5 Ketidaksamaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Bentuknya Berlainan

5 Ketidaksamaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul, Bentuknya Berlainan

Beritaburung – Beberapa orang yang bertanya, apakah bedanya Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul? Eit, walau ke-2 nya dikenali sebagai ratunya beberapa makhluk lembut, rupanya Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul sebagai figur yang lain, lho.

Bukan hanya dari kesaktian saja, mereka juga mempunyai bentuk yang paling berlainan. Ingin tahu dengan figur dari pimpinan beberapa makhluk lembut ini? Langsung saja baca ketidaksamaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul berikut ini!

1. Ratu Pantai Selatan dan Panglima Perang

Sama seperti yang kita kenali, Nyi Roro Kidul sebagai figur yang kuasai semua tempat Pantai Selatan sekalian jadi ratu dari beberapa makhluk lembut di wilayah itu. Nach, berbeda hal dengan Nyi Blorong.

Nyi Blorong memang kerap dikisahkan dalam dogma sebagai pimpinan beberapa lelembut. Tetapi, tempatnya masih di bawah Nyi Roro Kidul. Lebih persisnya Nyi Blorong sebagai panglima perang dari Ratu Pantai Selatan itu.

2. Mempunyai bentuk yang lain

Badarawuhi

ketidaksamaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul yang paling terang ada di bentuknya. Baik Nyi Roro Kidul atau Nyi Blorong memang sering dilukiskan sebagai figur wanita yang mempunyai kecantikan hebat. Tetapi, ke-2 nya mempunyai bentuk yang lain.

Nyi Roro Kidul sendiri dikisahkan sebagai figur wanita elok yang kenakan kebaya hijau yang anggun, dan Nyi Blorong dilukiskan sebagai wanita elok yang mempunyai bentuk 1/2 ular dari pinggang sampai kaki. Telah kebayang belum?

3. Datang dari kerajaan yang lain

Ketidaksamaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul seterusnya yaitu dari asal kerajaannya. Walau ke-2 nya masih terhitung sebagai anggota kerajaan, tetapi mitosnya Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong berasal dari 2 kerajaan yang lain.

Berdasar dogma yang terpopuler, Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai putri Raja Prabu Siliwangi namanya Putri Kandita, dan Nyi Blorong sebagai putri dari ratu beberapa makhluk lembut di tanah Jawa yang namanya Ratu Anginangin.

4. Jalinan dengan manusia

ular
Yakin tidak yakin, ke-2 figur pimpinan makhluk lembut itu kerap terkait dengan manusia. Konon, presiden pertama Indonesia sempat juga membuat kesepakatan dengan Nyi Roro Kidul, si Ratu Pantai Selatan.

Berlainan dengan Nyi Roro Kidul, figur Nyi Blorong yang dilukiskan sebagai siluman 1/2 ular ini malah sukai memprovokasi manusia dengan janjikan kekayaan yang banyak. Tentu saja, dibalik kemewahan itu harus ada nyawa yang perlu dibayar.

5. Mempunyai kesaktian yang lain


Nyi roro kidul
Jadi pimpinan beberapa makhluk lembut tentu saja telah sepaket dengan kesaktian yang susah ditandingi oleh tipe makhluk lembut yang lain. Berdasar dogma yang tersebar, Nyi Roro Kidul mempunyai kesaktian untuk mengontrol ombak dan cuaca di semua tempat Pantai Selatan.

Sesuai tempatnya, Nyi Blorong mempunyai talenta berperang dan pimpin semua pasukan kerajaan Pantai Selatan. Tidak itu saja, Nyi Blorong bisa juga beralih menjadi ular yang besar.

Nach, itulah ketidaksamaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul. Saat ini telah memahami, kan? Habis baca ini janganlah sampai terganti kembali, ya!