7 Penjaga Gawang dengan Assist Paling banyak di English Premier League

7 Penjaga Gawang dengan Assist Paling banyak di English Premier League

Beritaburung – Alisson Becker tampil menarik saat Liverpool menang tipis 1-0 atas Manchester City di minggu kesebelas English Premier League (EPL), Minggu (16/10/2022). Selainnya lakukan banyak pengamanan cemerlang, Alisson memberikan satu assist ke Mohamed Salah.

Dalam sejarahnya, cukup jarang-jarang kita menyaksikan seorang kiper sanggup memberikan umpan yang selanjutnya bisa dituntaskan menghasilkan gol oleh rekanan segrupnya.

Berikut delapan kiper dengan assist paling banyak dalam riwayat English Premier League.

1. Mark Crossley (3 assist)

Penjaga Gawang

Mark Crossley sebagai kiper asal Wales yang lumayan lama meniti karier di English Premier League. Nottingham Forest jadi team yang paling lama dibelanya, yaitu lebih satu dasawarsa dari 1989–2000.

Kemudian, Crossley sempat bermain untuk Middlesbrough dan Fulham saat sebelum pensiun bersama Chesterfield pada 2013. Sepanjang profesinya, Crossley sukses mencatatkan 3 assist di English Premier League.

2. Tim Howard (3 assist)

 Tim Howard
Team Howard pertama kalinya bermain di English Premier League bersama Manchester United pada 2003 sebelumnya terakhir nikmati keberhasilan bersama Everton. Dia juga tidak terpindahkan lebih dari satu dasawarsa bermain di Goodison Park.

Selainnya populer akan kekuatannya dalam selamatkan gawangnya dari gempuran musuh, Howard sempat juga mencatat 3 assist sepanjang bermain di English Premier League. Tidak itu saja, dia terdaftar sebagai salah satunya penjaga gawang yang sempat cetak gol di EPL.

3. Jussi Jaaskelainen (3 assist)

 Jussi Jasskelainen

Jussi Jaaskelainen sebagai kiper legendaris punya Bolton Wanderers. Dia menolong teamnya promo ke kelas paling tinggi dan mainkan lebih dari 500 laga di semua persaingan.

Penjaga gawang asal Finlandia itu terdaftar sanggup membuat lebih dari 100 clean sheets sejauh profesinya. Dia sempat juga memberi 3 umpan yang pada akhirnya menghasilkan gol untuk teamnya.

4. Peter Schmeichel (3 assist)

 peter schmeichel

Peter Schmeichel telah raih segala hal di tingkat club bersama Manchester United. Tidaklah aneh banyak yang menganggap sebagai kiper terbaik yang sempat bermain di English Premier League.

Dengan lemparan dan sepakannya yang populer benar-benar jauh, penjaga gawang asal Denmark itu sudah membuat 3 assist untuk teamnya. Schmeichel terdaftar sebagai kiper pertama kali yang cetak gol di English Premier League.

5. Alisson Becker (3 assist)

 Alisson Becker
Alisson Becker dan Mohamed Salah kelihatannya telah mempunyai ikatan khusus di lapangan. Penjaga gawang asal Brasil itu sudah memberi 3 assist yang selanjutnya bisa dituntaskan Salah menghasilkan gol.

Umpannya dari jauh yang demikian tepat mempermudah Salah untuk mengatur bola sampai berbuntut gol. Disamping itu, Alisson sebagai salah satu kiper yang sanggup cetak gol melalui tandukan di English Premier League.

6. Pepe Reina (4 assist)

Pepe reina

Satu kembali kiper Liverpool yang menyembahkan banyak assist ialah Pepe Reina. Semenjak kehadirannya pada 2005, Reina sanggup menunjukkan dianya sebagai salah satunya penjaga gawang terbaik di English Premier League.

Penjaga gawang asal Spanyol itu bahkan juga pernah memenangi penghargaan penjaga gawang terbaik EPL sepanjang tiga musim berturut-turut pada 2006–2008. Disamping itu, Reina sudah mencatatkan 4 assist sepanjang bermain di EPL.

7. David Seaman (4 assist)

 David Seaman

Untuk fans Arsenal, kalian tentu tidak asing bernama David Seaman. Dia sebagai salah satunya penjaga gawang unggulan Arsene Wenger saat Arsenal memenangi 2 gelar English Premier League.

Seaman sanggup mencatatkan 141 clean sheets sepanjang bela Arsenal di EPL. Tidak itu saja, kiper asal Inggris itu sanggup membuat 4 assist untuk The Gunners.