8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

BERITABURUNG Selain cerita mencekam dan adegan Rumah Angker jumpscare menyeramkan, pemilihan lokasi yang angker juga menyumbang kengerian dalam film horor. Indonesia sendiri punya banyak rumah angker yang mempunyai kisah-kisah mistis.

Karena kepopulerannya, para sutradara horor pun tertarik untuk mengangkatnya menjadi film layar lebar. Bahkan untuk menambah suasana makin horor, para kru film memutuskan untuk menggunakan tempat aslinya sebagai lokasi syuting.

Mengutip dari ragam sumber, berikut adalah sejumlah rumah angker yang pernah jadi lokasi syuting.

1. Rumah Gurita (Bandung)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Sebuah cerita beredar bahwa Rumah Gurita merupakan gereja setan sekaligus tempat perkumpulan para pemuja aliran sesat. Rumah angker yang berlokasi di Bandung ini didirikan pada 1980.

Karena kengerian yang ada di dalamnya, rumah ini diangkat ke dalam film berjudul Rumah Gurita (2014). Tak tanggung, para kru film bahkan menjadikan Rumah Gurita sebagai lokasi utama syuting film tersebut.

2. Rumah Tua Pangalengan (Bandung)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Kendati terkenal akan nuansa mistisnya, Rumah Tua Pangalengan justru menjadi tempat wisata Bandung yang terkenal. Popularitas rumah angker ini mulai melejit setelah menjadi lokasi syuting film Pengabdi Setan (2017).

Menurut cerita, rumah tua yang kini tak berpenghuni ini dulunya merupakan bekas rumah dinas pimpinan perkebunan teh. Walau sudah menjadi tempat wisata yang ramai, banyak kejadian horor yang ada di rumah ini. Beberapa pengunjung mengaku pernah melihat penampakan dan mendengar suara aneh di sini.

3. Rumah Keluarga Tak Kasat Mata (Yogyakarta)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Seorang warganet bernama Bonaventura Genta menceritakan pengalaman mistis yang dialaminya saat menempati rumah di Jalan Magelang, Yogyakarta. Cerita miliknya diunggah ke KASKUS dengan judul Keluarga Tak Kasat Mata pada 2016 silam.

Kisah angker miliknya pun viral dan menjadi pembicaraan hangat warganet. Bahkan, kisah rumah tersebut dijadikan buku dan diangkat ke film layar lebar pada tahun 2017.

Menurut pengakuan Genta, bangunan ini punya aura mistis yang kuat serta suasana yang angker. Seringkali ia melihat penampakan serta mencium aroma aneh dari dalam rumah. Karena kengerian yang ada, banyak yang mempercayai bahwa banyak makhluk gaib yang menghuni bangunan ini.

4. Bangunan tua di Desa Rumah Angker(Banyuwangi)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Karena film Perempuan Tanah Jahanam, komplek bangunan tua di Desa Lemahbangdewo, Banyuwangi kini menjadi favorit masyarakat sebagai tempat adu nyali atau ingin menghilangkan penasaran.

Seorang warga bernama Asmahwati menceritakan bahwa dulunya bangunan lawas tersebut merupakan pabrik kopra milik seorang warga keturunan Tionghoa. Sayangnya di tahun ’60-an, perusahaan ini berakhir bangkrut.

Sejak pabrik kopra tersebut gulung tikar, bangunan itu tak kunjung dipinang oleh calon pembeli. Hingga akhirnya, bangunan tersebut menjadi terlantar dan dikerubungi oleh pepohonan besar dan akar yang menjalar ke dinding rumah tua. Seram, ya.

5. Rumah Pondok Indah (Jakarta Selatan)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Pada pertengahan tahun ’90-an, beredar cerita seram tentang rumah Pondok Indah yang berlokasi di Jalan Metro Pondok Indah TK 5, Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kisah horor itu bermula saat hilangnya penjual nasi goreng usai mengantarkan pesanan ke rumah itu di tengah malam.

Sejarah rumah tersebut juga mengundang pilu sekaligus takut. Di mana konon satu keluarga tewas usai dirampok di sana. Kemudian, ada pula beberapa warga yang melihat penampakan arwah laki-laki dan anak perempuan.

Berangkat dari kengerian itu, Rumah angker Pondok Indah pun diangkat menjadi sebuah film horor. Berjudul Rumah Pondok Indah, film ini yang dirilis pada 2013 dan dibintangi oleh Bella Shofie dan Nabila Putri.

6. Rumah Kentang (Bandung)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Selain terkenal akan wisata alamnya, Bandung juga populer dengan tempat angkernya. Salah satunya adalah Rumah Kentang. Dikisahkan, bahwa rumah tersebut dulunya menjadi lokasi tewasnya seorang anak kecil keturunan Belanda. Ia meninggal dengan kondisi memprihatinkan setelah jatuh ke kuali berisi rebusan kentang.

Sejak saat itu, banyak mitos yang beredar tentang rumah tersebut. Sering kali warga kerap mencium bau kentang saat melintas ke rumah dengan gaya art deco tersebut. Kisah seram ini pun diangkat dalam film horor yang rilis pada 2019 berjudul Rumah Kentang. Film yang berlatar di Rumah Kentang ini dibintangi oleh Luna Maya, Devina Karamoy, hingga Nicole Rossi.

7. Rumah Putih Grezenberg (Kaliurang)

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Di dataran kaki Gunung Merapi, terdapat sebuah rumah tua besar bekas peninggalan zaman belanda. Arsitekturnya mengadopsi gaya klasik khas Belanda dengan cat putih yang mendominasi.

Karena lokasinya di kaki gunung, dinamai dengan Grezenberg (Jerman: Grünberg (pegunungn hijau). Dulunya, bangunan sempat dipakai sebagai Zending Club Huis atau perkumpulan misionaris Katolik Belanda.

Karena sudah lama terbengkalai, rumah tersebut memiliki energi mistis yang begitu mengerikan. Tak heran berkat kisah mistisnya, rumah ini dijadikan tempat syuting film Yang Datang Tak Bisa Pulang yang rilis pada tahun 2022.

8. Rumah Abraham Fletterman

8 Rumah Angker di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting, Seram!

Kalau kamu sedang berada di Jalan Veteran, Semarang, kamu akan melihat sebuah Rumah Angker bergaya arsitektur Belanda. Hunian tersebut tampak terbengkalai dan mengeluarkan aura mistis yang mencekam. Menurut cerita, rumah tersebut milik seorang Belanda bernama Abraham Fletterman. Banyak warga yang kerap melihat sosok wanita berambut panjang dengan gaun putih.

Hantu tersebut sering berjalan di halaman rumah setiap malam. Bahkan, rumah ini pernah diangkat ke dalam layar lebar berjudul Beranak Dalam Kubur.