9 Faedah Kismis untuk Kesehatan

9 Faedah Kismis untuk Kesehatan

Kismis dikinal sebagai makanan manis. Umumnya, kismis dipakai sebagai topping pada kue atau digabung ke oatmeal dan yoghurt. Lepas dari ukuran yang kecil, kismis mempunyai bermacam gizi yang dapat lengkapi keperluan gizi dan tawarkan faedah untuk kesehatan.

Kismis
Banyak yang belum mengetahui jika kismis datang dari buah anggur yang dikeringkan dan diambil bijinya. Tersebut kenapa mayoritas kandungan kismis tersusun dari gula alami, serat, vitamin, dan mineral.

Dari sisi berisi karbohidrat, protein, serat, dan lemak, kismis memiliki kandungan beragam mikronutrien seperti magnesium dan anti-oksidan berbentuk fenol dan folifenol. Dalam pada itu, ada elemen antimikroba pada kismis yakni asam oleanolik dan asam linoleik yang menolong mempertahankan kesehatan gigi dan mulut kamu.

Kismis memiliki kandungan vitamin, serat, dan mineral, dan bebas dari lemak dan cholesterol jahat. Nilai nutrisi kismis ini dapat memberi beragam manfaat kesehatan untuk badan. Dikutip dari Hellosehat.com, berikut 9 faedah kismis untuk kesehatan.

1. Opsi Camilan yang Tingkatkan Energi

Kismis sebagai sumber karbohidrat yang ringkas dan efisien. Satu 1/2 cangkir kimis memiliki kandungan sekitaran 216 kalori dan 42 gr karbohidrat hingga kismis terhitung sumber kalori yang baik sekali. Kandungan gula pada kismis cukup buat memberi energi tambahan dalam sekejap.

Memiliki bentuk yang kecil dan gampang dimakan membuat kismis pas jadi cemilan sehat dan ringkas yang dapat memberi energi tambahan. Walau demikian, penting untuk kamu tidak terlalu berlebih dalam konsumsi kismis karena kandungan gulanya yang lumayan tinggi.

2. Memperlancar Pencernaan

Faedah kismis yang ini tiba dari kandungan seratnya. Satu 1/2 gelas kimis memiliki kandungan 2,7 gr serat atau sekitaran 6-12% dari keperluan harian pada umumnya. Serat menolong memperlancar pencernaan dan menangani sembelit dengan menghaluskan dan menambahkan berat dan ukuran feses.

Akhirnya, kamu dapat bab lebih lancar. Selain itu, kismis memiliki kandungan prebiotik yang bagus untuk tingkatkan jumlah bakteri baik yang menolong proses pencernaan dalam usus. Dengan begitu, konsumsi kismis bisa menolong tingkatkan kesehatan pencernaan.

3. Menahan Anemia

Konsumsi kismis berguna menahan anemia defisiensi besi. Kismis sebagai sumber besi yang baik sekali. Satu 1/2 gelas kimis memiliki kandungan 1,4 miligram besi. Jumlah ini bisa penuhi sekitaran 7% keperluan besi harian untuk wanita dewasa dan 17% untuk pria dewasa.

Besi sebagai zat yang perlu untuk pembangunan sel darah merah dan menolong beberapa sel itu bawa oksigen ke semua badan. Daftar Makanan Menambah Darah untuk Orang Anemia (Plus Larangannya)

4. Menahan Osteoporosis dan Sehatkan Tulang dan Persendian

Satu 1/2 gelas kimis memiliki kandungan kurang lebih 36 miligram kalsium yang sanggup penuhi 5% keperluan kalsium setiap hari. Kalsium penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Bila kamu seorang wanita yang sudah melalui periode menopause, kismis menjadi camilan yang bagus karena kandungan kalsiumnya menahan osteoporosis.

Disamping itu, kismis memiliki kandungan lumayan banyak boron. Boron beker jasama dengan vitamin D dan kalsium untuk jaga tulang dan persendian kamu supaya masih tetap sehat. Zat ini memiliki peran untuk menangani osteoporosis.

 Faedah Kismis

5. Menahan Kerusakan Sel dan DNA

Menariknya, rupanya kismis kaya kandungan anti-oksidan alami seperti phenol dan polyphenol. Anti-oksidan menolong menepis radikal bebas dari badan dan menahan kerusakan sel dan DNA kamu. Ini membuat kismis bermanfaat menahan berlangsungnya penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke.

6. Bagus untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Sebuah riset dari Journal of Food Science mendapati jika kismis memiliki kandungan phytochemical yang bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi. Beberapa zat phytochemical ini diantaranya ialah asam linoleat, asam linolenat, dan asam oleanolic. Ke-3  tipe kandungan itu bisa menantang bakteri pemicu kebusukan gigi dan berbau mulut.

7. Menolong Kurangi Berat Tubuh

Serat yang terdapat di dalam kismis menolong kamu supaya berasa kenyang semakin lama karena perlambat proses pengosongan lambung. Bila kamu sedang coba turunkan berat tubuh, konsumsi makanan memiliki serat kemungkinan bisa menolong.

Kekuatan faedah kismis dalam mengatur berat tubuh ini dituntukkan pada riset dari jurnal Food dan Nutrition Research. Konsumsi kismis sebagai camilan menolong turunkan resiko kegemukan sekitar 39 % dan berat badan yang berlebih 54 %.

8. Sehatkan Jantung

Kismis mempunyai manfaat untuk kurangi resiko penekanan tinggi dan penyakit yang serang jantung. Serat pada kismis bisa turunkan kandungan cholesterol jahat (LDL) pada darah hingga menahan resiko terhambatnya saluran darah.

Pada kismis ada kandungan kalium yang menolong mengatur kandungan cholesterol pada darah. Disamping itu, kandungan natrium dalam kismis cukup rendah hingga tidak gampang mengakibatkan peningkatan tekanan darah.

9. Jaga Peranan Pandangan

Faedah kismis yang lain jangan terlewati ialah membuat perlindungan kesehatan mata. Senyawa polifenol pada kismis sebagai anti-oksidan yang perkuat peranan sel dalam retina mata. Ini bisa jaga kekuatan pandangan mata yang beresiko turun karena bertambahnya umur sekalian kurangi resiko penyakit mata seperti degradasi makula dan karatak.