos

Pupuk Kompos
Kompos sebagai salah satunya tipe pupuk organik yang telah ada lama. Kompos ini terbagi dalam beberapa bahan organik yang telah alami proses pengeroposan karena terjadi hubungan di antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di pada bahan organik itu.

Bahan organik yang diartikan yakni seperti rumput, jerami, tersisa ranting dan dahan, kotoran hewan, bunga yang rontok, dan bahan organik yang lain. Seluruh bahan organik itu akan alami pengeroposan yang disebabkan oleh mikroorganisme yang tumbuh subur di lingkungan lembab dan basah.

Pada intinya, proses pengeroposan ini ialah proses alami yang umum terjadi di alam. Tetapi, proses pengeroposan dengan alami ini berjalan dalam periode saat yang lumayan lama, bahkan juga dapat capai beberapa puluh tahun. Untuk menyingkat proses pengeroposan, karena itu dibutuhkan ada kontribusi dari manusia. Bila proses pengomposan dilaksanakan secara benar, karena itu prosesnya cuma berjalan sepanjang 1 sampai tiga bulan saja, tidaklah sampai sekian tahun.

Kompos bermanfaat untuk tingkatkan daya ikat tanah pada air hingga bisa simpan air tanah semakin lama. Tersedianya air dalam tanah bisa menahan susunan kering pada tanah. Pemakaian kompos berguna untuk mempertahankan kesehatan akar dan membuat akar tanaman gampang tumbuh.

Kandungan hara pada kompos ini termasuk semakin sedikit dibanding pupuk anorganik. Oleh karenanya, pemakaiannya harus dilaksanakan dengan volume yang banyak untuk penuhi keperluan hara tanaman. Tetapi, bila disaksikan dari keuntungan yang dapat diberi kompos untuk tanah dan tanaman, rasanya tidak rugi bila harus memakainya walau harus dalam volume yang besar.

Keuntungan yang diberi kompos bukan hanya untuk sekarang ini, tapi untuk periode panjang, bahkan juga sampai berpuluh-puluh tahun setelah itu. Sekarang ini telah banyak warga yang mulai berpindah untuk memakai pupuk organik, satu diantaranya yakni kompos. Karena memakai bahan organik yang telah dipandang sampah, harga pupuk kompos juga relatif lumayan murah.

Langkah membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga bukan kasus susah. Saat sebelum kamu membuat kompos langsung, kamu harus ketahui dahulu sampah apakah yang pas digunakan sebagai pupuk kompos.

Sampah yang pas untuk jadi kompos
sampah organik
Walau bisa dibikin dari sampah rumah tangga, tetapi tidak berarti semua tipe sampah dapat menjadi bahan untuk membikin pupuk organik. Diambil dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, berikut sejumlah sampah organik yang bisa diganti jadi pupuk kompos:

– Sampah tersisa makanan dimulai dari sayur-sayuran sampai daging busuk.

– Kertas sisa atau tisu yang tidak kepakai kembali.

– Dedaunan dan rumput.

– Potongan kayu.

– Bumbu dapur yang telah kedaluwarsa.

– Bulu-bulu hewan yang rontok.

– Debu dari belakang almari es.

– Sampai kotoran hewan piaraan.

Pupuk Komposs

Sampah ini pasti sejenis organik alias bisa didaur ulangi. Nach, ada pula beberapa sampah daur ulangi rumah tangga tetapi tidak dapat digunakan untuk membikin pupuk kompos. Berikut beberapa bahan yang tidak bisa jadi kompos:

– Tumbuhan yang terserang penyakit.

– Kertas hadiah metalik.

– Boks minuman yang dilapis bahan metal.

– Kaca, besi, alumunium.

– Boks kardus makanan memiliki tekstur greasy (seperti boks pizza).

– Plastik.

– kaleng sisa makanan/minuman.

– botol.

Langkah membuat pupuk kompos
Pupuk kompos
Sesudah ketahui bahan apa yang dapat dan tidak dapat dipakai, yok lanjut mengulas langkah membuat pupuk kompos dari beberapa bahan itu.

Langkah membuat pupuk kompos dari sampah organik rumah tangga
Untuk membikin pupuk kompos, kamu perlu memerlukan beberapa alat dan bahan yang akurat. Berikut sejumlah hal yang penting kamu persiapkan.

Alat membuat pupuk kompos

– Tempat memiliki ukuran besar dengan penutup (tong atau ember)

– Sarung tangan
Bahan membuat pupuk kompos

– Sampah rumah tangga (dapat dari tersisa makanan atau sisa sayur)

– Tanah

– Air seperlunya

– Arang sekam

– kapur

– Cairan pupuk EM4 sebagai tambahan

Langkah membuat pupuk kompos

Pupuk kompos
– Langkah awal, persiapkan sampah rumah tangga yang hendak dibuat jadi pupuk kompos.

– Selanjutnya pisah sampah organik (tersisa makanan/dedaunan) dengan sampah plastik. Sampah organik berikut yang nanti akan dipakai untuk pupuk kompos.

– Lalu persiapkan tempat memiliki ukuran besar untuk membikin pupuk kompos. Yakinkan jika tempat yang dipakai harus diperlengkapi dengan penutup supaya pupuk yang dibikin tidak tercemar nanti.

– tahap selanjutnya, masukan tanah seperlunya ke tempat yang sudah berisi sampah organik. Tebalnya dapat kamu samakan dengan tempat dan jumlahnya sampah organik.

– Siram permukaan tanah itu memakai air seperlunya.

– Masukan sampah organik yang sudah digabung arang sekam (optional) dan kapur pertanian ke tempat.

– Yakinkan sampah diletakkan secara rata. Sedapat mungkin ketebalan sampah sama dengan ketebalan tanah

– Siram sama air yang sudah bersatu EM4.

– Masukan kembali tanah ke tempat. Ini kali tanah berperanan sebagai penutup sampah.

– Tutup tempat dengan rapat dan diamkan sekitaran tiga minggu.

– Lihat ini saat membuat pupuk kompos sendiri di dalam rumah.

– Yakinkan tempat pembikin pupuk kompos tidak tercemar oleh air hujan dan hewan.

– Yakinkan jika tempat tidak terserang pancaran cahaya matahari.

Bila semua sudah dilaksanakan, sekarang kamu langsung bisa memakai pupuk organik ini untuk memupuk semua tipe tanaman yang ada dipekarangan rumah.

Begitu pembahasan mengenai langkah membuat pupuk kompos. Benar-benar gampang kan? Mudah-mudahan artikel ini menambahkan wacana kamu dan berguna. Selamat mempraktikkan.