5 Pemicu Computer Terbakar, Siaga dan Tidak boleh Dipandang Sepele!

5 Pemicu Computer Terbakar, Siaga dan Tidak boleh Dipandang Sepele!

Beritaburung – Computer, baik itu PC atau netbook, menjadi piranti electronic yang dipakai oleh beberapa orang tiap hari. Selainnya handphone atau HP, Intensif pemakaian computer juga termasuk tinggi bila dihitung secara rerata. Nach, tahukah kamu jika computer dapat meletus dan terbakar? Ada beberapa kasus di dunia yang terkait dengan ledakan di PC atau netbook.

Lalu, apa pemicu PC atau netbook bisa meletus dan terbakar? Bagaimana juga langkah menghindarinya? Yok, baca penjelasannya berikut ini.

1. Kualitas catu daya yang jelek

catu daya.

Catu daya atau power suplai (PSU) yang buruk menjadi satu diantara pemicu paling besar dari terbakarnya PC. Memasangkan catu daya gadungan cuma akan tingkatkan resiko terbakarnya PC karena tidak mampu menyalurkan listrik secara baik. Sebenarnya, harga dari PSU yang berkualitas bagus itu belum pasti mahal, kok.

Build Computers dalam lamannya menerangkan jika catu daya yang berkualitas baik harus penuhi beberapa persyaratan. Pertama, mempunyai nama baik yang dapat dipertanggungjawabkan. Umumnya PSU dengan merk terkenal sudah masuk ke persyaratan ini. Ke-2 , PSU yang baik harus mempunyai efektivitas standard 80 Plus.

2. Lakukan overclock yang keliru

Overclock

Lakukan overclock pada piranti hardware secara benar sebenarnya tidak mencelakakan. Pada umumnya, overclock atau OC sebagai perlakuan pemakai PC atau netbook untuk tingkatkan kekuatan hardware di tingkat batasan maksimumnya. Bahkan juga, banyak pemakai yang mampu lakukan ini sampai kekuatan hardware benar-benar optimal.

Sayang, lakukan OC secara salah dan asal-asalan dapat memunculkan resiko panas dan kebakaran di komputermu. Kemungkinan tidaklah sampai meletus, tetapi timbulnya recikan api juga harus dicurigai dan tentunya telah menghancurkan elemen komputermu . Maka, bila tidak menguasainya, jangan mencoba-coba lakukan overclock.

3. Jalinan arus pendek

Hubungan arus pendek

Jalinan arus pendek atau korsleting kerap jadi pemicu awalan yang membuat barang electronic terbakar. Begitu halnya PC dan netbook yang terhubung langsung dengan listrik. Tentu saja, kita jangan asal-asalan dalam soal menyambung socket-soket yang ada.

Lihat komputermu adakah kabel yang terkupas atau mungkin tidak. Jangan dibiarkan cairan menetes disekitaran PC atau netbookmu. Secara umum, computer langsung akan mati tiba-tiba saat terjadi korsleting, begitupun MCB (pemutus circuit) di dalam rumah. Tetapi, tidak tutup peluang PC atau netbook akan terbakar dan meletus.

4. Timbunan debu yang tak pernah dibikin bersih

membersihkan PC
PC atau netbook yang berdebu riskan alami jalinan arus pendek. Ini terkait dengan karakter dari debu yang dapat mengantarkan listrik di piranti motherboard dan socket kecil yang berada di dalam computer. Tak pernah bersihkan computer ialah pemicu yang dapat tingkatkan resiko terbakarnya PC atau netbook karena debu.

Diterangkan dalam situs Burnett Process, partikel debu memiliki kandungan uap air, karbon, mineral, dan zat kimia yang lain. Bila debu melekat di tempat yang dialiri listrik, hal tersebut akan mengakibatkan ketidakberhasilan mekanisme dalam computer. Lebih parahnya, selainnya kerusakan fisik, resiko kebakaran juga bisa juga muncul karena debu ini.

5. Kebocoran pendingin cair

Pemicu COmputer Terbakar

Pendingin cair atau radiator pada PC akan mereduksi panas lebih bagus daripada cuma memakai kipas. Disamping itu, pada elemen PC kelas tinggi yang mempunyai perform benar-benar kuat tentu saja memerlukan pendingin cair untuk dapat turunkan temperatur atau suhu secara berbarengan dan konstan.

Namun, mekanisme dan penempatan pendingin cair bukanlah tanpa resiko. Bila ada kekeliruan atau ketidakberhasilan mekanisme, bisa jadi air di radiator bocor dan menghancurkan elemen dalam PC kita. Hal yang lebih mengerikan bahkan juga bisa terjadi, yaitu korsleting yang pasti mencelakakan pemakai computer.

Itu lah beberapa Pemicu COmputer Terbakar elemen di PC atau netbook. Pemilik computer, kamu juga harus bersihkan dan memerhatikan keadaan dari setiap elemen yang berada di dalamnya.