8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tidak Tampil pada Edisi 2022

8 Peserta Piala Dunia 2018 yang Tidak Tampil pada Edisi 2022

Beritaburung.id – Piala Dunia 2022 Qatar tidak lama kembali diawali dengan 32 team yang hendak berlaga merebutkan titel juara. Pada edisi ini kali, beberapa team yang ikut pada ajang 2018 tidak lolos set kwalifikasi.

Hal tersebut memendam mimpi mereka untuk tampil di Qatar tahun ini. Walau sebenarnya beberapa team itu punyai prestasi yang lumayan bagus pada edisi awalnya

Berikut delapan peserta Piala Dunia 2018 yang tidak tampil pada edisi 2022.

1. Mesir

Mesir
Kekalahan Mesir dari Senegal melalui set beradu penalti pada kwalifikasi zone Afrika membuat Mesir tidak berhasil mentas di Qatar. Laga itu cukup polemis karena beberapa simpatisan Senegal kelihatan tembakkan laser ke pemain Mesir yang hendak menyepak penalti.

Dengan tidak lolosnya Mesir pada Piala Dunia 2022, pemirsa tidak akan menyaksikan tindakan Mohamed Salah. Mesir sendiri pernah 3x maju ke perputaran final Piala Dunia. Pada edisi 2018 lalu, mereka jadi juru kunci Group A sesudah kalah 3x dari Rusia, Arab Saudi, dan Uruguay.

2. Nigeria

Nigeria
Nigeria tidak berhasil mengalahkan Ghana untuk mengamankan satu ticket ke arah Qatar. Walau secara agregat ke-2 nya seimbang 1-1, mereka dipastikan bisa lolos karena keunggulan gol tandang. Ini sebagai pertamanya kali Nigeria tidak lolos ke perputaran final Piala Dunia semenjak 2006.

Pada edisi 2018, Nigeria nyaris bisa lolos dari Group D. Sayang, gol di menit akhir yang diciptakan Marcos Rojo membuat Nigeria kalah dari score 1-2 dari Argentina dan tidak lolos ke set 16 besar.

3. Panama

Panama

Panama jalani kiprahnya di Piala Dunia pada edisi 2018. Tetapi, mereka tidak sanggup bicara banyak di Group G yang berisi Belgia, Inggris, dan Tunisia. Dari 3 laga yang mereka permainkan, semua usai dengan kekalahan.

Panama tidak lolos ke perputaran final Piala Dunia 2022, hanya karena ada di posisi ke-5 set ke-3  kwalifikasi zone CONCACAF. Mereka tertaut tiga angka dari Kosta Rika yang amankan ticket playoff.

4. Kolombia

kolombia

Kolombia tidak berhasil tampil di Qatar sesudah mereka cuma tempati rangking ke enam set kwalifikasi zone CONMEBOL. Kolombia cuma berbeda satu point dari Peru yang sukses amankan satu ticket playoff.

Walau sebenarnya Kolombia sebagai puncak Group H pada Piala Dunia 2018. Salah satunya performa terbaik mereka ialah saat menaklukkan Polandia 3-0. Sayang, mereka berhenti pada set 16 besar dari Inggris.

5. Peru

peru
Pada set kwalifikasi zone CONMEBOL, Peru tempati rangking ke-5 dan memiliki hak atas ticket playoff hadapi wakil zone Asia. Sayang, pada set itu, Peru harus mengaku keunggulan Australia lewat set beradu penalti.

Pada edisi 2018 sebagai Piala Dunia yang terkesan untuk Peru, karenanya sebagai kelolosan pertama mereka semenjak 1982. Sayang, mereka luruh pada babak group sesudah kalah atas Prancis dan Denmark, walau sempat menang atas Australia.

6. Rusia

Rusia
Sebagai tuan-rumah Piala Dunia 2018, Rusia mendapatkan satu ticket bisa lolos automatis. Performa mereka termasuk cemerlang karena sukses tembus set 18. Tetapi, cara mereka berhenti pada tangan Kroasia lewat beradu penalti.

Berlainan dengan negara yang lain yang tidak lolos ke Piala Dunia 2022 karena tidak lolos kwalifikasi. Rusia mau tak mau luruh sesudah negaranya didiskualifikasi dari set kwalifikasi zone Eropa karena agresi yang mereka kerjakan pada Ukraina.

7. Swedia

Swedia

Swedia harus bermain pada set playoff kwalifikasi zone Eropa sesudah jadi runner-up Group B di bawah Spanyol. Pada set pertama, mereka sukses menaklukkan Republik Ceko. Sayang, pada set final Swedia dikalahkan Polandia 0-2.

Walau sebenarnya perjalanan mereka di Piala Dunia 2018 termasuk sangatlah baik. Swedia mengeliminasi Belanda pada set kwalifikasi dan jadi puncak Group F. Cara Swedia berhenti sesudah kalah atas Inggris pada set delapan besar.

8. Islandia

Islandia sempat mengagetkan sepak bola dunia sesudah mereka maju ke perputaran final Piala Dunia 2018. Pada laga pertama, Islandia tampil mengagetkan dengan meredam seimbang Argentina. Sayang, kekalahannya dengan Kroasia dan Nigeria membuat mereka tidak lolos.

Prestasi itu tidak bisa kembali diulang Islandia karena mereka tidak lolos ke Piala Dunia 2022. Islandia tampil jelek pada set kwalifikasi zone Eropa dengan tempati posisi ke-5 Group J.

Ke-8 negara itu harus memendam impiannya untuk tampil di Qatar karena tidak lolos kwalifikasi. Walau sebenarnya beberapa pada mereka sempat tampil cemerlang pada edisi 2018 di Rusia.