7 Reaksi Badan saat Kamu Stop Makan, Dapat Tahan Berapakah Lama?

7 Reaksi Badan saat Kamu Stop Makan, Dapat Tahan Berapakah Lama?

Beritaburung – Makanan telah jadi keperluan khusus manusia untuk tetap bertahan hidup. Tetapi, sudah pernahkah kamu bertanya, apa yang sebetulnya terjadi dalam tubuh dari hari ke hari bila stop makan?

Berikut rinciannya.

1. Di enam jam pertama, kamu akan berasa baik saja

Yang kerap berpuasa, kemungkinan kamu sudah mengetahui jika enam jam tidak makan bukan permasalahan. Dikutip Science Alert, pada enam jam pertama tanpa makanan, badanmu mulai akan merusak glikogen. Glikogen itu bisa menjadi glukosa untuk memberikan energi untuk otak, jaringan otot, dan darah merah

2. Sesudah enam jam, rasa lapar akan membuat emosimu naik

Emosi

Sesudah enam jam, glikogenmu akan habis. Otakmu akan kekurangan energi untuk membikin keputusan. Hal itu juga berpengaruh pada emosimu yang naik. Rasanya, kamu ingin geram-marah karena lapar.

3. Enam sampai 72 jam, kamu akan masuk ketosis

Dikutip Medical Daily, pada periode itu badanmu akan memakai simpanan lemak berlebihan untuk sumber energi khusus. Langkah ini kerap dipakai oleh orang yang jalani diet keto untuk turunkan berat tubuh. Tetapi, bila berjalan sepanjang 72 jam, badanmu akan berasa benar-benar menanggung derita jika kamu stop makan .

4. Sesudah 72 jam, badan mulai akan merusak protein

STop makan

Sesudah 72 jam, kamu akan berasa kurang kuat, pusing, dan tidak dapat melakukan aktivitas. Situasi hatimu juga tidak karuan. Pada akhirnya, otak mulai akan merusak protein badanmu. Asam amino yang dilepaskan protein bisa diganti jadi glukosa untuk otak. Tetapi, perpecahan protein ini bukanlah hal baik karena otot-otot badanmu akan lenyap dan menurun keseluruhannya.

5. Sesudah satu minggu, mekanisme kebal badanmu akan mati

Sistem kekebalan mati
Kamu akan alami pengurangan berat tubuh karena menyusutnya cairan, otot, dan lemak. Badanmu mulai akan menyesuaikan untuk mengirit protein yang masih ada. Metabolismemu akan memakai energi seminimal mungkin. Sesudah satu minggu, kamu akan banyak kehilangan mineral dan vitamin hingga mengakibatkan kebal badanmu terusik. Pada akhirnya, kamu akan memungkinkan untuk jatuh sakit.

6. Sesudah tiga minggu, kamu akan rasakan lapar yang hebat

Lapar Luar biasa
Perlu waktu untuk badan seorang untuk betul-betul mati kelaparan. Kekurangan gizi sepanjang tiga minggu dapat mengakibatkan resiko yang menakutkan, seperti kerusakan gigi, tulang menurun, dan rambut rontok. Organmu mulai akan mati karena kekurangan gizi, satu diantaranya yakni jantung.

7. Kelaparan dalam periode waktu yang lama dapat diatasi dengan pemberian suplemen fosfor

supplemen
Pada realitanya, di bumi ini kritis pangan masih terjadi. Ada beberapa orang yang tidak memperoleh akses makanan pantas. Seringkali banyak juga pada mereka yang mati kelaparan.

Untuk kasus orang yang kelaparan dalam kurun waktu benar-benar lama, mereka harus selekasnya ditunjuk ke rumah sakit. Mereka akan diberi suplemen fosfor dan makanan dalam jumlah yang ditambahkan dengan bertahap. Mereka akan dihindarkan dari makanan tinggi gula.

Tidak makan untuk kepentingan puasa memang bagus untuk kesehatan. Tetapi, hal itu pasti tidak berlaku untuk tidak makan dalam saat yang kelamaan . Maka tidak boleh lakukan menahan-nahan makan, ya!