Jakarta Formula E tertunda 2 tahun

Formula E debut pertama kali di

Jakarta e-Prix Indonesia

 

Setelah berbagai kontroversi dan beberapa penundaan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, Jakarta akhirnya siap menjadi tuan rumah motorsport listrik Formula E pertamanya pada hari Sabtu di Pantai Ancol, Jakarta Utara. Ini adalah acara balap internasional kedua yang diadakan di negara ini tahun ini setelah Grand prix MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika yang baru dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada bulan Maret. Acara di Jakarta akan menjadi putaran kesembilan Formula E musim ini. Menurut situs web Formula E, aksi hari Sabtu akan berlangsung dengan latihan bebas mulai pukul 7: 15 pagi. Waktu Jakarta, sesi kualifikasi pukul 10.40 pagi dan balapan mulai pukul 3 sore.

FORMULA E
FORMULA E

Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA akan debut di Indonesia pada 4 Juni ketika e-Prix Jakarta pertama kali berlangsung di babak 9 dari 16 musim balapan.

Sebelas tim dan 22 pembalap akan bersaing di Sirkuit E-Prix Internasional Jakarta

Sirkuit E-Prix Internasional Jakarta
Sirkuit E-Prix Internasional Jakarta

Di Pantai Ancol, dengan perebutan gelar juara di ujung pisau hanya dengan 16 poin-kurang nyaman dari yang ditawarkan untuk satu kemenangan-membagi tiga pembalap teratas.

Dengan delapan putaran dan lima pemenang balapan yang berbeda dalam buku, pemimpin Stoffel Vandoorne dari Mercedes-EQ, mengepalai Edoardo Mortara dari ROKiT Venturi Racing dan juara ganda DS TECHEETAH Jean-Eric Vergne.

Baca juga artikel : Review Mobil dari Apple’s 2022

Mercedes-EQ telah mencuri pawai di kejuaraan tim setelah kemenangan kedua yang dominan musim ini untuk juara bertahan Nyck de Vries di Berlin. Tambahkan ke bahwa sepasang podium milik rekan setimnya Vandoorne dan itu adalah beberapa tangkapan untuk raksasa Jerman di kandang pada akhir pekan masa depan tim menjadi jelas, dengan McLaren mengambil kendali skuad pemenang gelar dari musim 9.

Vergne melanjutkan rekor mencetak golnya, sekarang di delapan balapan dan satu-satunya pembalap dengan rekor 100 persen pada 2021-22. Orang Prancis itu putus asa untuk kemenangan balapan pertama musim ini, tetapi satu-satunya juara ganda dan berturut-turut Formula E hanya 16 poin dari pemimpin Vandoorne dengan delapan putaran yang akan datang.

Bentuk kuat Jaguar TCS Racing Mitch Evans berlanjut dengan lebih banyak poin di Berlin, menindaklanjuti kemenangan Roma – ganda dan perak di Monaco.

Robin Frijns (Envision Racing) lolos ke urutan ke – 20 untuk balapan satu di Tempelhof yang terbukti mahal-pelatih asal Belanda itu memiliki kecepatan enam besar paling buruk sepanjang akhir pekan. Namun, ia hanya dua poin kembali dari Evans di kelima, meskipun pasangan telah jatuh 12 di belakang ketiga di klasemen.

Juara dunia yang berkuasa De Vries menarik dorongan dominan keluar dari kantong di kandang untuk Mercedes-EQ di babak 8 untuk membalas setelah menjalankan dua poin dari empat balapan dengan cara terbaik.

Baca juga artikel : Alasan artis sibuk terjun ke NFT ada Justin Bieber punya BTS

Jakarta e-Prix

FORMULA E
FORMULA E

Mewakili wilayah yang belum dipetakan untuk bidang Formula E dengan kelembaban tinggi, panas yang membakar, dan bagian unik Jakarta International E-Prix Circuit yang unik dan campuran bagian teknis dan kecepatan tinggi yang ditetapkan untuk memberikan tes nyata.

Sirkuit sepanjang 2,37 kilometer, 18 putaran dimulai dengan sektor pembukaan yang ketat setelah berjalan lama di start/finish lurus sebelum serangkaian tikungan cepat, lurus panjang, dan tikungan alami berkecepatan tinggi.

Akan ada banyak ruang untuk manuver ke kanan-hander di Turn 1

formula e in jakarta
formula e in jakarta

Sebelum Driver kepala ke serangkaian mengalir bergantian yang menukik oleh Ancol Beach City. Sektor terakhir adalah kompleks yang rumit setelah hander kanan yang cepat di tikungan 12 dan satu lagi lurus ke dalam apa yang tidak diragukan lagi akan menjadi Jepit Rambut Turn 13 yang sibuk datang balapan. Sudut lain membelok di Turn 16 datang sebelum hander kiri rumit di Turn 18 yang putaran keluar lap dengan ketapel yang kuat turun lurus rumah panjang.

Trek unik ini mungkin dibangun dalam waktu tercepat dalam sejarah Formula E dan akan menciptakan platform baru untuk pengembangan motorsport di Jakarta.

Formula E telah hadir secara reguler di Asia sejak dimulainya kejuaraan pada 2014-15, dengan 16 balapan di lima lokasi sejauh ini. Formula E E-Prix pertama diadakan di Beijing sementara balapan ke-50 diadakan di Hong Kong, dengan semua balapan berlangsung di Sanya di Cina, Putrajaya di Malaysia dan Diriyah di Arab Saudi.

Musim ini di Asia akan memuncak dalam seri ganda balapan di Seoul, Korea Selatan, kota debut lain untuk kejuaraan.