4 Cara Merawat Rumput Golf supaya Tumbuh Subur dan Rapi

4 Cara Merawat Rumput Golf supaya Tumbuh Subur dan Rapi

Pernah main golf ? Saat lakukan olahraga itu, kamu akan menemui bentangan rumput hijau yang kelihatan sepanjang mata melihat. Bahkan juga, lapangan berumput itu terlihat seperti karpet hijau karena sangat rapinya. Kok dapat demikian, ya?

Perlu kamu kenali, lapangan sebagai salah satunya bagian utama dalam golf. Lapangan harus dirawat secara baik agar rumput tidak mati. Bahkan juga, ada satu tempat di mana permainan golf semakin banyak berjalan hingga sisi itu memerlukan perawatan lebih extra.

Lalu, bagaimana langkah menjaga rumput golf yang betul? Yok, langsung baca pembahasan secara lengkap pada bagian di bawah ini. Keep scrolling, ya!

Rumput bermuda, rumput yang kerap ditanamkan untuk lapangan golf

Tipe rumput apa, sich, yang ditanamkan untuk lapangan golf? Nach, salah satunya yang kerap digunakan ialah rumput bermuda. Mempunyai nama ilmiah Cynodon dactylon, rumput ini dikenal melalui berwarna yang hijau keabu-abuan dan daun meruncing dengan panjang 5-7 cm.

Rumput bermuda mempunyai struktur yang lembut dan rapat. Dia gampang tumbuh dan cuma membutuhkan air yang sedikit. Tidaklah aneh jika rumput yang masih juga dalam kerabat Poacea ini ditanamkan untuk lapangan golf dan dipanggil sebagai rumput golf.

Tetapi, bukan hanya itu manfaatnya.

Rumput ini bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin, tanin, alkaloid, dan sterol. Kandungan itu dipercayai sanggup menangani diabetes.

1. Pemotongan

Perlu kamu kenali, lapangan golf terdiri atas tiga tempat, yaitu teebox, fairway, dan green. Nach, di tempat green berikut, sekitaran 75 % permainan golf berjalan. Oleh karena itu, sisi itu mendapatkan fokus dalam soal perawatan, satu diantaranya pemotongan.

Rumput golf, seperti rumput Bermuda, bisa tumbuh dengan lebat. Panjangnya penting diingat agar pergerakan bola masih tetap lancar. Baiknya, tinggi rumput ditata capai 2,5 mm.

Pemotongan rumput

Tetapi, tiap tempat lapangan golf mempunyai tinggi rumput berbeda, nih, Gaes. Umumnya, rumput tempat green ialah yang paling pendek, lalu diikuti teebox dan fairway.

Jika langkah motongnya bagaimana? Manual, kah? Tentunya tidak, donk. Pemangkasan rumput golf dilaksanakan dengan mesin potong khusus hingga bisa lebih cepat dan rumput terpangkas rata

2. Penyiraman

Langkah menjaga rumput golf selanjutnya ialah lakukan penyiraman. Proses ini ditolong dengan alat siram sprinkler yang automatis menyemprot air. Dalam sekali perputaran, alat itu menyirami lapangan sepanjang lebih kurang 3,5 menit.

Penyiraman ini umumnya dilaksanakan saat malam hari. Ini agar tidak mengusik beberapa pengunjung dan karyawan. Disamping itu, frekwensi penyiramannya sendiri tergantung pada musim.

Penyiraman

Saat musim kemarau, sprinkler menyemprot air sekitar 4 kali satu hari. Jika dirasakan masih tidak cukup, rumput akan disiram dengan manual memakai hand watering. Namun, yakinkan janganlah sampai air menggenang di atas lapangan.

Sama seperti yang disebut pada bagian awalnya, rumput golf cuma membutuhkan air yang sedikit. Jika air yang diterima umumnya, karena itu rumput mempunyai potensi membusuk . Maka, tidak apapun jika lapangan sedikit kering, asal tidak becek atau tergenangi.

3. Pemupukan

Tidak hanya komoditas tanaman pangan atau perkebunan, rumput golf perlu dipupuk agar tumbuh subur. Tetapi, pemupukannya jangan asal-asalan.

Pemberian pupuk untuk rumput golf tergantung pada tipe dan keadaan rumput, musim, tempat lapangan, sampai bujet. Sebagai contoh, jika berdasar lokasi, tempat green biasanya dipupuk satu bulan sekali, dan lokasi lain 2-3 bulan sekali.

Jika berdasar musim, ada pupuk komplet nitrogen lamban urai dan agen pembasah agar rumput masih tetap lembap dan tidak hidrofobik. Selain itu, ada tipe pupuk yang lain tidak kalah berguna, seperti

Pemupukan

pupuk hayati mikroza, untuk memaksimalkan proses pemupukan, dimulai dari tingkatkan prosentase penutupan rumput sampai efektif resapan; dan
pupuk essensial plus, untuk menahan rumput alami depresi.
Yang paling penting, yakinkan pupuk elemen hara komplet makro atau micro. Ini karena beberapa zat itu menolong rumput masih tetap sehat.

Sebagai contoh, silika pada pupuk menolong membuat rumput jadi keras hingga bola bisa berguling dengan mulus. Selain itu, ada juga nitrogen yang bisa perkuat pembangunan sel daun.

4. Pengaturan hama dan penyakit

Sesudah dipotong, disiram, dan dipupuk, janganlah lupa jagalah rumput golf dari gempuran hama dan penyakit. Umumnya, hama yang sering serang rumput golf ialah cacing, orong-orong, dan gulma.

 Pengaturan Hama penyakitan

Nach, untuk menanganinya, bisa dilaksanakan dengan fisik atau kimiawi. Jika yang fisik, dapat dilaksanakan dengan mengambil gulma langsung. Dalam pada itu, langkah kimiawi mengikutsertakan pemakaian zat kimia, misalkan herbisida untuk gulma dan pestisida untuk memberantas binatang pengganggu.

Bagaimana, sudah mengetahui langkah menjaga rumpul golf, kan? Janganlah lupa bagi artikel ini agar seseorang juga paham mengenai perawatan rumput golf yang betul, ya!