Kemungkinan The Metaverse pertama adalah MMORPG

Kami saat ini sedang menjalani momen luar biasa dalam sejarah MMORPG. Setelah kekeringan MMORPG yang berlangsung selama sebagian besar dekade terakhir, kami telah memasuki era di mana studio besar yang mapan serta studio independen kecil sedang membangun beragam visi dunia unik yang ingin mereka ungkapkan di depan mata kita yang selalu kritis. , dalam aspirasi uang hasil jerih payah kami. Baru-baru ini, kami telah memperhatikan bahwa sejumlah pengembang dan perusahaan bekerja keras untuk membangun Metaverses, yang ditujukan langsung pada ruang online yang luas yang memadukan pengalaman nyata dan virtual. Dari perspektif luar, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Bukankah Metaverse hanyalah jenis MMORPG lain?” Jawabannya rumit.

Kemungkinan The Metaverse pertama adalah MMORPG

Pertanyaan pertama Anda yang mungkin Anda tanyakan adalah, “Apa itu Metaverse?”. Pertanyaan itu sebenarnya jauh lebih sulit untuk dijawab daripada yang mungkin Anda perkirakan – (Kami memiliki fitur mendatang yang sangat menarik yang menyelidiki hal ini secara khusus – jadi pantau terus!). Mungkin menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa sebenarnya tidak ada pemahaman atau definisi istilah Metaverse yang diadopsi secara luas, tetapi menurut standar saat ini, sebagian besar pengembang yang memilih untuk menyebut game atau platform mereka sebagai Metaverse menetapkan beberapa atau semua hal berikut:

  • Metaverse adalah lingkungan virtual yang luas
  • Pengguna berinteraksi melalui Virtual Reality atau Augmented Reality
  • Lingkungan mencakup interaksi yang terkait dengan pengalaman dunia nyata
  • Ada beberapa pengalaman unik yang dibangun dalam satu metaverse
  • Beberapa cara konten yang dibuat pengguna dimungkinkan (dan dalam banyak kasus diperlukan)
  • Perlu ada ekonomi digital yang ekstensif
  • Interaksi harus dialami sama dengan bagaimana pengguna memanfaatkan media sosial

Penting untuk dicatat bahwa ide-ide ini tidak selalu salah. Dari sudut pandang orang awam, mungkin sulit untuk membayangkan representasi visual Metaverse yang tidak didasarkan pada apa yang Anda yakini sebagai Metaverse di masa lalu. Mari kita lihat sekilas contoh Metaverse yang dideskripsikan sendiri.

Kemungkinan The Metaverse pertama adalah MMORPG

Metaverse Roblox

Apakah Anda menganggap Roblox sebagai MMORPG? Setidaknya ini adalah sejenis MMOG, tetapi dalam dunia Roblox, ada pengalaman yang dibuat untuk menarik para pemain MMORPG. Roblox juga menciptakan dirinya sebagai pemain utama dalam pembuatan Metaverse. Dengan ribuan proyek buatan pemain di seluruh dunia Roblox yang luas, dan pengalaman kolaboratif, beberapa di antaranya termasuk pertunjukan virtual langsung dan upacara penghargaan, Roblox tentu saja mencapai target pada banyak aspek yang diperjuangkan pengembang dalam pembuatan Metaverses mereka. Roblox bahkan memiliki dukungan Virtual Reality, dan memungkinkan pengguna untuk menyediakan konten dengan imbalan Robux yang kemudian dapat diuangkan dengan uang sungguhan – tidak seperti banyak permainan untuk mendapatkan game yang saat ini sedang dikembangkan oleh banyak studio berbasis blockchain.

Sebagai perbandingan, game virtual lain memiliki fitur serupa, meskipun tidak sepenuhnya tangguh. Fortnite terkenal dengan konser dan pemutaran film mereka, bersama dengan ruang hangout sosial dan banyak kolaborasi dunia nyata. Jika kita melangkah lebih jauh di bagian “ruang Metaverse”, game seperti Phantasy Star Online 2 bahkan bisa masuk ke dalam kategori mirip Metaverse, dengan dua game yang benar-benar terpisah di mana avatar tunggal Anda dapat bertransisi bolak-balik dalam pengalaman multi-versal. Ada juga konser, dan kolaborasi, dan banyak ruang sosial bagi pemain untuk berinteraksi. Namun, sulit untuk meyakinkan siapa pun bahwa Phantasy Star Online 2 dalam inkarnasinya saat ini adalah Metaverse, tetapi ketika Anda terjun lebih dulu ke alam semesta virtual , persamaan terkadang lebih menonjol daripada perbedaan.

