5 Lulusan Sekolah tinggi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga Inggris

5 Lulusan Sekolah tinggi FC Basel Terbaik yang Bermain di Liga Inggris

FC Basel sebagai team Swiss terpopuler dan dikenali oleh pemirsa sepak bola kekinian. Selain kerap jadi perwakilan Liga Champions Eropa, Basel dibela oleh pemain prospektif yang bernama sukses menjelma sebagai pemain bintang.

Banyak pada mereka datang dari team sekolah tinggi yang dibina langsung oleh FC Basel. Berikut lima lulusan sekolah tinggi FC Basel terbaik yang bermain di Liga Inggris.

1. Granit Xhaka

 FC Basel Granit Xhaka

Granit Xhaka sebagai figur pemain berkualitas sekalian kapten Tim nasional Swiss. Pada musim panas 2016, dia tergabung dengan Arsenal dari Borussia Moenchengladbach. Sampai saat ini, Xhaka masih mengenakan seragam Arsenal.

Masuk musim keenamnya bersama Arsenal, pemain yang tujuh tahun (2003—2010) ada di team muda FCBasel ini sudah mencatat 195 pertandingan dengan bantuan 11 gol dan 20 assist. Catatan itu membuat Xhaka jadi lulusan FCBasel dalam jumlah pertandingan paling banyak di EPL.

2. Timm Klose

FC Basel Timm Klose

Timm Klose sebagai salah satunya pembelian paling mahal yang sempat dilaksanakan oleh Norwich City. Bek bernegara Swiss ini tergabung dengan Norwich City di awal tahun 2016 dan bertahan sampai Agustus 2021.

Dalam waktu itu, Klose tidak selamanya mencatat laga di kelas paling tinggi karena Norwich City sering masuk ke seksi Championship. Klose yang cuma satu tahun mengangsu pengetahuan di team muda FC Basel ini cuma menulis 17 performa dengan bantuan satu gol.

3. Xherdan Shaqiri

FC Basel Xherdan Shaqiri
Tidak lagi rahasia bila Xherdan Shaqiri ialah figur besar di Swiss. Dalam tahun-tahun ini, dia memiliki rekam jejak sebagai pemain sayap tajam yang sering jadi tulang punggung Tim nasional Swiss.

Saat muda, Shaqiri pernah delapan tahun (2000—2008) dididik di team sekolah tinggi FCBasel. Dalam profesinya, dia pernah bertanding di EPL untuk dua team berlainan, yaitu Stoke City (2015—2018) dan Liverpool (2018—2021). Dalam waktu itu, Shaqiri sukses membuat 22 gol dan 20 assist dari 129 pertandingan.

4. Albian Ajeti

FC Basel Albian Ajeti

Profesi Albian Ajeti di EPL tidak jalan demikian lancar. Pemain yang bekerja di baris serang ini cuma mencatat 9 pertandingan tanpa 1 juga gol atau assist yang dia catatkan untuk West Ham United.

Peristiwa itu terjadi pada 2019/2020 saat dia dibeli dari FC Basel. Saat sebelum jadi pesepak bola professional, Albian Ajeti pernah sembilan tahun (2009—2014) ada di team muda FC Basel.

5. Phillipp Degen

FC Basel Philipp Degen

Lulusan sekolah tinggi sepak bola FC Basel pertama kali yang sukses tembus Premier League ialah Phillip Degen. Pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan ini tergabung dengan Liverpool pada 2008 sesudah dibeli dari Borussia Dortmund.

Sayang, Degen tampil tidak demikian cemerlang bersama The Reds. Dia cuma mencatat 7 laga di gelaran EPL sepanjang 3 musim (2008—2011) jadi sisi dari Liverpool. Kalah saing jadi argumen Degen tidak banyak menulis pertandingan di EPL.

Selainnya ke-5 nama di atas, ada dua pemain kembali yang sempat bermain di Liga Inggris. Mereka ialah Gokhan Inler yang sempat bermain di Leicester City dan Milos Veljkovic yang sempat perkuat Tottenham Hotspur.