5 Faedah Daun Peppermint untuk Kesehatan

5 Faedah Daun Peppermint untuk Kesehatan

Beritaburung – Daun peppermint populer karena faedahnya sebagai penyegar mulut dan menahan berbau napas tidak lezat. Tidaklah aneh bila kamu kerap mendapati produk odol, obat kumur, dan permen karet dengan rasa peppermint. Tapi rupanya, manfaat daun hasil persilangan watermint dan spearmint ini bukanlah hanya hanya itu. Baik pada versus daun fresh, suplemen herbal, atau minyak fundamentalnya, peppermint masih simpan banyak faedah untuk kesehatan badan.

 Daun Peppermint

Dikutip dari Hellosehat.com, berikut 5 faedah daun peppermint untuk kesehatan.

1. Menurunkan Masalah Pencernaan

Peppermint bisa menolong membenahi permasalahan pencernaan, khususnya irritable bowel syndrome (IBS). IBS ialah masalah usus yang mengakibatkan perut kembung, kram perut, dan BAB tidak teratur. Study terkini yang termuat di jurnal Digestive Diseases and Sciences memperlihatkan jika suplemen herbal yang memiliki kandungan minyak peppermint bisa menurunkan tanda-tanda IBS yang kumat. Peppermint aktifkan aliran antinyeri di usus besar, yang bisa kurangi rasa ngilu yang karena infeksi usus.

Faedah peppermint yang lain untuk pencernaan ialah menurunkan mual, terhitung tanda-tanda morning sickness saat hamil. Menurut University of Maryland Medical Center (UMM), peppermint bisa menentramkan otot perut dan membenahi saluran empedu, yang dipakai badan untuk mengolah lemak.

Selainnya melalui suplemen herbal, bila tanda-tanda mual mendekati selekasnya hisap wewangianterapi peppermint atau seduh daun peppermint kering dan hisap saat lagi hangat untuk menentramkan aliran pencernaan. Tetapi, bila masalah pencernaan kamu berkaitan dengan refluks asam lambung atau GERD, seharusnya tidak boleh memakai peppermint untuk penyembuhan.

2. Menurunkan Gatal Karena Gigitan Serangga

peppermint

Daun peppermint memiliki sifat dingin dan benar-benar mempersejuk. Karena itu, minyak fundamental peppermint dapat dipakai untuk menurunkan iritasi kemerahan dan gatal-gatal di kulit karena gigitan serangga atau tanaman beracun. Cukup berikan minyak peppermint yang awalnya telah dicairkan pas di kulit yang bentol kemerahan. dan nantikan sesaat sampai dampak dinginnya menurunkan permasalahan kulit kamu.

3. Menurunkan Flu dan Pilek

Mentol yang terdapat di dalam peppermint dapat membuat aliran hidung berasa lebih lega. Walau tidak betul-betul memiliki sifat dekongestan untuk mencairkan ingus yang menutup hidung, peppermint menggairahkan reseptor sensorik di hidung yang mengetahui temperatur dingin hingga kamu berasa seakan-akan kamu bernapas lebih bebas. Faedah peppermint untuk pernafasan ini dapat juga menurunkan hidung yang mampet, pilek, dan/atau batuk-batuk karena alergi debu.

Kamu dapat mengisap minyak wewangianterapi peppermint, mengisap teh peppermint, atau menggosokannya balsam dengan konsentrat peppermint di dada dan sekitaran hidung untuk menurunkan tanda-tandanya.

4. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

Peppermint memiliki sifat menentramkan dan membuat kebas. Karakter-sifat ini dipercayai berguna untuk beberapa orang yang alami migrain dan sakit di kepala tekanan karena depresi.

Walau sedikit riset klinis yang bisa menunjukkan kemanjuran minyak peppermint, beberapa periset menyangka jika peppermint menolong mengontrol saluran darah pada tubuh dan buka aliran sinus untuk memungkinkannya saluran oksigen yang lebih lancar ke otak. Menurut salah satunya riset memberikan laporan jika minyak peppermint mempunyai faedah yang serupa dengan tylenol atau paracetamol untuk hilangkan merasa sakit.

Kamu dapat menyekakan balsam dengan wewangian peppermint di ke-2 segi pelipis dan dahi saat sakit di kepala mulai mendekati. Pijat tempat kepala secara halus. Alternative-nya, kamu dapat cairkan beberapa tetes minyak peppermint ke baskom, menundukkan kepala dan tutupi dengan handuk untuk memerangkap uapnya. Hisap uap hangat peppermint sepanjang 1-2 menit.

Disamping itu, kamu dapat merendam air hangat. Merendam dapat menolong kurangi keparahan sakit di kepala. Tambah beberapa tetes minyak peppermint ke bak mandi kamu untuk betul-betul tingkatkan faedah rileksasi. Matikan lampu kamar mandi dan pakai lilin bila migrain kamu lebih buruk dengan sinar jelas.

5. Menjaga Rambut

Minyak peppermint ialah bahan yang cukup terkenal diketemukan pada beberapa sampo karena wewangian fresh dan karakter menentramkannya. Mengaplikasikan daun peppermint ke kulit kepala beri kesegaran kulit kepala, bersihkan ketombe, dan menstimuli saluran darah ke kulit kepala yang sanggup menolong menggairahkan perkembangan rambut.

Selainnya bersihkan rambut dari sel-sel kulit mati, daun peppermint mengikat folikel rambut dengan protein. Faedah peppermint ini dipercayai memberi performa rambut yang sehat dan bersinar.