Ikan Warna Warni dari Maladewa Ini Punya Kemampuan Ubah Jenis Kelaminnya

Ikan Warna Warni dari Maladewa Ini Punya Kemampuan Ubah Jenis Kelaminnya

Beritaburung – Ikan dengan badan warna jelas namanya rose veiled fairy wrasse (cirrhilabrus finifenmaa) adalah makhluk hidup yang bisa mengganti wujud tubuh dan tipe kelaminnya bersamaan perubahannya.

Ikan-ikan yang bisa diketemukan disekitaran Kepulauan Maladewa itu berlainan dengan ikan-ikan lain, tidak cuma bisa mengganti tipe kelamin, tetapi ikan itu tinggal pada kedalaman 40-70 mtr. di permukaan laut.

Maladewa

Tubuhnya yang sebesar jemari orang dewasa tidak membuat kelompok ikan itu takut untuk tinggal di Zone Mesofotik yang berada antara perairan dangkal yang bisa ditembus cahaya matahari dan laut dalam yang gelap.

Team periset juga kesusahan untuk capai zone perairan tempat barisan ikan itu hidup. Tetapi team periset ikhlas menuruni permukaan air beberapa jam lama waktunya agar bisa mempelajari dan memfoto ikan-ikan itu.

“Zone Mesofotik adalah wilayah yang sedikitnya dieksploitasi di terumbu karang. Tempat ini biasanya berada pada kedalaman yang canggung – kurang cukup dalam untuk disurvey dengan kapal selam, terlampau sulit untuk ditelusuri dan dikeruk, dan terlampau dalam untuk menyelam dengan tehnik skuba tradisionil,” terang rekanan pos-doktoral Museum Institut Riset Kelautan Australia, Yi-Kai Tea, diambil dari The Guardian, Jumat (21/10).

Awalnya ikan yang diberi nama “finifenmaa” memperoleh namanya dari bunga nasional Kepulauan Maladewa yang warna merah muda. Ikan itu awalannya lahir dengan tipe kelamin betina, tetapi bersamaan perubahan jadi dewasa ikan itu mengganti tipe kelaminnya jadi jantan.

Warna yang jelas dan mengagumkan juga dikeluarkannya sepanjang musim kawin untuk menarik barisan betina.

Di Maladewa sendiri ikan itu jadi sasaran beberapa orang. Team periset ketahui jika ikan-ikan itu mulai diambil dari rumah alaminya dan dipasarkan. Tapi mereka mengatakan kehidupan ikan-ikan itu tidak terancam.

Ikan ini bukan salah satu ikan spesies wrasse yang sempat diketemukan. Pada 2019 lalu, team periset sukses mendapati ikan spesies wrasse namanya vibranium fairy wrasse (cirrhilabrus wakanda) di laut lepas Zanzibar, Tanzania.

Ikan itu berbeda bersamaan perubahannya, dari betina beralih menjadi jantan yang warna kuning jelas.

Dalam menyebut ikan itu, periset di inspirasi dari film Marvel dengan judul “Black Panther”. Argumen periset menyebut ikan itu “wakanda” karena ketrampilan barisan ikan untuk sembunyikan diri dan tinggal jauh dari permukaan air. Kata “vibranium” sendiri datang dari warna pakaian yang digunakan warga Wakanda.