Ethereum Luncurkan Testnet untuk Kenaikan Shanghai

Ethereum Luncurkan Testnet untuk Kenaikan Shanghai

Beritaburung – Penarikan ETH yang ditaruhkan dan ongkos gas yang lebih rendah ialah beberapa perubahan yang diharap dengan kenaikan penting selanjutnya untuk jaringan Ethereum, kenaikan Shanghai.

Versus testnet, dipanggil Shandong, saat ini telah tampil. Pengembang saat ini mulai dapat kerjakan implikasi; sebuah proses yang diprediksi akan bersambung sampai September 2023.

Ini ialah penyempurnaan besar pertama semenjak kesepakatan Ethereum berpindah ke Proof-of-Stake (PoS) di bulan September sesudah Mainnet dan Beacon Chains tergabung.

Ethereum

Disamping itu, kenaikan mendatang mengenalkan peralihan fundamental pada Ethereum Virtual Machine (EVM), tehnologi yang gerakkan kontrak pandai jaringan.

EIP-3540, atau pola object EVM, adalah penyempurnaan yang paling dinanti-nantikan komune karena pisahkan pengkodean dari data, yang bisa berguna untuk validator on-chain. Galen Moore, pimpinan content di Axelar, menjelaskan ke Cointelegraph mengenai proposal itu:

“Dari pemikiran saya, EIP 3540 ialah kenaikan paling berarti yang diusulkan untuk Shanghai. Ini ialah cara selanjutnya ke arah interoperabilitas dalam ekosistem Ethereum. Sekarang ini, jaringan Layer-2 di Ethereum memakai proses validasi code yang sulit. EIP 3540 pisahkan code dan data, membuat proses itu lebih efektif. Ini berita baik khususnya untuk ekosistem Polygon Supernets yang berkembang — dAppchains yang dibuat di atas Polygon Edge.”

Proposal yang lain diharap ialah EIP-4895, yang hendak memungkinkannya ETH yang ditaruhkan dan penarikan hadiah yang didapat lewat Beacon Chain. Untuk pastikan kestabilan jaringan, validator dengan ETH yang di-staking sekarang ini tidak bisa mengambil dana langsung.

Antara proposal yang diperhitungkan, up-grade akan mengenalkan peralihan pada prosedur layer-2, kurangi harga gas dengan menyamai ukuran block dan tingkatkan efektivitas calldata dalam jaringan. Moore menulis:

“Saat rantai khusus bisa dibuat di atas Layer-2 seperti Polygon dan kurangi ongkos komunikasi dengan rantai dasar Ethereum, itu akan kurangi harga gas untuk pemakai di mana saja di ekosistem, dengan membuat lebih efektif untuk menskalakan secara horizontal dengan menebarkan keinginan.”