5 Langkah Tingkatkan Hormon Testosteron

5 Langkah Tingkatkan Hormon Testosteron

Berbicara mengenai kesehatan laki-laki, tentu tidak akan lepas dari pembahasaan tentang hormon testosteron. Hormon ini memegang banyak peranan fungsi dan penting pada laki-laki, secara khusus berkaitan dengan kesehatan seksualnya.

Umumnya masalah dengan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang paling banyak dikeluhkan adalah saat tubuh kekurangan testosteron. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan terapi hormon yang sesuai.

Testosteron
Kamu juga bisa mencoba cara alami untuk meningkatkan hormon ini dalam tubuh. Dilansir dari Hellosehat.com, berikut 5 cara meningkatkan hormone testosterone.

1. Tidur yang Cukup

Menurut George Yu, MD, dosen di George Washington University Medical Center di Washington D.C, kurang tidur dapat menyebabkan laki-laki mengalami penurunan produksi hormon yang disebabkan oleh munculnya hormon lain yang mempengaruhinya.

2. Kurangi Berat Badan

Bila kamu mengalami obesitas atau kegemukan, produksi testosteron biasanya akan menurun.

3. Berolahraga

Hormon testosteron

Ketika tubuh tidak dipakai untuk beraktivitas, maka tubuh akan mengirim sinyal untuk tidak memproduksi hormon testosteron berlebih. Ketika kamu aktif dan berolahraga, maka otak pun akan mengirim sinyal untuk memproduksi hormon lebih banyak. Jika kamu tidak sempat berolahraga yang berat, usahakan untuk berjalan-jalan sekitar 20 hingga 30 menit per hari.

4. Hindari Stres

Mengelola stres akan membantu meningkatkan produksi hormon ini. Stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang mempengaruhi produksi hormon laki-laki. Hindari stres dengan sering berolahraga dan tenangkan pikiran dengan bermeditasi.

5. Cek Obat dan Suplemen yang Sedang Digunakan

Jika sedang dalam masa pengobatan, ada baiknya kamu perhatikan obat dan suplemen yang digunakan. Ada beberapa obat yang dapat mengurangi produksi hormon, misalnya obat opioid seperti fentanyl atau MS Contin, dan OxyContin seperti obat glucocorticoid serta steroid anabolik.

6. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Memakan makanan tertentu juga dapat meningkatkan testosteron. Makanan tersebut adalah makanan yang kaya akan vitamin D, tuna, susu rendah lemak, kuning telur, tiram, kerang-kerangan, daging sapi, dan kacang.