5 Negara yang Terkena Sumpah Juara Piala Dunia

5 Negara yang Terkena Sumpah Juara Piala Dunia

Beritaburung – PialaDunia sebagai gelaran sepak bola paling berprestise di dunia. Dalam penyelenggaraannya, kompetisi 4 tahunan itu dikenali selalu mempunyai narasi unik dan menarik. Satu diantaranya ialah sumpah untuk si juara bertahan.

Sumpah yang diartikan ialah sebuah negara langsung tersisih dari babak group sesudah menjadi juara Piala Dunia pada edisi awalnya. Lalu, negara mana saja yang pernah memperoleh sumpah juara bertahan?

Berikut negara yang terkena sumpah juara Piala Dunia!

1. Brasil

Brasil

Brasil sebagai negara paling sukses dalam riwayat PialaDunia. Selecao terdaftar telah memenangkan kejuaraan ini sekitar 5 kali, yakni pada edisi 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Dalam lima peluang jadi jawara itu, Brasil pernah rasakan sumpah juara bertahan, yaitu sesudah memenangkan Piala Dunia 1962.

Pada Piala Dunia 1966, Pele dan mitra secara mengagetkan tidak lolos ke babak luruh. Mereka cuma sanggup finish di posisi ke-3 sesudah raih 1 kemenangan dan 2 kekalahan. Saat itu, Hungaria dan Portugal yang sebagai wakil Group 3.

2. Prancis

Prancis
Prancis raih gelar Piala Dunia pertama kalinya pada 1998. Sesudah memenangkan PialaDunia itu, Les Bleus malah tersuruk pada PialaDunia edisi selanjutnya. Zinedine Zidane dkk kehilangan kesaktiannya di Piala Dunia 2002 yang berjalan di Korea/Jepang.

Bergabung dalam Group A bersama Senegal, Uruguay, dan Denmark, Prancis cuma sanggup raih satu point. Hasil seimbang dicapai Prancis saat hadapi Uruguay dengan score 0-0. Lebih jeleknya kembali, Prancis tidak berhasil membuat gol dalam Piala Dunia 2002.

3. Italia

Italia
Kemenangan beradu penalti atas Prancis di PialaDunia 2006 membuat Italia dikukuhkan sebagai juara untuk ke-4 kalinya. Tetapi, anak asuh Marcello Lippi itu tidak berhasil keseluruhan di PialaDunia 2010 di Afrika Selatan. Walau sebenarnya Italia waktu itu cuman satu group dengan Selandia Baru, Slovakia, dan Paraguay.

Gli Azzurri pada akhirannya finish sebagai juru kunci. Mereka cuma sanggup mengepak 2 point dari 3 laga. Hasil seimbang didapat Italia saat menantang Paraguay dan Selandia Baru.

4. Spanyol

Spanyol

Tim nasional Spanyol raih gelar PialaDunia pada edisi 2010. Spanyol saat itu sukses menaklukkan Belanda dengan score tipis 1-0 di pertandingan pucuk. Sayang, di PialaDunia 2014, La Furia Roja dibikin tidak memiliki daya.

Team bimbingan Vicente Del Bosque itu tidak lolos ke set 16 besar PialaDunia 2014. Spanyol pada babak group ditaklukkan Belanda 1-5 dan Chile 0-2. Walau capai kemenangan 3-0 atas Australia, Spanyol masih tetap tidak lolos ke babak luruh.

5. Jerman

Piala Dunia

Jerman sebagai jawara PialaDunia 2014. Die Mannschaft waktu itu ditegaskan jadi juara sesudah menang 1-0 atas Argentina di partai final. Sesudah jadi juara di Piala Dunia 2014, Jerman malah tampil menyebalkan di Piala Dunia 2018.

Dari 3 laga babak group, anak asuh Joachim Low itu cuma sanggup mengepak 3 point. Sesudah menang 2-1 atas Swedia, mereka kalah 0-1 dari Meksiko dan 0-2 dari Korea Selatan.

Ingat statusnya sebagai juara bertahan, Tim nasional Prancis harus siaga di PialaDunia 2022. Bila tidak berhasil memperlihatkan performa terbaik, bukan mustahil nasib Les Bleus seperti beberapa negara di atas.