Erick Thohir Jumpai Nelayan di Semarang, Janjikan Suplai Solar Lancar

Erick Thohir Jumpai Nelayan di Semarang, Janjikan Suplai Solar Lancar

Beritaburung – Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir kembali berbicara masalah interferensi pemerintahan lewat program Solar Bantuan untuk Koperasi Nelayan (Jalan keluar Nelayan). Menurut dia, itu menjadi salah satunya wujud perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akses bahan bakar minyak untuk nelayan.

Program ini merupakaan kerjasama tiga kementerian, yaitu Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Realisasinya dilaksanakan oleh Pertamina, lewat pola kerja-sama usaha dengan koperasi nelayan.

“Saya sebagai pembantu Presiden bekerjasama dengan pak Teten, Menteri Koperasi dan pak Trenggono, Menteri KKP untuk cari langkah supaya beberapa nelayan tertolong dengan stok bahan bakar solar yang gampang dan harga sama. Perhatian Presiden Joko Widodo pada nelayan itu menggerakkan diwujudkannya program solar untuk koperasi,” tutur Erick Thohir saat jumpa masyarakat nelayan di Tambak Loro, Semarang, Jawa tengah, Sabtu (29/10/2022).

Atas dasar itu, Erick minta supaya beberapa pegawai di Tambak Loro ikut melirik menjadi anggota koperasi. Maksudnya supaya bisa memperoleh akses solar sesuai harga sah.

Menurut gagasan, sebuah Pertashop, hasil kerja sama Pertamina dan salah satunya koperasi di Tambak Loro akan selekasnya dibangun untuk memberikan dukungan program itu.

“Bila bapak atau ibu yakin ke Presiden Jokowi, dan sepakat jika program ini dapat tingkatkan kesejahteraan beberapa nelayan, karena program ini telah sukses di Cilacap, karena itu selekasnya jadi anggota koperasi agar punyai kejelasan memperoleh solar secara mudah dan dapat dijangkau. Bulan Januari 2023 saya akan tiba kembali untuk check,” katanya.

Dalam lawatan kerja ke Jawa tengah, selainnya pastikan lokasi Pertashop untuk program SoluSi, Erick Thohir meluangkan menyaksikan kegiatan beberapa ibu rumah-tangga Tambak Loro yang bergabung dalam program PNM Mekaar.

* Bukti atau Hoax? Untuk ketahui kebenaran info yang tersebar, silahkan WhatsApp ke nomor Check Bukti 0811 9787 670 cukup dengan tulis keyword yang diharapkan.

Kerja Sama dengan Menteri Koperasi

Kerjasama dengan menteri koperasi
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sah mengeluarkan program Jalan keluar Nelayan di Cilacap, Jawa tengah, Sabtu (17/9/2022). Ini menjadi wujud usaha membenahi ekosistem perikanan terhitung nelayan di Indonesia.

Intinya, dalam akses solar yang hendak diatur oleh koperasi-koperasi nelayan. Keinginannya, pendistribusian BBM Bantuan ini dapat makin pas target dan mengurangi beban nelayan.

Pengesahan ini dipertunjukkan Erick lewat account Instagram pribadinya @erickthohir. Dari upload Instagram Stories-nya, Erick bersama Menteri Teten, Direktur Khusus Pertamina Nicke Widyawati dan beberapa faksi berkaitan yang lain turut resmikan program ini.

“Sesudah tempo hari berunding dengan Menteri Koperasi dan UKM dan faksi swasta, ini hari kami akan mengevaluasi aktualisasi program SOLUSI, BBM solar bersubsidi untuk beberapa nelayan,” kata Erick Thohir dalam uploadnya, Sabtu (17/9/2022).

“Sebagai permulaan kami akan dimulai dari 7 titik teritori nelayan, satu diantaranya Cilacap, Jawa tengah. InsyaAllah dapat memudahkan,” sambungnya.

Peranan BUMN

Erick Thohir
Awalnya, dia melangsungkan tatap muka di Kementerian BUMN mengulas keberlangsungan program ini. Selainnya pendistribusian solar, diulas berkenaan skema marketing yang sudah dilakukan nelayan.

Koperasi nelayan disebutkan bisa menjadi agregator, sementara dalam memberi dukungan, ikut datang BUMN dan perusahaan swasta.

“Nach berikut peranan bumn sebagai barusan, jaga kesetimbangan, bahkan juga kita dapat mengintervensi, kita terbelenggu semacam ini periode kita negara maju tetapi nelayannya miskin,” bebernya.

Benahi Mode Usaha

Benahi Model Bisnis
Kementerian Koperasi dan UKM bekerja bersama dengan Kementerian BUMN buat menibgkatkan ekosistem usaha perikanan. Satu diantaranya lewat program Jalan keluar Nelayan (Solar untuk Koperasi Nelayan).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ungkap kerja samanya dengan Menteri BUMN Erick Thohir tidak hanya salurkan solar bantuan. Lebih dari itu, ada pengokohan usaha mode perikanan di Indonesia.

“Jadi Program Jalan keluar Nelayan ini bukanlah cuma program untuk memberi akses nelayan ke BBM atau solar tapi kami setuju dengan Pak Menteri BUMN untuk mengatur mode usahanya, agar produk beberapa nelayan ini dapat tersambung ke pasar yang bertambah luas dan disokong pendanaan,” tutur MenKopUKM Teten Masduki selesai lakukan diskusi dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, mencuplik info sah, Jumat (16/9/2022).

Gagasannya, Program Jalan keluar Nelayan akan dikeluarkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) yang diatur Koperasi Mino Saroyo pada Sabtu, 17 September 2022, di Cilacap, Jawa tengah. Koperasi Mino Saroyo akan jadi lokasi percontohan dalam pengokohan akses pasar perikanan berbasiskan koperasi nelayan.

Menteri Teten menjelaskan, lewat Program Jalan keluar Nelayan diharap ada juga mode usaha yang mengikutsertakan koperasi. Sekarang ini faksinya tengah pelajari bagaimana koperasi jadi offtaker pertama dari beberapa nelayan. Seterusnya dari koperasi baru diproses dan disambungkan ke buyernya untuk dalam negeri atau luar negeri.

“Saya anggap mode semacam ini diperlukan faksi swasta menjadi offtaker dari produk nelayan, jadi ini saya anggap mode yang perlu dilaksanakan, bagaimana koperasi berperanan sebagai agregator produk sekalian sebagai offtaker saat sebelum produk masuk ke pasar,” katanya.