Labbaik Allahumma Labbaik Maknanya Pemenuhan, Ini Keterangan Selengkapnya

Labbaik Allahumma Labbaik Maknanya Pemenuhan, Ini Keterangan Selengkapnya
Bacaan ciri khas sewaktu ibadah haji dan umrah

11 Juli 2023
Labbaik Allahumma Labbaik Artinya Pemenuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

BERITA BURUNGWaktu menyaksikan video orang yang melaksanakan beribadah di Tanah Suci, barangkali kamu kerap dengar kalimat labbaik allahumma labbaik. Yap, kalimat itu memang kerapkali dilantunkan oleh umat Muslim yang lagi berhaji atau umrah, serta diketahui selaku kalimat talbiyah.

Ingin ketahui lebih dalam perihal kalimat talbiyah? Yok, cari info makna dari labbaik allahumma labbaik dan arti didalamnya!

1. Artian talbiyah
Labbaik Allahumma Labbaik Artinya Pemenuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Labbaik Allahumma Labbaik Berarti Pemenuhan, Ini Keterangan Kompletnyapexels.com/yasir-gürbüz
Jika dibahas dari sisi bahasa, jadi talbiyah bermakna pemenuhan, jawaban, atau pengabulan pada suatu panggilan, dengan niat dan tulus. Dan secara makna, kalimat talbiyah maknanya kalimat pernyataan yang disampaikan untuk penuhi panggilan Allah SWT pada kondisi berihram waktu haji atau umrah.

2. Bacaan talbiyah
Labbaik Allahumma Labbaik Artinya Pemenuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, dia mengatakan kalau kalimat talbiyah yang disampaikan Rasulullah SAW merupakan:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ

Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.

Maknanya:

“Saya penuhi panggilan-Mu, ya Allah, saya penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu, saya penuhi panggilan-Mu. Kenyataannya semua puji, nikmat serta kerajaan bagi-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu.”

Walau begitu, di sebuah hadis, Nafi’ mengucapkan kalau ‘Abdullah bin ‘Umar menambah kalimat talbiyah dengan lafaz:

لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ بِيَدَيْكَ لَبَّيْكَ وَالرَّغْبَاءُ إِلَيْكَ وَالْعَمَلُ

Labbaik labbaik wa sa’daik wal khoiru biyadaik war roghbaa-u ilaika wal ‘amal.

Maknanya:

“Saya penuhi panggilan-Mu, saya penuhi panggilan-Mu, saya penuhi panggilan-Mu dengan suka hati. Semua kebaikan ada dalam tangan-Mu. Semua angan-angan serta ibadah cuma buat-Mu).” (HR. Bukhari no. 1549 serta Muslim no. 19).

Tak ada pembatasan di dalam menambah atau kurangi kalimat talbiyah. Karena, saat kawan akrab memberi ucapan kalimat itu dengan tambahan atau pengurangan, Rasulullah SAW tidak memberinya teguran.

3. Pengertian talbiyah
Labbaik Allahumma Labbaik Artinya Pemenuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Sesudah mengenal jika labbaik allahumma labbaik maknanya jawaban atau pemenuhan, karenanya kamu harus juga dapat mendalami apa arti dibalik kalimat itu.

Labbaik Allahumma labbaik berarti “saya penuhi panggilan-Mu”, bermakna rasa sukur serta bentuk ketaatan seseorang hamba pada Si Pembuat. Dikarenakan, sama yang kamu pahami, jika cuma beberapa orang terpilihlah yang dimampukan buat melaksanakan beribadah ke Tanah Suci.

Laa syarika lak mempunyai makna “tidak ada sekutu bagi-Mu”. Tujuannya, sewaktu kamu menggenapkan niatan buat ibadah di muka Ka’bah, jadi kamu udah mengaku jika tak ada lagi Tuhan kecuali Allah SWT. Kamu tak menyekutukannya, dan tak juga melakukan hal syirik kepada-Nya serta agama-Nya.

Disaksikan dari artinya, karenanya kalimat talbiyah memperlihatkan jika beribadah yang kamu melakukan dilalui tulus serta sekedar cuman ingin rida Allah SWT.

4. Hukum dan waktu membaca talbiyah
Labbaik Allahumma Labbaik Artinya Pemenuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Menurut jumhur atau sebagian besar ulama, menilainya jika hukum membaca kalimat talbiyah ialah sunnah muakkad, atau jangan sempat kamu wafatkannya. Oleh karenanya, bacaan talbiyah sudah disetujui serta punyai tuntanan.

Sedang buat membaca kalimat talbiyah tersebut, jemaat haji serta umrah mulai bisa mengatakannya seusai melaksanakan niatan ihram. Buat waktu usainya, diperbedakan beribadah yang lagi kamu laksanakan.

Apabila ibadah umrah, karenanya talbiyah selesai waktu kamu mengawali tawaf.
Jikalau ibadah haji, talbiyah tuntas waktu kamu melemparkan jumrah saat Iduladha, atau tanggal 10 Dzulhijjah.

5. Ketidaksamaan buat laki laki dan wanita
Labbaik Allahumma Labbaik Artinya Pemenuhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dalam hadis yang pernah sebelumnya diriwayatkan Rasulullah, beliau mengucapkan untuk mengucapkan talbiyah dengan suara yang keras.

عَنْ خَلَّادِ بْنِ اَلسَّائِبِ عَنْ أَبِيهِ ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ ( قَالَ: أَتَانِي جِبْرِيلُ, فَأَمَرَنِي أَنْ آمُرَأَصْحَابِي أَنْ يَرْفَعُوا أَصْوَاتَهُمْ بِالْإِهْلَالِ رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ، وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّانَ

Maknanya:

Dari Khallad bin As-Saa-ib, dari ayahnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jibril tiba kepadaku, lalu memerintahku supaya saya memerintah teman baik-sahabatku keraskan nada mereka dengan bacaan talbiyah.” (Diriwayatkan oleh Imam yang lima. Hadits ini sah menurut Tirmidzi serta Ibnu Hibban).

Dari terdapatnya hadis di atas, jumhur ulama sependapat kalau membaca talbiyah dengan suara keras cuman direkomendasi buat lelaki. Sedang untuk wanita, kalimat talbiyah cukup hanya disampaikan suara lirih, atau didengarkan buat diri sendiri serta orang yang berada di sebelahnya.

Sehingga itu makna labbaik allahumma labbaik atau kalimat talbiyah, serta beberapa petunjuk yang lain. Mudah-mudahan dapat menolongmu, Bela.