Sejarah Asal Mula Lahirnya Hacker 19 September

BERITABURUNG – Lahirnya Hacker Ancaman dan aksi Bjorka menjadi perbincangan masyarakat seantero negeri. Kelompok hacker ini mengklaim sukses membongkar data pribadi para Menteri. Bahkan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sampai mengganti nomor ponselnya demi keamanan.

Lahirnya Hacker “Serangan siber kepada nomor indonesia tertentu sementara diamankan,” kata Johnny kepada awak media.

Aksi hacker ini di dunia virtual justru dipuja-puja netizen. Menggambarkan apa yang dilakukan hacker nampak seperti pahlawan. Ketika pemerintah meminta hacker untuk tidak menyerang, hal itu malah menjadi bully-an netizen kepada pemerintah. Pasalnya, netizen menganggap pekerjaan hacker adalah untuk menyerang barikade keamanan sistem teknologi.

Namun,Lahirnya Hacker benarkah sejak awal kehadiran hacker bertujuan mengacaukan sistem keamanan teknologi?

The New Yorker pernah menuliskan bahwa hacker bermula dari kata hacking atau meretas. Saat itu tidak ada hubungannya dengan teknologi. Sejak tahun 1200 SM, kata hacking merujuk pada kegiatan ‘memotong secara kasar dan sering kali tidak tepat’.

Barulah pada pertengahan abad ke-20 tepatnya tahun 1955, Lahirnya Hacker hacking pertama kali digunakan dalam bidang teknologi oleh Technical Model Railroad Club. Sebuah kelompok mahasiswa di Laboratorium Kecerdasan Artifisial di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Istilah ini dipakai untuk menggambarkan bagaimana mereka memodifikasi fungsi perangkat kereta berteknologi tinggi.

Sederhananya jika menurut istilah Jesse Sheidlower, seorang IT Expert, menyebut hacking adalah penanganan teknologi dengan cara yang berbeda dan lebih kreatif daripada yang diuraikan dalam instruksi manual.

Baca Juga Yah : Makanan Bermanfaat untuk Membuat Tidurmu Jadi Lebih Berkualitas 20 September

Namun, istilah positif itu harus berubah menjadi negatif setelah rentetan kejahatan yang terjadi menggunakan kecanggihan teknologi. Pada tahun 1979, Kevin Mitnick, yang disebut-sebut sebagai hacker pertama, membobol sistem komputer Digital Equipment Corporation (DEC) di Amerika.

Mitnick yang saat itu masih berusia 16 tahun sukses meretas perangkat lunak sistem operasi RSTS/E yang sedang mereka kembangkan. Namun, ia baru diadili pada tahun 1988 dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara.

Hacker kriminal lainnya juga muncul pada 1983

Hacker kriminal lainnya juga muncul pada 1983. FBI berhasil menangkap kelompok The 414s yang telah membobol 60 unit komputer. Dilansir dari DiscoverMagazine.com, mereka adalah sekelompok peretas komputer dari Milwaukee yang membobol lusinan sistem komputer terkenal, termasuk yang ada di Los Alamos National Laboratory, Sloan-Kettering Cancer Center, dan Security Pacific National Bank. Pada Sloan-Kettering Cancer Center, peretasan ini menimbulkan kerugian senilai $1.500 karena membuat catatan tagihan terhapus.

Usai tertangkap dan mendapat sanksi berupa membayar ganti rugi, para pelaku menjadi sorotan dan diundang di acara TV sebagai kelompok “muda, laki-laki, cerdas, bermotivasi tinggi, dan energik”. Aksi ini pun menjadi salah satu pelopor munculnya tren hacker yang identik dengan tindak pembobolan sistem secara ilegal.

Sejak itu pula, sebuah glosarium untuk pemrograman komputer The Jargon File mencantumkan delapan definisi terkait Lahirnya Hacker, salah satunya adalah “seorang pengganggu jahat yang mencoba menemukan informasi sensitif dengan mengaduk-aduk; peretas kata sandi, peretas jaringan”. Istilah lain untuk pengertian ini adalah cracker

Baca Juga Yah : Bisa Membuat Pria Menjadi Bergairah, Lakukan 5 Hal ini