Langkah Hapus Tapak jejak Digital, Agar Tidak Menyesal di Selanjutnya

Langkah Hapus Tapak jejak Digital, Agar Tidak Menyesal di Selanjutnya

Beritaburung – Pemakai internet akan tinggalkan tapak jejak digital saat menjelajahi internet. Terhitung info berkaitan situs yang sempat dimasuki, e-mail yang dibagi, penelusuran di sosial media, sampai info yang dikirimkan saat mendaftarkan ke situs atau layanan online apa saja.

Ada langkah untuk hapus tapak jejak digital itu supaya hidup semakin nyaman. Berikut ringkasannya:

Dengan langkah ini, program tidak merekam website yang dituju dan tidak simpan kata kunci yang dipakai pemakai. Tetapi harus diingat ini bukanlah maknanya Anda bisa lolos dari pemantauan.

Misalkan saat masuk ke Facebook, sosial media itu akan merekam kegiatan yang sudah dilakukan. Untuk tutupi ISP, pakai VPN saat memakai internet.

Anda harus juga memeriksa apa jadi korban dari kebocoran data, ingat banyak kasus yang menerpa beberapa basis akhir-akhir ini terhitung Yahoo dan Adobe. Triknya dengan memakai situs Have I Been Pwned? untuk ketahui apa data sudah bocor.

 jejak digital

Sesudah masuk ke web, isi alamat e-mail yang dipakai. Seterusnya akan kelihatan apa data yang Anda punyai pernah merasakan kebocoran atau mungkin tidak.

Langkah ini membikin tidak ada website yang dapat mencari Anda. Hapus cookie bisa dilaksanakan di semua browser seperti Krom dan Firefox.

Cookie dapat dihapus satu demi satu atau semuanya secara sekalian dengan kontribusi faksi ke-3 seperti Advanced Sistem Optimizer.

Beberapa data kemungkinan dicari oleh program. Tetapi salah satunya biarkan pemakai memakai model Incognito bila disuruh.

Seharusnya check terlebih dahulu penataan program untuk hentikan pencarian. Bila tidak mendapati pilihan itu, hapus semua kegiatan lewat cara manual. Proses itu bervariatif tergantung pada mekanisme operasi yang dipakai.

Beberapa program memercayakan penyimpanan data pemakai secara lokal atau cloud, jadi bisa menyambungkan info ke piranti lain. Maknanya untuk hapus log penelusuran dari handphone hapus catatan di beberapa basis.

Misalkan account Google simpan kisah penelusuran dari handphone Android Anda. Untuk menghapusinya, akses Google dari situs dan membuka halaman kisah kegiatan lalu hapus.

Pengepul data, seperti Spokeo, Whitepages.com dan PeopleFinder, akan kumpulkan info dan menjualnya ke faksi ke-3 . Service DeleteMe atau DesseatMe dapat menolong untuk bersihkan tapak jejak digital.