Sekarang, mari kita kembali ke Roblox sejenak. Fitur-fitur Roblox mencakup banyak dari apa yang dibutuhkan oleh game-game lain ini, dengan beberapa pengecualian kecil. Kehadiran VR Roblox umumnya cukup kecil, dan bukan komponen atau pilar yang diperlukan dari daya tarik intinya. Ekonomi dalam game dan kemampuan untuk mendapatkan Robux yang nantinya dapat Anda tukarkan dengan uang sungguhan tentu saja merupakan upaya yang menarik bagi pembuat konten yang berjiwa wirausaha, tetapi apakah itu pedang yang ingin kami gunakan untuk menentukan apa itu Metaverse? Jika Fortnite atau Phantasy Star Online 2 memutuskan untuk menerapkan NFT besok, apakah itu tiba-tiba “meningkatkan” merek mereka dari game ke Metaverse?

Ini The Metaverse

Sampai saat ini kami telah melihat beberapa game, fiturnya, dan bagaimana beberapa aspek sejalan dengan Metaverse. Apa yang belum kita lakukan adalah melihat “Metaverse” dan melihat apakah itu sejalan dengan apa yang kita ketahui tentang MMORPG. Untungnya, kami memiliki contoh Metaverse yang sangat bagus yang pada awalnya tidak disebut sebagai game apa pun, Meta’s Horizon Worlds. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Horizon Worlds, ini pada dasarnya adalah ruang sosial virtual di mana pengguna dimaksudkan untuk dapat hang out, membuat konten, bermain game, dan mengambil bagian dalam pengalaman bersama.

Dalam banyak hal, pengalaman dan permainan Horizon Worlds memenuhi dasar-dasar dari apa yang kita sebagai gamer MMORPG akan akui, tetapi kemudian dengan cepat mengabaikannya, sebagai MMORPG asli. Sementara headset Oculus telah ada selama beberapa tahun, dan judul Oculus yang sesuai dengan tagihan MMORPG memang ada, pengalaman khusus tersebut tidak secara inheren ada di dojo ini. Dalam skema besar adopsi VR, saat ini judul VR terobosan di sebagian besar genre game belum mencapai popularitas arus utama. Meta, bagaimanapun, tidak bermaksud untuk membuat MMORPG, tetapi dunia virtual yang berencana untuk menampung ribuan pengguna di ruang yang mengharapkan pengalaman seperti game yang imersif, yang seharusnya berdiri sebagai MMORPG secara inheren.

Tapi fakta menariknya, ini bukan MMORPG. Bahkan mungkin bukan MMOG

Pengalaman dan mini-game di ruang sosial, di mana tidak ada pencapaian, kemajuan, arahan, atau insentif yang diperlukan, sebenarnya bukan game sama sekali. Perbedaan ini lebih penting daripada yang disadari banyak pemain. Saat ini, kami memiliki banyak “Metaverses” dalam produksi, banyak di antaranya menyebut diri mereka sebagai game. Mereka juga memperluas pengaruh mereka melalui teknologi berbasis blockchain, di mana mereka menggunakan tokennomics dan NFT sebagai sarana untuk menarik pembuat konten untuk membangun pengalaman. Dalam banyak kasus ini, kami tidak benar-benar melihat studio membuat game. Sebaliknya, mereka memanfaatkan platform di mana mereka mengharapkan para pemain untuk tidak hanya membuat “Metaverse” tetapi juga konten game yang sebenarnya. Apa yang dibuat pemain, bagaimanapun, mungkin bukan permainan sama sekali, karena itu bukan persyaratan untuk pembuatan.

Jadi, saat Anda mungkin berada di dunia virtual, bercokol dalam pengalaman menghibur dengan pemain lain, dengan avatar yang mungkin memiliki peran berbeda dari yang Anda mainkan di kehidupan nyata, Anda mungkin berada di Metaverse, tapi itu tidak’ t berarti itu MMORPG.