Daftar Pebisnis Muslim Paling kaya di Dunia, Rangking 4 dari Indonesia!

Daftar Pebisnis Muslim Paling kaya di Dunia, Rangking 4 dari Indonesia!

Jakarta, Beritaburung – Antara jumlahnya barisan nama pebisnis yang masuk ke urutan orang paling kaya dunia versus Forbes, rupanya tersisip beberapa nama pebisnis muslim terkaya. Forbes menulis minimal ada 22 miliarder asal timur tengah yang masuk ke daftar pebisnis muslim terkaya.

Ingin tahu siapa beberapa nama yang masuk ke daftar itu? Baca daftarnya berikut ini.

1. Aliko Dangote

 Aliko Dangote

Aliko Dangote jadi pebisnis muslim paling kaya di dunia. Pria bernegara Nigeria ini sebagai CEO dari Dangote Grup, perusahaan yang beroperasi di sektor industri semen, pemrosesan makanan, pupuk, bahkan juga kilang minyak.

Salah satunya sumber kekayaan paling besarnya, datang dari Dangote Cement sebagai perusahaan semen paling besar di Afrika. Usaha ini sukses kuasai pasar sampai capai 85 % dengan keseluruhan produksi 48,enam juta ton semen /tahun.

Mencuplik Forbes Real-Time Billionaires, kekayaan Aliko per Rabu (21/9/2022) sejumlah 12,2 miliar dolar AS atau sama dengan Rp183 triliun (kurs Rp15.010). Dia ada di rangking 146 orang paling kaya dunia.

2. Shahid Khan

shalid khan
Shahid Khan sebagai pebisnis muslim yang mempunyai kekayaan sejumlah 11,3 miliar dolar AS atau sama dengan Rp169 triliun. Posisinya jadi orang paling kaya dunia bahkan juga naik dari 313 ke 163 per Rabu (21/9).

Pebisnis turunan Amerika-Pakistan ini sebagai insinyur yang sekarang mempunyai pabrik bumper truk dengan keseluruhan karyawan sekitar 26 ribu orang. Dia mempunyai club American Football, Jacksonville Jaguars NFL yang dibeli pada 2012 kemarin. Satu tahun sesudahnya, dia kembali kembali suatu club Liga Inggris, Fulham F.C.

3. Azim Premji

 Azim Premji

Pebisnis muslim asal Gujarat, India ini sebagai pendiri perusahaan software Wipro. Perusahaan ini menjadi satu diantara perusahaan software paling besar di India bahkan juga mempunyai innovation centre di Silicon Valley dan konsentrasi pada peningkatan tehnologi baru.

Kekayaan pria yang sempat jadi mahasiswa drop-out dari Stanford University ini ditaksir capai 9,2 miliar dolar AS atau sekitaran Rp138 triliun. Dia sukses menempati rangking orang paling kaya ke 207 dunia.

4. Chairul Tanjung

 Chairul Tanjung
Pria yang dekat dengan panggilan “Anak Singkong” ini menjadi satu diantara pebisnis muslim paling kaya dunia. Kekayaan yang dipunyainya diprediksi sampai 5,6 miliar dolar AS atau sejumlah Rp84 triliun. Sekarang ini, dia jadi orang paling kaya ke-447 di dunia. Posisinya turun lumayan jauh dari yang awalnya di status ke-263.

Sumber kekayaannya datang dari holding company yang dipegangnya, yaitu CT Corp. Perusahaan induk itu memayungi beragam jenis tipe usaha dimulai dari keuangan, media, retail, perhotelan, property, minuman dan makanan, sampai fesyen.

5. Abdulsamad Rabiu

Abdulsamad Rabiu
Kekayaan yang dipunyai muslim Nigeria ini sentuh angka 5 miliar dolar AS atau sekitaran Rp75 triliun. Abdulsamad Rabiu sebagai pendiri BUA Grup Abdulsamad Rabiu, usaha yang beroperasi di sektor pemurnian gula, produksi, semen, sampai real estate.

Pria yang sekarang ada di rangking 505 orang paling kaya dunia, pada Januari 2022 lalu kuasai perusahaan semen Cement Co of Northern Nigeria sesudah dilebur dengan perusahaan semen kepunyaannya yaitu Obu Cement Company.