4 Penjaga gawang yang Dibawa Swiss ke Piala Dunia 2022 Qatar

4 Penjaga gawang yang Dibawa Swiss ke Piala Dunia 2022 Qatar

Beritaburung – Bila umumnya team cuma panggil tiga penjaga gawang dalam sebuah kompetisi internasional, beda hal dengan Tim nasional Swiss. Mereka panggil empat penjaga gawang ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Hal tersebut mereka kerjakan karena Yann Sommer yang sejauh ini jadi kiper khusus masih disangsikan tampil sesudah menanggung derita cidera. Lalu, seperti apakah profile beberapa lapisan Sommer.

Berikut penjaga gawang yang dibawa Swiss ke Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Yann Sommer

Yann Sommer
Yann Sommer sebagai penjaga gawang nomor satu Tim nasional Swiss yang sekarang bela Borussia Moenchengladbach. Walau namanya tidak sebesar penjaga gawang negara lain, performa Sommer jangan dipandang sepele.

Dia sebagai figur kunci yang pulangkan Prancis pada set 16 besar Piala Eropa 2020. Sayang, dia alami cidera saat Gladbach kalah 1-2 dari Damstadt pada set ke-2 DFB Pokal 2022/2023.

Walau tidak dapat disebutkan bugar, untung dia masih diundang Murat Percaya untuk terbang ke Qatar. Keadaan Sommer ini jugalah yang membuat Percaya pada akhirnya panggil empat kiper ke Piala Dunia 2022.

2. Gregor Kobel

Gregor Kobel
Semenjak dihadirkan dari VFB Stuttgart pada 2021, Gregor Kobel tidak terpindahkan di bawah garis gawang Borussia Dortmund. Pada 2022/2023 ini, dia telah tampil dalam sepuluh pertandingan di Bundesliga Jerman walau sempat alami cidera.

Kesempatan Kobel menjadi kiper khusus Swiss di Piala Dunia 2022 lebar terbuka bila Yann Sommer belum bugar. Kiper berumur 24 tahun itu juga punyai tiga caps bersama Tim nasional Swiss.

3. Philipp Kohn

Philipp Kohn

Dari 15 laga yang dijalani Philipp Kohn bersama RB Salzburg di Bundesliga Austria, dia baru kecolongan sekitar 9 kali. Teamnya juga masih menempati di pucuk klassemen sebentar.

Performnya di Liga Champions Eropa cukup impresif walau teamnya cuma menempati rangking ke-3 Group E, di bawah Chelsea dan AC Milan. Kohn belum pernah rasakan kenakan seragam Tim nasional Swiss di laga internasional.

4. Jonas Omlin


Jonas Omlin

Jonas Omlin menjadi satu kembali penjaga gawang yang siap memanasi kompetisi di bawah garis gawang Swiss. Dia sekarang ini sebagai kiper khusus Montpellier. Sayang, teamnya sekarang masih terjerembap di rangking ke-14.

Walau demikian, Omlin punyai pengalaman empat caps bersama Tim nasional Swiss. Ini membuat jadi penjaga gawang paling eksper di bawah Yann Sommer.

5. Kekuatan Swiss yang siap membuat surprise

Piala Dunia 2022
Walau Swiss bukan team besar dengan deretan pemain bintang, jangan sampai menyepelekan team ini. Pada set kwalifikasi zone Eropa, Swiss sanggup jadi puncak Group C yang ditempati team kuat, Italia.

Swiss pernah pulangkan Prancis di Piala Eropa 2020. Tidaklah aneh bila team ini sering dikatakan sebagai kuda hitam di setiap kompetisi. Pada Piala Dunia 2022 kelak, Swiss akan bergabung di Group G bersama Brasil, Serbia, dan Kamerun.

Keadaan Yann Sommer yang belum seutuhnya bugar membuat Swiss panggil empat kiper ke Piala Dunia 2022 Qatar. Menarik melihat siapa yang hendak terpasang Murat Percaya di bawah garis untuk bawa Swiss mengambil langkah sepanjang kemungkinan di Qatar kelak.