8 Object Rekreasi Religius Semarang yang Instagramable

8 Object Rekreasi Religius Semarang yang Instagramable

Beritaburung.id – Semarang , ibu-kota propinsi Jawa tengah punyai banyak sekali tempat rekreasi yang memikat buat didatangi. Dimulai dari rekreasi alam, kulineran, sampai religius.

Jika Anda telah coba berkunjung Lawang Sewu atau mencicip tahu gimbal ala-ala Semarang, kemungkinan saat ini waktunya berekreasi religius. Semarang punyai banyak tempat beribadah dengan arsitektur kece.

Dari yang memiliki nuansa Tiongkok sampai Eropa. Pas untuk beberapa foto Instagramable.

1. Gereja Blenduk

 Gereja semarang

Di wilayah kota tua Semarang, persisnya di Jalan Letjend. Suprapto 32 ada sebuah gereja berkubah yang tampilkan arsitektur unik. Berikut GPIB Immanuel yang lebih dikenali masyarakat bernama Gereja Blenduk.

Gereja Blenduk sebagai warisan Belanda yang dibuat di tahun 1753. Gereja ini diberi nama ‘blenduk’ karena wujud kubahnya yang unik, tidak seperti arsitektur gereja secara umum.

Gereja Kristen paling tua di Jawa tengah ini mempunyai arsitektur tidak biasa, dengan kubah heksagonal yang seperti mushola.

Gereja ini sebagai salah satunya landmark di kota Semarang. Kerap digunakan buat lokasi photo pre-wedding juga.

2. Klenteng Sam Po Kong

kelenteng Sam Po Kong
Tempat beribadah yang ada di teritori Gunung Batu ini punyai riwayat yang memikat. Terkait dengan Sam Po Kong dan Laksamana Cheng Ho. Tapi saat ini tidak cuma berperan sebagai tempat beribadah. Klenteng Sam Po Kong selalu ramai didatangi saat hari liburan.

Klenteng Sam Po Kong terbagi dalam beberapa bangunan memiliki nuansa merah ciri khas Tionghoa. Design arsitekturnya elok, pas untuk latar photo. Apa lagi saat ini ada penyewaan pakaian tradisionil China yang dapat dicarter . Maka semakin berasa nuansa Tionghoa-nya.

3. Pagoda Watugong

Pagoda watugong
Di Semarang ada pula sebuah pagoda dengan arsitektur kece yang terkenal sebagai arah rekreasi religius, namanya pagoda Avalokitesvara Watugong.

Pagoda yang lebih dikenali bernama Pagoda Watugong ini terdiri dari 7 lantai dengan tinggi capai 45 mtr.. Sempat pecahkan rekor MURI sebagai pagoda paling tinggi di Indonesia.

Pagoda ini mempunyai arsitektur style Tiongkok yang menarik, dikuasai warna merah dan ukiran naga, burung hong, dan kura-kura sebagai keunikan bangunan China kuno.

Sepintas bangunan ini terlihat seperti Pagoda Shuikou yang berada di China. Photo di muka pagoda atau halaman sama cantiknya. Pasalnya di halaman banyak juga patung dan aksesori yang menghias pohon-pohonan.

4. Mushola Agung Jawa tengah

Tempat rekreasi religius Semarang setelah itu Mushola Agung Jawa tengah. Juga dikenal sebagai Mushola Agung Semarang, tempat beribadah yang ini terkenal buat object photo. Bahkan juga ada yang mengatakan kembaran Masjidil Haram atau Mushola Nabawi. Masalahnya di situ ada juga beberapa kubah rakasa yang dapat dibuka tutup.

Kompleks bangunan Mushola Agung Jawa tengah ini punyai banyak spot Instagramable. Panorama kota Semarang yang kelihatan dari pucuk gedungnyaj kece, lho.

5. Pura Agung Giri Natha

Pura Agung Giri Natha
Sesudah klenteng, mushola, dan gereja, saat ini waktunya rekreasi religius ke arah tempat beribadah agama Hindu. Ini kali di Pura Hindu Dharma Giri Natha yang berada di Jalan Sumbing No. 12.

Pura ini ada di tengah kota Semarang, jadi tidak susah dicapai. Tapi untuk capai ke lokasi pura yang ada pada ketinggian, pengunjung harus jalan sekitaran 300 mtr.. Tapi panorama kota yang dapat dilihat disana betul-betul elok.

Tapi tempat ini tertutup untuk umum bila sedang dipakai untuk ritus keagamaan . Maka seharusnya ke sana di luar jam-jam beribadah.

6. Mushola Kapal Semarang

Semarang

Ini ialah tempat rekreasi religius yang cukup baru. Karena keunikannya, mushola ini segera trending di sosial media semenjak tahun 2017 kemarin.

Mushola ini belum mempunyai nama sah, tapi masyarakat mengatakan Mushola Kapal Bahtera Nabi Nuh atau Mushola Kapal. Terletak di tepian Semarang kota dan Kabupaten Kendal. Persisnya di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan.

Wujud bangunannya serupa mushola yang dimuat di atas kapal raksasa. Masjidnya sendiri dengan lantai tiga. Dapat sekali buat latar selfie yang kece.

7. Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati

Firdaus Fatimah ZAhra Gunung pati
Tempat ini punyai tiruan Mina, Bukit Arafah, Mushola Nabawi, sampai Masjidil Haram. Komplet dengan tiruan Ka’bah. Terletak di tepian Semarang, persisnya di Jalan Muntal, Kelurahan Mangunsari, Gunungpati.

Awalannya bangunan-bangunan di sini dibangun untuk manasik haji untuk beberapa client agen perjalanan haji PT. Fatimah Zahra. Tetapi terakhir tempat ini justru ramai didatangi masyarakat di tempat dan luar kota.

8. Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay kak sie
Klenteng Tay Kak Sie berada di jalan Gang Lombok, No. 62, Pecinan, Semarang. Tempat beribadah ini telah berdiri semenjak tahun 1746 dan mempunyai arsitektur cantik. Ini adalah tempat wisata religius yang harus didatangi saat singgah ke Semarang.

Tersebut beberapa tempat rekreasi religius Semarang yang pantas didatangi. Janganlah lupa singgah ke satu diantaranya saat bertandang ke situ dan dokumentasikan photo sebanyak-banyaknya supaya makin terkesan.